Featured

Recent Posts

Kamis, 11 Februari 2016

Cara Merakit Jari-Jari/Ruji Sepeda Motor

FUNGSI JARI-JARI
Susunan jari-jari dan pusatnya adalah sebagai penghubung teromol roda dengan peleknya. Jari-jari juga sebagai penopang berat dan sepeda motor seberapa besar tenaga yang dibebankan melalui roda dan sekaligus juga sebagai penyerap getaran/goncangan dan jalanan. Bentuk jari-jari yang terpasang pada SMH (Sepeda Motor Honda) yang dipasarkan di Indonesia dapat dibedakan bentuknya antara jari-jari luar dan dalam. Bentuk/ciri-ciri jari-jari sebagai berikut: 1. Bentuk jari-jari luar dengan mempunyai kebengkokan kurang dan 90 atau mempunyai jarak antara kepala dengan kebengkokan lebih panjang. 2. Bentuk jari-jari dalam dengan mempunyai kebengkokan lebih dan 90 atau mempunyai jarak antara kepala dengan kebengkokan lebih pendek.


                                                                           

Merakit jari-jari ke hub/tromol ke pelek ada perbedaan pola anyaman untuk jenis rem tromol maupun rem cakram. Pola anyaman jari-jari
1. Jenis rem tromol = 4H.3R (4 lubang pada Hub. 3 lubang pada Ring). 2. Jenis rem caknam = 6H.3R (6 lubang pada Hub. 3 lubang pada Ring).
- Jari-jari luar mengarah searah putaran jarum jam.
- Jari-jari dalam mengarah berlawanan dengan putaran jarum jam.
- Torsi kekencangan jari-jari : 15 – 45  Kgf.cm.

Pola anyaman adalah persilangan antara jari-jari luar dan dalam.




Author Box

Assalamu’alaikum wr. Wb. Salam sejahtera untuk anda semua. Selamat bergabung dengan blog Otomediashare, blog yang menghimpun dan membagi berita, informasi terkini, dan pengetahuan seputar dunia otomotif. Mari maju bersama Otomediashare. Wassalam. , Follow us on: Facebook & Twitter

  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...

0 komentar:

Posting Komentar