SOAL UJIAN AKHIR
SEMESTER GANJILTP 2023 – 2024
Mata Pelajaran :
Chasis dan Sistem Pemindah Tenaga (PSDT)
Materi/Kompetensi : Kopling, Transmisi Manual,
Diferential
Kelas/ Prodi/semester : XI / TKR / 3
Soal pilihan ganda :
1. Komponen system pemindah tenaga yang berfungsi
mengatur besarnya momen
sesuai dengan kondisi jalan dan
tingkat percepatan kendaraan adalah …
a. kopling (Clutch) d. Transmisi
b. gardan (Differential) e. Propeller Shaft
c. poros roda (Axle shaft)
2. Diantara
fungsi transmisi pada kendaraan adalah sebagai berikut, kecuali ...
a. Memungkinkan kendaraan untuk mundur
b. Mengurangi laju atau kecepatan kendaraan
c. Untuk merubah arah putaran mesin sebesar
900
d. Memungkinkan kendaraan dalam posisi
netral
e. Meneruskan putaran mesin ke differential
3. Tipe
transmisi berdasarkan selective gearnya yaitu ...
a. Sliding mesh type, fluid type, CVT
b. Sliding mesh type, constant mesh type,
synchronmesh type
c. Constant mesh type, synchronmesh type,
CVT
d. Synchronmesh type, fluid type, sliding
mesh
e. Electric type, fluid type, CVT
4.Tipe
transmisi manual yang perpindahan giginya dilakukan dengan cara
menggeser gigi percepatannya untuk
berhubungan dengan gigi counter adalah
a. Transmisi tipe constant mesh
b. Transmisi tipe synchronmesh
c. Transmisi tipe sliding mesh
d. Transmisi CVT
e. Transmisi tipe fluid
5. Pada
transmisi manual tipe 3 poros memiliki poros yang berjumlah 3 buah,
poros tersebut yaitu ...
a. Poros input, poros counter, poros output
b. Poros input, poros mundur, poros counter
c. Poros input, poros lawan, poros counter
d. Poros input, poros mundur, poros output
e. Poros counter, poros lawan, poros output
6.
Perbandingan gigi atau gear ratio yang paling tinggi pada transmisi manual
terdapat pada saat ...
a. Transmisi pada kecepatan gigi 1
b. Transmisi pada kecepatan gigi 2
c. Transmisi pada kecepatan gigi 3
d. Transmisi pada kecepatan gigi 4
e. Transmisi pada kecepatan gigi 5
7.
Perbandingan gigi atau gear ratio yang paling kecil pada transmisi manual
terdapat pada saat ...
a. Transmisi pada kecepatan gigi 1
b. Transmisi pada kecepatan gigi 2
c. Transmisi pada kecepatan gigi 3
d. Transmisi pada kecepatan gigi 4
e. Transmisi pada posisi mundur
a. Kopling dan differential d. Propeller
shaft dan differential
b. Kopling dan axle shaft e. Engine dan
kopling
c. Kopling dan propeller shaft
9. Komponen mekanisme Synchromesh yang berkaitan/berhubungan dengan garpu
pemindah adalah …….
a. lock spring d.
clutch hub
b. shifting key e.
synchronizer ring
c. clutch hub sleeve
10. Perbandingan gigi atau gear ratio dapat ditentutan
dengan menggunakan rumus ...
a. Gigi yang diputar dibagi dengan gigi
yang memutar
b. Gigi yang memutar dibagi dengan gigi
yang diputar
c. Gigi kecepatan dibagi dengan gigi
counter
d. Gigi pada poros input dibagi dengan
gigi pada poros output
e. Gigi pada poros input dibagi dengan
gigi pada poros counter
11.
Ketika kendaraan membutuhkan momen yang paling besar maka gear ratio
pada kendaraan harus pada posisi
...
a. Gear ratio paling kecil
b. Gear ratio yang paling besar
c. Gear ratio harus nilainya 1
d. Gear ratio harus memiliki nilai di
bawah 1
e. gear ratio memiliki nilai 0
12.
Perhatikan gambar di bawah ini :
a. Posisi kecepatan tinggi
b. Posisi kecepatan rendah
c. Posisi kendaraan maju
d. Posisi kendaraan mundur
e. Posisi kendaraan netral
13.
Gear ratio pada gambar soal nomer 12 dapat dihitung dengan rumus
a. GR = A/B x E/C x D/E
b. GR = A/B x C/E x D/E
c. GR = B/A x E/C x D/E
d. GR = A/B x C/E x E/D
e. GR = B/a x E/C x E/D
14. Komponen pada poros propeller yang berfungsi untuk
mengantisipasi perubahan
sudut yang bervariasi adalah ….
a. sleeve yoke d.
spider
b. universal joint e. balance
weight
c. drive shaft
15. Komponen pada poros propeller yang berfungsi sebagai
penyeimbang agar
perpindahan tenaga berlangsung
dengan lembut adalah …..
a. sleeve yoke d.
spider
b. universal joint e. balance
weight
c. drive shaft
Pada gambar di atas, komponen yang
ditunjukkan oleh huruf A adalah ...
a. Shifting key d. Hub sleeve
b. Spring key e. Synchronizer
ring
c. Clutch hub
17.
Pada gambar soal no. 16, komponen yang ditunjukkan oleh huruf D adalah ...
a. Shifting key d.
Hub sleeve
b. Spring key e. Synchronizer
ring
c. Clutch hub
18. Komponen kopling hidrolik yang berfungsi untuk
mengubah gerak mekanis pedal
kopling menjadi tekanan fluida
hidrolik adalah ……
a. silinder hidrolik d.
booster kopling
b. pipa hidrolik e.
pegas pengembali kopling
c. master silinder
19. Sebuah kendaraan dengan penggerak roda belakang (FR).
Salah satu fungsi
gardan saat kendaraan membelok
adalah …..
a. menambah kecepatan putar roda
secara bertahap
b. mengurangi hambatan saat
proses penyaluran tenaga mesin
c. menjaga kecepatan putar roda
sisi dalam dan luar
d. mengurangi penyaluran tenaga
pada dua roda belakang
e. membedakan kecepatan putar
roda sisi dalam dan luar
20.
Perhatikan gambar di bawah ini :
gambar diatas adalah .......
a. memeriksa ketebalan ring luncuran
dalam
b. memeriksa ketebalan flens luncuran
dalam
c. memeriksa celah ring luncuran dalam
d. memeriksa panjang poros output
e. memeriksa jangka sorong yang macet
21. Komponen kopling mekanis yang berfungsi memindahkan
gerakan injakan kaki
pengemudi pedal kopling ke
garpu pembebas kopling adalah …..
a. silinder pembebas kopling d. kabel kopling
b. pedal kopling e.
master silinder kopling
c. bantalan pembebas kopling
22. Berikut ini yang tidak
termasuk syarat – syarat yang harus dipenuhi kopling
sebagai komponen pemindah
tenaga pada kendaraan ringan adalah …..
a. tahan panas dan kuat
b. dapat meneruskan putaran
mesin dengan lembut
c. dapat memetuskan hubungan
dengan sempurna dan cepat
d. mempunyai daya tahan gesek
yang tinggi
e. dapat memindahkan tenaga ke
transmisi dengan selip
23.
Pada kendaraan tipe FR, poros output transmisi berhubungan dengan ...
a. Differential d. Poros axle
b. Gardan e.
Kopling
c. Poros propeller
komponen gardan adalah ….
a. SAE 20W-50 SL d. SAE 80 GL-5
b. SAE 80-90 GL-5 e. SAE 90 GL-5
c. SAE 75-90 GL-5
25. Dibawah ini yang bukan menjadi penyebab kopling SELIP adalah
……
a. kampas kopling tipis / habis
b. terdapat oli/pelumas di
permukaan kampas kopling
c. tidak ada jarak bebas pedal
kopling
d. garpu pembebas patas
e. pegas kopling lemah
26.
Perhatikan gambar di bawah ini :
Gambar di atas menunjukkan pemeriksaan ...
a. Pemeriksaan kondisi dog teetch
b. Pemeriksaan kondisi konis
c. Pemeriksaan celah synchronizer ring
dengan konis (Roda gigi percepatan)
d. Pemeriksaan celah dog teetch
e. Pemeriksaan celah clutch hub dengan
konis
27.
Perhatikan gambar di bawah ini :
Pada gambar di atas menunjukkan
pemeriksaan ...
a. Pengereman synchronizer ring
b. Keausan dog teetch
c. Kondisi gear / roda gigi percepatan
d. Kondisi clutch hub
e. Keausan shifting key
28. Pengukuran jarak bebas / kekocakan antara drive pinion
gear dan ring gear
dengan menggunakan dial
indicator disebut …..
a. backlash d.
postload
b. preload e. reload
c. sidelash
29. Oli
pelumas yang digunakan pada transmisi manual pada umumnya memiliki nilai
SAE ...
a. 10 b. 20 c. 30 d. 40 e. 90
30.
Jika oli pelumas yang digunakan untuk melumasi bagian transmisi terlalu encer
maka akibatnya adalah ...
a. Transmisi menjadi ringan d. Pendinginan
maksimal
b. Gigi transmisi dapat rusak e. Perpindahan gigi
transmisi mudah
c. Suara yang ditimbulkan menjadi halus
31.
Ketebalan kanvas kopling terhadap paku keling atau kedalaman kepala paku
keling minimum adalah ....
a. 0,5 mm b.
0,4 mm c. 0,3 mm d. 0,2 mm e.
0,1 mm
32.
Ketika penyetelan ketinggian pedal kopling mekanis terhadap lantai adalah .....
a. 100 – 150 mm c. 148 – 158 mm e.
168 – 172 mm
b. 150 – 200 mm d. 158 – 168 mm
pembebas) adalah ....
a. release fork (garpu pembebas) d. Pedal kopling
b. Pressure plate (pelat tekan) e. Pegas kopling
c. Perodo kopling (Clutch Disc)
34.
Bagian pelat kopling yang berhubungan langsung dengan poros transmisi adalah
a. Naf pelat kopling c. Kanvas kopling e. Paku keling
b. Peredam torsi d. Perodo kopling
35.
Gambar berikut ini adalah salah satu pemeriksaan komponen kopling yang
berupa ....
b. Diameter luar paku keling e.
Keausan paku keling
c. Jarak paku keling
36.
Berikut ini adalah fungsi gardan atau deferential, kecuali ....
a. Mengatur perbedaan putaran roda kanan
dan kiri
b. Mengatur perbedaan putaran roda depan
dan roda belakang
c. Memperbesar rasio gigi
d. Mengubah gerak putar poros propeller menjadi gerak putar roda
e. Meneruskan putaran ke roda
37.
Berikut ini adalah komponen – komponen utama sebuah unit diferential, kecuali
a. Roda
gigi pinion (Drive Pinion gear) d.
Satellite and side gear
b. Roda gigi cincin (Ring gear) e. Poros roda
c. Rumah gardan (Differential Case)
38.
Kendaraan dengan letak mesin di depan, gardan di belakang disebut ...
a. Rear Wheel Drive (RWD) d. 4 – WD
b. Front Wheel Drive (FWD) e. Front Engine – Rear Drive (FR)
c. Nge – Wheel
39.
Komponen yang ditunjukkan oleh nomer 1
adalah ......
a. Side gear b. Ring gear c. Satellite gear d. Pinion gear e. Se Gear
40. Pemeriksaan unit
gardan seperti yang ditunjukkan oleh gambar berikut adalah ..
a. Berat unit gardan d.
Keausan bearing drive pinion
b. Kelonggaran poros roda e. Kekocakan bearing drive pinion
c.
Run Out / keolengan ring gear
0 komentar:
Posting Komentar