Featured

Recent Posts

Minggu, 11 Desember 2022

SOAL UJIAN AKHIR SEMESTER Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan XI

 

SOAL UJIAN AKHIR SEMESTER TP 2022 - 2023

Mata Pelajaran            :  Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan

Program Keahlian       :  Teknik Kendaraan Ringan

Kelas / Semester          :  XI / Ganjil (3)

 

SOAL PILIHAN GANDA :

1. Adanya swirl chamber pada ruang bakar mesin bertujuan ....

       a. agar bahan bakar cepat terbakar                       d. menampung bahan bakar sementara

       b. menghasilkan campuran yang homogen          e. agar tekanan kompresi lebih tinggi

       c. agar mesin mudah distarter  

2. Komponen utama mesin yang menghubungkan piston dengan crank shaft adalah

      a. cam shaft           b. Connecting rod       c. Rocker arm    d. Cylinder block      e. Piston

3. Pada diagram katup mesin bensin 4 tak, yang dimaksud dengan overlap pada kerja katup

      a. katup buang tertutup                                         d. katup isap dan buang terbuka

      b. katup isap dan katup buang tertutup                e. katup isap terbuka

      c. katup buang terbuka

4. Apabila sisi intake manifold sudah tidak rata akan berakibat ....

      a. putaran mesin akan lebih stabil                         d. tenaga mesin meningkat

      b. mesin tersendat karena kebocoran udara masuk           e. tidak ngaruh pada mesin

      c. campuran semakin kaya

5. Penyebab olie mesin bertambah banyak dan berwarna agak putih adalah ....

      a. bercampur dengan bahan bakar    d. olie tidak mengalir karena saringan kotor

      b. bercampur dengan air pendingin              e. bercampur kotoran dari proses pembakaran

      c. bercampur dgn kotoran karena seal bocor

6. Pada kaleng kemasan minyak pelumas tertulis SAE 20W/40, arti kode 40 adalah ....

      a. pada temperatur rendah kekentalannya 40

      b. pada semua temperatur kekentalannya 40

      c. pada temperatur tinggi kekentalannya 40

      d. menyatakan jenis kendaraaa

      e. temperatur maksimal mesin

  


 7. Dengan melihat gambar diatas, yang ditunjukkan  nomer 7 adalah ...

    a. Isolator    b. Elektroda massa     c. Body    d. Batang terminal e. Elektroda tengah

8. Sparator pada tangki bahan bakar kendaraan berfungsi ....

      a. meredam suara pada bahan bakar

      b. meredam pergerakan / goncangan bahan bakar

      c. penguat pada tangki bahan bakar

      d. menghemat bahan bakar

      e. membagi bahan bakar

 9. Perhatikan Gambar berikut, komponen yang ditunjukkan oleh no. 3 adalah 


      A. Nosel     B. Katup throttle   C. Ventury          D. Pelampung             E. Ventilasi

10. Masih terkait gambar soal no 9, komponen yang ditunjukkan oleh no. 4 adalah :

      A. Nosel       B. Katup throttle        C. Ventury      D. Pelampung          E. Ventilasi

11. Lihat gambar soal no 9, komponen yang ditunjukkan oleh no. 5 adalah :

      A. Nosel     B. Katup throttle   C. Ventury          D. Pelampung             E. Ventilasi

12. Lihat gambar soal no 9, komponen yang ditunjukkan oleh no. 6 adalah :

      A. Nosel      B. Katup throttle      C. Ventury      D. Pelampung             E. Ventilasi

13. Prinsip kerja karburator di atas adalah :

      A. Bensin dihisap oleh kevakuman ventury

      B. Bensin ditekan dari ruang pelampung

      C. Bensin ditekan dari pompa bahan bakar

      D. Bensin ditekan oleh pelampung

      E. Bensin dihisap oleh katup throttle

14. Fungsi dari system pelampung adalah……

      A. Menampung bensin yang akan disalurkan ke system pengisian bahan bakar

      B. Mengatur tinggi rendahnya bensin di ruang pelampung

      C. Memberikan campuran udara dan bensin pada saat putaran lambat

      D. Agar tidak terjadi campuran yang terlalu gemuk

      E. Membuka dan menutup saluran campuran bensin dan udara agar tidak terjadi dieseling

15. Fungsi dari jarum pelampung adalah……

      A. Menampung bensin yang akan disalurkan ke system pengisian bahan bakar

      B. Mengatur tinggi rendahnya bensin di ruang pelampung

      C. Memberikan campuran udara dan bensin pada saat putaran lambat

      D. Agar tidak terjadi campuran yang terlalu gemuk

      E. Membuka dan menutup saluran campuran bensin dan udara agar tidak terjadi dieseling

16. Fungsi dari system stasioner dan putaran rendah adalah…..

      A. Menampung bensin yang akan disalurkan ke system pengisian bahan bakar

      B. Mengatur tinggi rendahnya bensin di ruang pelampung

      C. Memberikan campuran udara dan bensin pada saat putaran lambat

      D. Agar tidak terjadi campuran yang terlalu gemuk

      E. Membuka dan menutup saluran campuran bensin dan udara agar tidak terjadi dieseling

17. Fungsi dari system cuk adalah…..

      A. Menampung bensin yang akan disalurkan ke system pengisian bahan bakar

      B. Mengatur tinggi rendahnya bensin di ruang pelampung

      C. Memberikan campuran udara dan bensin pada saat putaran lambat

      D. Agar tidak terjadi campuran yang terlalu gemuk

      E. Membuka dan menutup saluran campuran bensin dan udara agar tidak terjadi dieseling

18. Fungsi dari katup solenoid adalah……

      A. Menampung bensin yang akan disalurkan ke system pengisian bahan bakar

      B. Mengatur tinggi rendahnya bensin di ruang pelampung

      C. Memberikan campuran udara dan bensin pada saat putaran lambat

      D. Agar tidak terjadi campuran yang terlalu gemuk

      E. Membuka dan menutup saluran campuran bensin dan udara agar tidak terjadi dieseling

19. Hal pertama yang harus dilakukan sebelum menyetel  putaran stasioner motor bensin yang

      menggunakan karburator adalah ....

     A. melepas saringan udara

     B. memeriksa ketinggian permukaan minyak pelumas

     C. memanaskan mesin hingga mencapai suhu kerja

     D. memasang tachometer sesuai petunjuk penggunaan

     E. menekan pedal gas berulang kali

 20. Fungsi dari thermostat adalah…..

      A. Menambah udara ke dalam karburator pada saat disekeliling mesin panas

      B. Mengatur tinggi rendahnya bensin di ruang pelampung

      C. Memberikan campuran udara dan bensin pada saat putaran lambat

      D. Agar tidak terjadi campuran yang terlalu gemuk

      E. Membuka / menutup saluran campuran bensin dan udara agar tidak terjadi dieseling

21. Fungsi dari kecepatan tinggi sekunder adalah….

      A. Memberikan campuran bensin & udara pada saat mesin berputar dengan kecepatan tinggi.

      B. Menampung bensin yang akan disalurkan ke system pengisian bahan bakar

      C. Mengatur tinggi rendahnya bensin di ruang pelampung

      D. Memberikan campuran udara dan bensin pada saat putaran lambat

      E. Agar tidak terjadi campuran yang terlalu gemuk

22. Urutan pekerjaan yang paling tepat dalam tune up motor bensin adalah .....

      A. Tes baterai – tes defleksi tali kipas - tes koil– ukur celah busi – tes kompresi – ukur celah

            platina - setel celah katub – tes sudut dweel – tes saat pengapian

      B. Tes baterai – tes defleksi tali kipas - tes koil – ukur celah platina – ukur celah busi – setel

           celah katub – tes kompresi – tes sudut dweel – tes saat pengapian

      C. Tes baterai – tes defleksi tali kipas - tes koil – ukur celah platina – ukur celah busi – tes

           kompresi - setel celah katub – tes sudut dweel – tes saat pengapian

      D. Tes baterai – tes defleksi tali kipas - tes koil – ukur celah platina – ukur celah busi – setel

           celah katub – tes sudut dweel – tes kompresi –  tes saat pengapian

      E. Tes baterai – tes defleksi tali kipas - tes koil – ukur celah platina – tes kompresi – ukur

           celah busi – setel celah katub – tes sudut dweel–  tes saat pengapian

23. Cara menggunakan dweel tester / tachometer dengan dua kabel adalah :

       A. Kabel pengetes warna merah dihubungkan ke kabel busi 4 dan kabel warna hitam ke 

            negative koil / ground

       B. Kabel pengetes warna hitam dihubungkan ke positf koil dan kabel warna merah ke

            negative koil / ground

       C. Kabel pengetes warna merah dihubungkan ke kabel busi 1 dan kabel warna hitam ke 

            negative koil / ground

       D. Kabel pengetes warna merah dihubungkan ke kabel busi 2 dan kabel warna hitam ke

            negative koil / ground

       E. Kabel pengetes warna merah dihubungkan ke positif  negative koil dan kabel warna hitam

            ke   ground

24. Gambar di bawah ini adalah pengetesan / pengecekan :

      A. Tegangan Kabel Busi                           D. Tegangan Busi

      B. Tahanan Kabel Busi                             E. Umur kabel Busi.

      C. Hantaran Kabel Coil

25. Dikatakan setelah pengetesan radiator tester  tutup radiator rusak bila tekanan kurang dari….

     A. 0,6 kg / cm2       B. 0,5 kg / cm2     C. 0,7 kg / cm2       D. 0,8 kg/ cm2          E. 0,9 kg/ cm2

 26. Pemeriksaan pada gambar diatas adalah pemeriksaan kebocoran radiator, dikatakan radiator

      baik bila tekanan…


 

     A. 1,0 kg/ cm2                               D. 1.3 Kg/ cm2

     B. 1,1 kg / cm2                               E. 1,4 kg / cm2

     C. 1,2 kg / cm2

 27. Untuk mengatasi perbedaan tinggi permukaan bahan bakar akibat goncangan, tanki bahan

      bakar dilengkapi dengan :  

      A. Regulators    B. Resistors        C. Conductors             D. Distributor              E. Sparator

28. Untuk mengatasi  tenaga motor bensin kurang pada saat beban berat (jalan menanjak),

       karburator dilengkapi dengan system :

       A. Float Chamber system                        D. Acceleration system

       B. Power system                                      E. Idle system

       C. Air bleeder system

29. Sistem Akselerasi pada karburator bekerja pada saat :

      A. Beban kendaraan bertambah tiba tiba

      B. Penambahan percepatan tiba tiba

      C. Bahan bakar tidak mengalir

      D. Ruang pelampung tersumbat

      E. Pompa bahan bakar tidak berfungsi

30. Fungsi pompa bahan bakar mekanik dan pompa bahan bakar listrik adalah :

      A. Untuk memindahkan bahan bakar dari tanki bahan bakar ke karburator

      B. Untuk mengatur jumlah bahan bakar yang menuju karburator

      C. Untuk mengatur tekanan bahan bakar pada karburator

      D. Untuk menekan bahan bakar ke dalam ruang bakar

      E. Untuk menekan bahan bakar kembali ke tanki bahan bakar

31. Berikut di bawah tidak termasuk fungsi karburator :

      A. Mengatur jumlah campuran udara dan bahan bakar

      B. Membuat kabut halus campuran udara dan bahan bakar

      C. Membentuk perbandingan campuran udara dan bahan bakar

      D. Menghemat pemakaian bahan bakar

      E. Menampung bahan bakar sebelum masuk ke dalam motor

32. Fungsi system pelampung pada karburator adalah :

      A. Mengabutkan bahan bakar

      B. Mengukur jumlah bahan bakar yang akan digunakan

      C. Mencukupi kebutuhan bahan bakar yang digunakan selama mesin bekerja

      D. Menutup saluran pengisian saat bahan bakar berkurang

      E. Membuka saluran pengisian saat bahan bakar berlebihan

33. Ruang pelampung harus dilengkapi dengan saluran udara (ventilasi) yang berfungsi sebagai :

      A. Saluran pencampur udara dengan bensin

      B. Penjaga tekanan dalam ruang pelampung tetap tiggi

      C. Penjaga tekanan dalam ruang pelampung tetap rendah

      D. Pemisah antara udara dengan bensin

      E. Pencagah tekanan dalam ruang pelampung tetap sama dengan tekanan udara luar

34. Syarat syarat fungsi system idle bekerja adalah :

      A. Katup throttle terbuka penuh

      B. Katup throttle terbuka sebagian

      C. Katup throttle terbuka sedikit

      D. Katup throttle tertutup dan saluran idle (idle port) tertutup

      E. Katup throttle tertutup dan saluran idle (idle port) terbuka

35. Bila katup pompa percepatan rusak/sobek/bocor, maka akibatnya :

      A. Bahan bakar yang masuk ke ventury lewat jet pump sangat banyak

      B. Bahan bakar yang masuk ke ventury lewat jet pump sangat sedikit atau tidak ada

      C. Pemakaian bahan bakar menjadi boros

      D. Pemakaian bahan bakar menjadi irit

      E. Tidak berpengaruh terhadap kerja karburator

36. Yang berfungsi untuk membatasi jumlah bahan bakar yang mengalir dari ruang pelampung :

      A. Main jet          B. Pump jet    C. Idle jet           D. Slow port               E. Power jet

37. Power valve pada power system bekerja bilamana :

      A. Putaran mesin tinggi                D. Putaran mesin tinggi dan beban mesin juga tinggi

      B. Beban mesin tinggi                   E. Putaran mesin rendah dan beban mesin juga rendah

      C. Panas mesin tinggi

38. Katup cuk pada karburator bekerja, maka dampaknya pada mesin adalah :

      A. Tenaga mesin meningkat                                                    D. Hemat bahan bakar

      B. Putaran mesin bagus pada rpm tinggi                                E. Tidak cepat panas

      C. Mudah hidup pada putaran idle dan suhu mesin rendah

 39.Berikut ini adalah urutan aliran bahan bakar pada sistem bahan bakar motor bensin

     konvensional.  Urutan yang benar adalah ....

     A. Fuel tank – pipa bensin – fuel  pump – pipa bensin – fuel filter – pipa bensin – karburator 

     B. Fuel tank  – pipa  – fuel filter – pipa  – karburator – fuel pump – pipa  – tangki bensin

     C. tangki bensin – pipa  - karburator - saringan  – pipa – pompa  – pipa bensin -  tangki bensin

     D. tangki – pipa  -pompa  – pipa bensin – karburator – pipa bensin – saringan bensin

     E. tangki – pipa – saringan   – pipa bensin -pompa bensin – pipa bensin – karburator.

40. Penggantian filter oil untuk mesin bensin berapa km…

      A. 10.000 km      B. 11.000 km       C. 12.000 km            D. 14.000 km       E. 15.000 km

41. Penggantian oil mesin bensin untuk mobil lama berapa km…

      A. 5000 km     B. 6000 km         C. 7000km         D. 8000 km                 E. 10.000 km

42. Perhatikan gambar berikut ! Komponen yang ditunjukkan dengan angka 1 dan 2  pada

      gambar dibawah ini adalah ….

      A. secondary mainjet – nosel utama                     D. primary mainjet- power valve

                     B. economizer jet – power valve                           E. solenoid-air bleder

                     C. air bleeder – solenoid

43. Sistem yang bekerja menambah pasokan bahan bakar bensin saat pedal gas di tekan secara

      tiba-tiba adalah ….

     A. Tenaga                                                   D. kecepatan tinggi primer

     B. Akselerasi                                              E. kecepatan tinggi sekunder

     C. kecepatan rendah

44. Pada saat mesin dingin motor sulit dihidupkan, sehingga perlu mengoperasikan sistem

      chooke. Prinsip kerja sistem choke adalah ….

      A. menutup saluran gas                             D. membuka saluran udara

      B. menutup saluran udara                         E. membuka saluran udara dan gas.

      C. membuka saluran gas

 45. Perhatikan gambar berikut ! Komponen yang ditunjukkan dengan angka 5 dan 6  pada

      gambar dibawah ini adalah ….


 

     A. Saluran bensin – ventilasi                                  D. slow port – idle port

     B. Throtle valve – ventilasi                                    E. air bleeder  – idle mixture adjusting screw

     C. Nosel – Venturi

    

Author Box

Assalamu’alaikum wr. Wb. Salam sejahtera untuk anda semua. Selamat bergabung dengan blog Otomediashare, blog yang menghimpun dan membagi berita, informasi terkini, dan pengetahuan seputar dunia otomotif. Mari maju bersama Otomediashare. Wassalam. , Follow us on: Facebook & Twitter

  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...

0 komentar:

Posting Komentar