SOAL UJIAN
AKHIR SEMESTER TP 2022 - 2023
Mata
Pelajaran : Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan
Program
Keahlian : Teknik Kendaraan Ringan
Kelas /
Semester : XI / Ganjil (3)
SOAL PILIHAN GANDA :
1. Adanya swirl chamber pada ruang bakar mesin bertujuan ....
a. agar bahan bakar cepat
terbakar d.
menampung bahan bakar sementara
b. menghasilkan campuran yang
homogen e. agar tekanan kompresi
lebih tinggi
c. agar mesin mudah
distarter
2. Komponen utama mesin yang menghubungkan piston dengan crank shaft adalah
a. cam shaft b. Connecting rod c. Rocker arm d. Cylinder block e. Piston
3. Pada diagram katup mesin bensin 4 tak, yang dimaksud dengan overlap pada
kerja katup
a. katup buang tertutup d.
katup isap dan buang terbuka
b. katup isap dan katup buang
tertutup e. katup isap
terbuka
c. katup buang terbuka
4. Apabila sisi intake manifold sudah tidak rata akan berakibat ....
a. putaran mesin akan lebih
stabil d. tenaga
mesin meningkat
b. mesin tersendat karena
kebocoran udara masuk e. tidak
ngaruh pada mesin
c. campuran semakin kaya
5. Penyebab olie mesin bertambah banyak dan berwarna agak putih adalah ....
a. bercampur dengan bahan bakar d.
olie tidak mengalir karena saringan kotor
b. bercampur dengan air
pendingin e. bercampur kotoran dari proses pembakaran
c. bercampur dgn kotoran karena
seal bocor
6. Pada kaleng kemasan minyak pelumas tertulis SAE 20W/40, arti kode 40
adalah ....
a. pada temperatur rendah
kekentalannya 40
b. pada semua temperatur
kekentalannya 40
c. pada temperatur tinggi
kekentalannya 40
d. menyatakan jenis kendaraaa
e. temperatur maksimal mesin
7. Dengan melihat gambar diatas, yang ditunjukkan nomer 7 adalah ...
a. Isolator b. Elektroda massa c. Body d. Batang terminal e. Elektroda tengah
8. Sparator pada tangki bahan bakar kendaraan berfungsi ....
a. meredam suara pada bahan
bakar
b. meredam pergerakan /
goncangan bahan bakar
c. penguat pada tangki bahan
bakar
d. menghemat bahan bakar
e. membagi bahan bakar
A. Nosel B. Katup throttle C. Ventury D. Pelampung E. Ventilasi
10. Masih
terkait gambar soal no 9, komponen yang ditunjukkan oleh no. 4 adalah :
A. Nosel B.
Katup throttle C. Ventury D.
Pelampung E. Ventilasi
11. Lihat
gambar soal no 9, komponen yang ditunjukkan oleh no. 5 adalah :
A. Nosel B.
Katup throttle C. Ventury D. Pelampung E. Ventilasi
12. Lihat
gambar soal no 9, komponen yang ditunjukkan oleh no. 6 adalah :
A. Nosel B.
Katup throttle C. Ventury D. Pelampung E. Ventilasi
13.
Prinsip kerja karburator di atas adalah :
A. Bensin dihisap oleh kevakuman ventury
B. Bensin ditekan dari ruang pelampung
C. Bensin ditekan dari pompa bahan bakar
D. Bensin ditekan oleh pelampung
E. Bensin dihisap oleh katup throttle
14.
Fungsi dari system pelampung adalah……
A. Menampung bensin yang akan disalurkan ke
system pengisian bahan bakar
B. Mengatur tinggi rendahnya bensin di ruang
pelampung
C. Memberikan campuran udara dan bensin pada
saat putaran lambat
D. Agar tidak terjadi campuran yang terlalu
gemuk
E. Membuka dan menutup saluran campuran bensin
dan udara agar tidak terjadi dieseling
15.
Fungsi dari jarum pelampung adalah……
A. Menampung bensin yang akan disalurkan
ke system pengisian bahan bakar
B. Mengatur tinggi rendahnya bensin di
ruang pelampung
C. Memberikan campuran udara dan bensin
pada saat putaran lambat
D. Agar tidak terjadi campuran yang
terlalu gemuk
E. Membuka dan menutup saluran campuran
bensin dan udara agar tidak terjadi dieseling
16.
Fungsi dari system stasioner dan putaran rendah adalah…..
A. Menampung bensin yang akan disalurkan
ke system pengisian bahan bakar
B. Mengatur tinggi rendahnya bensin di
ruang pelampung
C. Memberikan campuran udara dan bensin
pada saat putaran lambat
D. Agar tidak terjadi campuran yang
terlalu gemuk
E. Membuka dan menutup saluran
campuran bensin dan udara agar tidak terjadi dieseling
17.
Fungsi dari system cuk adalah…..
A. Menampung bensin yang akan disalurkan
ke system pengisian bahan bakar
B. Mengatur tinggi rendahnya bensin di
ruang pelampung
C. Memberikan campuran udara dan bensin
pada saat putaran lambat
D. Agar tidak terjadi campuran yang
terlalu gemuk
E. Membuka dan menutup saluran campuran
bensin dan udara agar tidak terjadi dieseling
18.
Fungsi dari katup solenoid adalah……
A. Menampung bensin yang akan disalurkan
ke system pengisian bahan bakar
B. Mengatur tinggi rendahnya bensin di
ruang pelampung
C. Memberikan campuran udara dan bensin
pada saat putaran lambat
D. Agar tidak terjadi campuran yang
terlalu gemuk
E. Membuka dan menutup saluran campuran
bensin dan udara agar tidak terjadi dieseling
19. Hal
pertama yang harus dilakukan sebelum menyetel putaran stasioner motor
bensin yang
menggunakan karburator adalah ....
A. melepas saringan udara
B. memeriksa ketinggian permukaan minyak
pelumas
C. memanaskan mesin hingga mencapai suhu
kerja
D. memasang tachometer sesuai petunjuk
penggunaan
E. menekan pedal gas berulang kali
A. Menambah udara ke dalam karburator
pada saat disekeliling mesin panas
B. Mengatur tinggi rendahnya bensin di
ruang pelampung
C. Memberikan campuran udara dan bensin
pada saat putaran lambat
D. Agar tidak terjadi campuran yang
terlalu gemuk
E. Membuka / menutup saluran campuran
bensin dan udara agar tidak terjadi dieseling
21.
Fungsi dari kecepatan tinggi sekunder adalah….
A. Memberikan campuran bensin & udara
pada saat mesin berputar dengan kecepatan tinggi.
B. Menampung bensin yang akan disalurkan
ke system pengisian bahan bakar
C. Mengatur tinggi rendahnya bensin di
ruang pelampung
D. Memberikan campuran udara dan bensin
pada saat putaran lambat
E. Agar tidak terjadi campuran yang
terlalu gemuk
22.
Urutan pekerjaan yang paling tepat dalam tune up motor bensin adalah .....
A. Tes baterai – tes defleksi tali kipas
- tes koil– ukur celah busi – tes kompresi – ukur celah
platina - setel celah katub – tes sudut dweel
– tes saat pengapian
B. Tes baterai – tes defleksi tali kipas
- tes koil – ukur celah platina – ukur celah busi – setel
celah katub – tes kompresi – tes
sudut dweel – tes saat pengapian
C. Tes baterai – tes defleksi tali kipas
- tes koil – ukur celah platina – ukur celah busi – tes
kompresi - setel celah katub – tes sudut dweel
– tes saat pengapian
D. Tes baterai – tes defleksi tali kipas
- tes koil – ukur celah platina – ukur celah busi – setel
celah katub – tes sudut dweel – tes kompresi
– tes saat pengapian
E. Tes baterai – tes defleksi tali kipas
- tes koil – ukur celah platina – tes kompresi – ukur
celah busi – setel celah katub – tes sudut
dweel– tes saat pengapian
23. Cara
menggunakan dweel tester / tachometer dengan dua kabel adalah :
A. Kabel pengetes warna merah
dihubungkan ke kabel busi 4 dan kabel warna hitam ke
negative koil / ground
B. Kabel pengetes warna hitam
dihubungkan ke positf koil dan kabel warna merah ke
negative koil / ground
C. Kabel pengetes warna merah
dihubungkan ke kabel busi 1 dan kabel warna hitam ke
negative koil / ground
D. Kabel pengetes warna merah
dihubungkan ke kabel busi 2 dan kabel warna hitam ke
negative koil / ground
E. Kabel pengetes warna merah
dihubungkan ke positif negative koil dan kabel warna hitam
ke ground
24.
Gambar di bawah ini adalah pengetesan / pengecekan :
B. Tahanan Kabel Busi E. Umur kabel Busi.
C. Hantaran Kabel Coil
25.
Dikatakan setelah pengetesan radiator tester tutup radiator rusak bila
tekanan kurang dari….
A. 0,6 kg / cm2 B. 0,5 kg / cm2 C.
0,7 kg / cm2 D. 0,8 kg/ cm2 E. 0,9 kg/ cm2
baik bila tekanan…
A. 1,0 kg/ cm2 D.
1.3 Kg/ cm2
B. 1,1 kg / cm2 E.
1,4 kg / cm2
C. 1,2 kg / cm2
bakar dilengkapi dengan :
A. Regulators B. Resistors C. Conductors D. Distributor E. Sparator
28. Untuk
mengatasi tenaga motor bensin kurang pada saat beban berat (jalan
menanjak),
karburator dilengkapi dengan system :
A. Float Chamber system D.
Acceleration system
B. Power system E.
Idle system
C. Air bleeder system
29.
Sistem Akselerasi pada karburator bekerja pada saat :
A. Beban kendaraan bertambah tiba tiba
B. Penambahan percepatan tiba tiba
C. Bahan bakar tidak mengalir
D. Ruang pelampung tersumbat
E. Pompa bahan bakar tidak berfungsi
30.
Fungsi pompa bahan bakar mekanik dan pompa bahan bakar listrik adalah :
A. Untuk memindahkan bahan bakar dari
tanki bahan bakar ke karburator
B. Untuk mengatur jumlah bahan bakar yang
menuju karburator
C. Untuk mengatur tekanan bahan bakar
pada karburator
D.
Untuk menekan bahan bakar ke dalam ruang bakar
E. Untuk menekan bahan bakar kembali ke
tanki bahan bakar
31.
Berikut di bawah tidak termasuk fungsi karburator :
A. Mengatur jumlah campuran udara dan
bahan bakar
B. Membuat kabut halus campuran udara dan
bahan bakar
C. Membentuk perbandingan campuran udara
dan bahan bakar
D. Menghemat pemakaian bahan bakar
E. Menampung bahan bakar sebelum masuk ke
dalam motor
32.
Fungsi system pelampung pada karburator adalah :
A.
Mengabutkan bahan bakar
B. Mengukur jumlah bahan bakar yang akan
digunakan
C. Mencukupi kebutuhan bahan bakar yang
digunakan selama mesin bekerja
D. Menutup saluran pengisian saat bahan
bakar berkurang
E. Membuka saluran pengisian saat bahan
bakar berlebihan
33. Ruang
pelampung harus dilengkapi dengan saluran udara (ventilasi) yang berfungsi
sebagai :
A. Saluran pencampur udara dengan bensin
B. Penjaga tekanan dalam ruang pelampung
tetap tiggi
C. Penjaga tekanan dalam ruang pelampung
tetap rendah
D. Pemisah antara udara dengan bensin
E. Pencagah tekanan dalam ruang pelampung
tetap sama dengan tekanan udara luar
34.
Syarat syarat fungsi system idle bekerja adalah :
A. Katup throttle terbuka penuh
B. Katup throttle terbuka sebagian
C. Katup throttle terbuka sedikit
D. Katup throttle tertutup dan saluran
idle (idle port) tertutup
E. Katup throttle tertutup dan saluran
idle (idle port) terbuka
35. Bila
katup pompa percepatan rusak/sobek/bocor, maka akibatnya :
A. Bahan bakar yang masuk ke ventury
lewat jet pump sangat banyak
B. Bahan bakar yang masuk ke ventury
lewat jet pump sangat sedikit atau tidak ada
C. Pemakaian bahan bakar menjadi boros
D. Pemakaian bahan bakar menjadi irit
E. Tidak berpengaruh terhadap kerja
karburator
36. Yang
berfungsi untuk membatasi jumlah bahan bakar yang mengalir dari ruang pelampung
:
A. Main jet B. Pump jet C. Idle jet D.
Slow port E. Power jet
37. Power
valve pada power system bekerja bilamana :
A. Putaran mesin tinggi D. Putaran mesin tinggi dan
beban mesin juga tinggi
B. Beban mesin tinggi E. Putaran mesin rendah dan
beban mesin juga rendah
C. Panas mesin tinggi
38. Katup
cuk pada karburator bekerja, maka dampaknya pada mesin adalah :
A. Tenaga
mesin meningkat D.
Hemat bahan bakar
B.
Putaran mesin bagus pada rpm tinggi E.
Tidak cepat panas
C. Mudah
hidup pada putaran idle dan suhu mesin rendah
konvensional. Urutan yang benar
adalah ....
A. Fuel tank – pipa bensin – fuel pump – pipa bensin – fuel filter – pipa
bensin – karburator
B. Fuel tank – pipa – fuel filter – pipa – karburator – fuel pump – pipa – tangki bensin
C. tangki bensin – pipa - karburator - saringan – pipa – pompa – pipa bensin - tangki bensin
D. tangki – pipa -pompa
– pipa bensin – karburator – pipa bensin – saringan bensin
E. tangki – pipa – saringan – pipa bensin -pompa bensin – pipa bensin –
karburator.
40.
Penggantian filter oil untuk mesin bensin berapa km…
A. 10.000 km B.
11.000 km C. 12.000 km D.
14.000 km E. 15.000 km
41. Penggantian
oil mesin bensin untuk mobil lama berapa km…
A. 5000 km B. 6000 km C. 7000km D. 8000 km E. 10.000 km
42.
Perhatikan gambar berikut ! Komponen yang ditunjukkan dengan angka 1 dan
2 pada
gambar dibawah ini adalah ….
B. economizer jet – power valve E.
solenoid-air bleder
C. air bleeder – solenoid
43.
Sistem yang bekerja menambah pasokan bahan bakar bensin saat pedal gas di tekan
secara
tiba-tiba adalah ….
A. Tenaga D.
kecepatan tinggi primer
B. Akselerasi E.
kecepatan tinggi sekunder
C. kecepatan rendah
44. Pada
saat mesin dingin motor sulit dihidupkan, sehingga perlu mengoperasikan sistem
chooke. Prinsip kerja sistem choke adalah
….
A. menutup saluran gas D. membuka saluran
udara
B. menutup saluran udara E. membuka saluran udara
dan gas.
C. membuka saluran gas
gambar dibawah ini adalah ….
A. Saluran bensin – ventilasi D. slow port –
idle port
B. Throtle valve – ventilasi E. air
bleeder – idle mixture adjusting screw
C. Nosel – Venturi
0 komentar:
Posting Komentar