Featured

Recent Posts

Kamis, 28 April 2016

SOAL UJIAN GARDAN / DIFERENTIAL

PILIHLAH JAWABAN YANG PALING BENAR



1.      Bagian yang meneruskan putaran dari mesin kepada ring gear, adalah  
       a)      Drive pinion
       b)      Crownwheel
       c)      Side gear
       d)     Satelit gear
       e)      Ring gear
2.      Posisi pemasangan ring gear adalah dibautkan pada ?
       a)      Differential hausing
       b)      Axle shaft
       c)      Differential case
       d)     Conters shaft
       e)      A, b dan c benar
3.      Berapakah sfesifikasi momen pengencangan baut-baut ring gear  ?
       a) 2.0 - 4.0 kg-m
       b) 7.0 - 9.0 kg-m
       c) 4.0 - 6.0 kg-m
       d) 5.0-6.0 kg-m
       e) a, b, dan c benar

4.      Berapakah sfesifikasi momen pengencangan mur-mur Differential housing  
       a)      2.0 - 4.0 kg-m
       b)      1.0 – 4.0 kg-m
       c)      4.0 – 7.0 kg-m
       d)     7.0 - 9.0 kg-m
       e)      3.0- 5.0 kg-m
5.      Axle shaft/poros roda penggerak pada differential berhubungan dengan gigi   ?
       a)   Crownwheel
       b)    Satelit gear
       c)   Side gear
       d)   a, b dan c benar
       e. drive pinion

6. Berikut ini adalah bagian (kelengkapan) pokok pada differential......
   a)   Drive pinion, Differential pinion (Satelit gear) ,Ring gear, Side gear,  
        Differential case
   b)  Crownwheel,Satelit gear,Side gear,poros differential,
   c)   Drive pinion (pinion gear), Differential pinion (Satelit gear),Ring gear
        (crownwheel),Side gear,poros gardan
   d)   Drive pinion (pinion gear), Differential pinion (Satelit gear), Ring gear
        (crownwheel), Side gear, Differential case
   e)    Ring gear,defferensial case

7.   Berikut ini adalah  fungsi drive pinion pada differential.......
    a)  Meneruskan tenaga putaran mesin kepada ring gear dalam    kondisi kendaraan
        melaju lurus ataupun membelok.
    b) Meneruskan tenaga putaran mesin kepada ring gear dalam    kondisi kendaraan
        melaju lurus ataupun membelok kanan.
    c) Meneruskan tenaga putaran mesin kepada ring gear dalam kondisi kendaraan
      melaju lurus ataupun membelok ke kiri.
    d)  Meneruskan tenaga putaran mesin kepada ring gear dalam kondisi kendaraa
       melaju lurus
    e. menghubungkan propeller shaft dengan diferential


8.   Dua komponen pada differential case yang mampu membuat perbedaan putaran
     pada saat kendaraan belok  ?
     a)      Differential pinion/satelit gear, dan Side gear
     b)      Differential, dan Side gear pinion.
     c)      Differential pinion dan satelit gearr.
     d)     Differential gear dan Side gear.
     e)      Pinion gear dan side gear
9.  Pada saat kendaraan berjalan lurus, putaran roda kiri dan kanan adalah sama, hal
     ini berarti ....
     a. putaran roda gigi cincin dan rumah gardan sama
     b. putaran kedua roda gigi sisi sama
     c. putaran kedua roda gigi satelit sama
     d. putaran kedua roda gigi sisi berbeda
     e. semua jawaban benar / mumet
10. Pada saat kendaraan berjalan membelok, jika roda gigi cincin pada gardan
     berputar 200 rpm, maka roda gigi sisi berputar ......
     a. 200 rpm    b. 250 rpm    c. 300 rpm     d. 100 rpm    e. 400 rpm

11. Kendaraan dengan letak mesin di depan, unit gardan di belakang di sebut ....
     a. rear wheel drive
     b. front wheel drive
     c. four wheel drive
     d. center wheel drive
     e. wingking wheel drive (WWD)

12. Jumlah putaran yang dihasilkan roda gigi cincin, jika jumlah gigi roda gigi pinion
      (Z1) 9 buah. Roda gigi cincin (Z2) 45 buah, dan putaran pada roda gigi pinion
      (n1) sebesar 1000 rpm adalah .........
      a. 300 rpm  b. 100 rpm   c. 250 rpm    d. 200 rpm   e. 150 rpm
13. Berapakah nilai kekentalan (viscositas) olie gardan yang diijinkan ......
     a. SAE 50-100
     b. SAE 80-120
     c. SAE 90-140
     d. SAE 50-140
     e. SAE 50-80

14. Fungsi  universal  joint  pada  poros  pemindah  daya  (propeler shaft) pada
     kendaraan  bermotor  adalah:
     a)   Untuk  meredam  perubahan  sudut  dan  untuk  mempercepat perpindahan
        tenaga    dari  transmisi ke  differential.
     b)  Untuk  meredam  perubahan  gaya  aksial  dan   memperbesar perpindahan
         tenaga  dari  transmisi  ke  differential.
     c)   Untuk  meredam  perubahan  sudut  dan    melembutkan perpidahan  tenaga 
        dari  transmisi  ke  differential .
     d)  Untuk  meredam  perubahan  gaya  sentrifugal  dan  untuk  melembutkan
         perpindahan  tenaga  dari  transmisi  ke  differential.
     e)   Untuk  meredam  perubahan  gaya  lateral  dan  untuk  melembutkan
         perpindahan  tenaga  dari  transmisi  ke  differential.

15. Salah satu tujuan penggunaan gardan ganda adalah .....
      a. untuk mengatasi hambatan di segala medan (berat atau ringan)
      b. untuk mengatasi hambatan di medan berat aja
      c. untuk mengatasi hambatan di medan ringan
      d. untuk mengurangi kecepatan putaran pada roda kendaraan
      e. untuk menstabilkan pengendalian kendaraan pada kondisi jalan yang tidak   rata

16. Pada unit gardan komponen yang berfungsi sebagai tempat dudukan  atau
     melekatnya ring gear, satelit gear, side gear adalah .....
     a. differential carrier (rumah gardan)
     b. drive pinion
     c. differential bearing
     d. gear ratio
     e. Run out

17. Berikut ini adalah faktor – faktor yang bisa menyebabkan kerusakan pada gardan,
     kecuali.....
     a. overload (beban lebih)
     b. pengoperasian kendaraan yang tidak stabil (beban hentakan)
     c. pemakaian kekentalan olie yang tidak tepat atau penggantian terlalu lama
     d. perbaikan atau penyetelan yang salah
     e. sering melewati jalan berair

18. Berikut ini adalah keunggulan pemakaian gardan penggerak roda depan, kecuali
     .....
     a. traksi lebih baik dalam keadaan kosong atau bermuatan
     b. pengemudian lebih stabil
     c. tingkat slip lebih kecil
     d. konstruksi power train lebih sederhana
     e. body kendaraan harus dibuat lebih tinggi

19. Dengan pemakaian Gardan peningkat momen dapat menaikkan torsi sebesar
      a. 15 % - 50 %
      b. 25 % - 70 %
      c. 20 % - 55 %
      d. 25 % - 60 %
      e. 15 % - 45 %

20. Alat untuk mengetahui kebalingan roda gigi cincin adalah ...
      a. DTI   (Dial Test Indicator)
      b. Micrometer
      c. Vernier caliper
      d. Feeler gauge
      e. Visual

Author Box

Assalamu’alaikum wr. Wb. Salam sejahtera untuk anda semua. Selamat bergabung dengan blog Otomediashare, blog yang menghimpun dan membagi berita, informasi terkini, dan pengetahuan seputar dunia otomotif. Mari maju bersama Otomediashare. Wassalam. , Follow us on: Facebook & Twitter

  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...

0 komentar:

Posting Komentar