Featured

Recent Posts

Sabtu, 05 Maret 2016

KOMPONEN SISTEM BAHAN BAKAR EFI SEPEDA MOTOR


Komponen-komponen yang digunakan untuk menyalurkan bahan bakar ke mesin terdiri dari tangki bahan bakar (fuel pump), pompa bahan bakar (fuel pump), saringan bahan bakar (fuel filter), pipa/slang penyalur (pembagi), pengatur tekanan bahan bakar (fuel pressure regulator), dan injektor/penyemprot bahan bakar. Sistem bahan bakar ini berfungsi untuk menyimpan, membersihkan, menyalurkan dan menyemprotkan /menginjeksikan bahan bakar.


Gambar Komponen EFI Honda Supra X 125



Adapun fungsi masing-masing komponen pada sistem bahan bakar tersebut adalah sebagai berikut:
1Fuel suction filter; menyaring kotoran agar tidak terisap pompa bahan bakar.
2)  Fuel pump module; memompa dan mengalirkan bahan bakar dari tangki bahan bakar ke injektor. Penyaluran bahan bakarnya harus lebih banyak dibandingkan dengan kebutuhan mesin supaya tekanan dalam sistem bahan bakar bisa dipertahankan setiap waktu walaupun kondisi mesin berubahubah.


Gambar Konstruksi Fuel Pump Module



3Fuel  pressure  regulator;  mengatur  tekanan  bahan  bakar  di dalam sistem aliran bahan bakar agar tetap/konstan. Contohnya pada Honda Supra X 125 PGM-FI tekanan dipertahankan pada
2
294 kPa (3,0 kgf/cm , 43 psi). Bila bahan bakar yang dipompa

menuju injektor terlalu besar (tekanan bahan bakar melebihi 294

2
kPa (3,0 kgf/cm , 43 psi)) pressure regulator mengembalikan

bahan bakar ke dalam tangki.

4Fuel  feed  hose;  slang  untuk  mengalirkan  bahan  bakar  dari tangki menuju injektor. Slang dirancang harus tahan tekanan bahan bakar akibat dipompa dengan tekanan minimal sebesar tekanan yang dihasilkan oleh pompa.

5Fuel Injector; menyemprotkan bahan bakar ke saluran masuk (intake manifold) sebelum, biasanya sebelum katup masuk, namun ada juga yang ke throttle body. Volume penyemprotan disesuaikan oleh waktu pembukaan nozel/injektor. Lama dan banyaknya penyemprotan diatur oleh ECM (Electronic/Engine Control Module) atau ECU (Electronic Control Unit).












































Gambar Konstruksi Injektor
 






Terjadinya penyemprotan pada injektor adalah pada saat ECU memberikan tegangan listrik ke solenoid coil injektor. Dengan pemberian tegangan listrik tersebut solenoid coil akan menjadi magnet sehingga mampu menarik plunger dan mengangkat needle valve (katup jarum) dari dudukannya, sehingga saluran bahan bakar yang sudah bertekanan akan memancar keluar dari injektor.








Gambar Penempatan Injektor Pada Throttlt Body



Skema  aliran  sistem  bahan  bakar  pada  sistem  EFI  adalah

sebagai berikut:



Gambar Skema Aliran Sistem Bahan Bakar EFI

Author Box

Assalamu’alaikum wr. Wb. Salam sejahtera untuk anda semua. Selamat bergabung dengan blog Otomediashare, blog yang menghimpun dan membagi berita, informasi terkini, dan pengetahuan seputar dunia otomotif. Mari maju bersama Otomediashare. Wassalam. , Follow us on: Facebook & Twitter

  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...

0 komentar:

Posting Komentar