Komponen-komponen
yang digunakan untuk menyalurkan
bahan bakar ke mesin terdiri dari tangki
bahan bakar (fuel pump), pompa bahan bakar (fuel pump), saringan
bahan bakar (fuel filter), pipa/slang penyalur (pembagi), pengatur tekanan bahan bakar (fuel pressure regulator), dan injektor/penyemprot bahan bakar. Sistem bahan
bakar ini berfungsi untuk menyimpan,
membersihkan, menyalurkan dan menyemprotkan /menginjeksikan bahan bakar.
Gambar Komponen EFI Honda Supra X 125
Adapun fungsi masing-masing komponen pada sistem bahan bakar tersebut adalah sebagai berikut:
1)
Fuel suction filter;
menyaring kotoran agar tidak terisap pompa
bahan bakar.
2) Fuel pump module;
memompa dan mengalirkan bahan bakar dari tangki bahan bakar ke injektor. Penyaluran bahan bakarnya
harus lebih banyak dibandingkan dengan kebutuhan mesin supaya tekanan dalam sistem bahan
bakar bisa dipertahankan setiap waktu walaupun kondisi
mesin berubahubah.
Gambar Konstruksi Fuel Pump Module
3)
Fuel pressure regulator; mengatur tekanan bahan
bakar
di
dalam sistem aliran bahan bakar agar
tetap/konstan. Contohnya pada Honda Supra X 125 PGM-FI tekanan dipertahankan pada
2
294 kPa (3,0 kgf/cm , 43 psi). Bila bahan bakar yang dipompa
menuju injektor terlalu
besar (tekanan bahan bakar melebihi 294
2
kPa (3,0 kgf/cm , 43 psi)) pressure regulator mengembalikan
bahan bakar ke dalam tangki.
4)
Fuel feed hose;
slang untuk mengalirkan
bahan
bakar
dari
tangki menuju injektor. Slang dirancang harus tahan tekanan bahan bakar akibat
dipompa dengan tekanan
minimal sebesar tekanan yang dihasilkan oleh pompa.
5)
Fuel Injector; menyemprotkan bahan
bakar ke saluran masuk (intake manifold) sebelum, biasanya sebelum katup masuk, namun ada juga
yang ke throttle body. Volume penyemprotan disesuaikan oleh waktu pembukaan
nozel/injektor. Lama
dan banyaknya penyemprotan diatur oleh ECM (Electronic/Engine
Control Module) atau ECU (Electronic
Control Unit).
|
Terjadinya penyemprotan pada injektor adalah pada saat ECU
memberikan tegangan listrik ke solenoid
coil injektor. Dengan pemberian tegangan listrik tersebut solenoid coil akan menjadi magnet sehingga mampu menarik plunger dan mengangkat needle valve
(katup jarum) dari dudukannya,
sehingga saluran bahan bakar yang sudah bertekanan akan memancar keluar dari injektor.
Gambar Penempatan Injektor Pada Throttlt Body
Skema aliran
sistem
bahan
bakar
pada
sistem
EFI adalah
sebagai berikut:
Gambar Skema Aliran Sistem Bahan
Bakar EFI
0 komentar:
Posting Komentar