PEMELIHARAAN
/ SERVIS SISTEM AC
A.
Identitas
Mata
Pelajaran : Pemeliharaan /
Servis AC
Kelas
/Semester : XII / 6
Materi Pembelajaran : Mengidentifikasi
Komponen Sistem AC
B. Petunjuk Belajar
Untuk memperoleh hasil belajar secara maksimal,
dalam menggunakan LKS ini
maka langkah-langkah yang perlu dilaksanakan antara lain:
a.
Bacalah dan pahami dengan seksama
uraian-uraian materi yang ada pada masing-masing kegiatan belajar. Bila ada
materi yang kurang jelas, peserta diklat dapat bertanya pada guru atau
instruktur yang mengampu kegiatan belajar.
b. Kerjakan tugas diskusi dan test formatif
(soal latihan) untuk mengetahui seberapa besar pemahaman yang telah dimiliki
terhadap materi-materi yang dibahas dalam setiap kegiatan belajar.
c.
Untuk
kegiatan belajar yang terdiri dari teori dan praktik, perhatikanlah hal-hal
berikut ini:
d. Jika
belum menguasai level materi yang diharapkan, ulangi lagi pada kegiatan belajar
sebelumnya atau bertanyalah kepada guru atau instruktur yang mengampu kegiatan
pembelajaran yang bersangkutan.
C. Indikator :
· Mengidentifikasi
sistem AC tanpa menyebabkan kerusakan terhadap komponen
atau sistem lainnya.
·
Mengidentifikasi sistem AC dengan menggunakan peralatan dan
teknik yang sesuai
·
Menjelaskan nama komponen, fungsi dan
cara kerja komponen AC
· Melaksanakan identifikasi berdasarkan SOP (Standard Operation Procedures),
undang-undang K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja), peraturan
perundang-undangan dan prosedur/kebijakan perusahaan.
D. Alat dan Bahan
·
Kunci
Ring/pas set
·
Obeng
+/-
·
Kain
lap
·
Meja
Kerja
·
Kompressor
·
Condenser
·
Receifer/Dryer
·
Expansion
Valve
·
Evaporator
E. Paparan Isi Materi LKS
1. Menyelidiki
jenis komponen-komponen AC
2.
Mendiskripsikan konstruksi dan cara kerja sistem AC dan komponennya
F. Langkah-langkah Kegiatan
Kegiatan
1 :
Yuk
kita berdiskusi untuk lebih jauh mengenal nama
komponen-komponen AC dan fungsinya.
Diskusikan dan isilah tebel di bawah ini bersama-sama
dalam kelompokmu!
Bentuk Komponen
|
Fungsi
|
Kegiatan 2
Lihatlah letak masing-masing komponen
utama AC pada mobil !
Tunjukkan dan temukan nama-nama
komponen utama AC !
G. PENILAIAN
1.
Sebutkan
nama komponen-komponen utama AC pada mobil!
2.
Sebutkan
fungsi komponen-komponen utama AC pada mobil!
KISI-KISI
PENULISAN SOAL
Nama Sekolah : SMK
OTOMEDIA
Mata Pelajaran : Pemeliharaan
/ Servis AC
Alokasi Waktu : 1
x 45 menit ( 1 pertemuan )
Kelas/semester : XII
/ 6
Standar Kompetensi : Mengidentifikasi sistem AC dan
komponennya
No.
|
Kompetensi Dasar
|
Tujuan Pembelajaran
|
Indikator soal
|
Tingkat Ranah
|
Bentuk soal
|
Nomor soal
|
1
|
Mengidentifikasi
sistem AC dan komponennya
|
Secara mandiri siswa dapat
mengetahui nama
komponen, fungsi dan cara kerja AC
|
1.
Mengetahui
bentuk dan fungsi komponen utama AC
2. Mengetahui letak komponen utama
AC
|
C1
C1
|
Uraian
Uraian
|
1
2
|
RUBRIKASI
PENILAIAN PERILAKU BERKARAKTER
NO
|
ASPEK
|
KRITERIA
|
KETERANGAN
|
SKOR
|
1
|
Jujur
|
Jujur terhadap data yang diperoleh dari pengidentifikasian
|
Belum Terlihat
Mulai Terlihat
Mulai Berkembang
Membudaya
|
1
2
3
4
|
2
|
Peduli
|
Membantu menyelesaikan tugas kelompok demi keberhasilan
kelompoknya
|
Belum Terlihat
Mulai Terlihat
Mulai Berkembang
Membudaya
|
1
2
3
4
|
3
|
Tanggung Jawab
|
Melaksanakan tugas yang telah dibagi dalam
kelompok dengan baik
|
Belum Terlihat
Mulai Terlihat
Mulai Berkembang
Membudaya
|
1
2
3
4
|
RUBRIKASI PENILAIAN
KETERAMPILAN SOSIAL
NO
|
ASPEK
|
KRITERIA
|
KETERANGAN
|
SKOR
|
1
|
Bertanya
|
Bertanya kepada guru dan teman tentang materi pelajaran
atau peristiwa alam yang berkaitan dengan materi pelajaran
|
Belum Terlihat
Mulai Terlihat
Mulai Berkembang
Membudaya
|
1
2
3
4
|
2
|
Menyumbang ide
|
Mengajukan pendapat/ide yang berkenaan dengan pokok
bahasan yang dipelajari
|
Belum Terlihat
Mulai Terlihat
Mulai Berkembang
Membudaya
|
1
2
3
4
|
3
|
Menjadi pendengar yang baik
|
Memberi kesempatan bagi anggota kelompok lain untuk
mengemukakan pendapat dalam diskusi kelompok dan mendengarkannya dengan baik
|
Belum Terlihat
Mulai Terlihat
Mulai Berkembang
Membudaya
|
1
2
3
4
|
4
|
Berkomunikasi
|
Berkomunikasi baik dengan teman dalam diskusi kelompok
maupun dengan guru. Komunikasi yang terjadi berkaitan dengan materi pelajaran
yang dipelajari.
|
Belum Terlihat
Mulai Terlihat
Mulai Berkembang
Membudaya
|
1
2
3
4
|
RUBRIKASI
PENILAIAN PROSES
NO
|
Rincian Tugas Kinerja
|
Skor
|
Skor Maksimum
|
1
|
·
Tidak mampu mengidentifikasi komponen walau dengan bimbingan guru
·
Dengan bimbingan guru mampu mengidentifikasi
komponen utama AC
·
Secara mandiri mampu mengidentifikasi
komponen-komponen AC
·
Secara mandiri mampu dan benar dalam
mengidentifikasi komponen-komponen AC
|
0
5
10
15
|
15
|
2
|
·
Tidak mampu melakukan menemutunjukkan
komponen-komponen utama AC
·
Dengan bimbingan guru mampu namun kurang tepat
dalam menemutunjukkan komponen-komponen utama AC di mobil
·
Dengan bimbingan guru mampu dan benar dalam
melakukan menemutunjukkan komponen-komponen utama AC
·
Secara mandiri mampu namun kurang tepat dalam
melakukan menemutunjukkan komponen-komponen utama AC pada mobil
·
Secara mandiri mampu dan benar melakukan
menemutunjukkan komponen-komponen utama AC pada mobil
|
0
5
10
15
20
|
20
|
RUBRIKASI PENILAIAN
PSIKOMOTOR
NO
|
Rincian Tugas Kinerja
|
Skor
|
Skor Maksimum
|
1
|
·
Tidak mampu mengidentifikasi komponen-komponen utama AC pada
mobil
·
Dengan bimbingan guru mampu mengidentifikasi
komponen-komponen utama AC
·
Dengan bimbingan guru mampu dan benar dalam mengidentifiasi
komponen-komponen utama AC
·
Secara mandiri mampu namun kurang tepat dalam mengidentifikasi
komponen-komponen utama AC
·
Secara mandiri mampu dan benar dalam mengidentifikasi
komponen-komponen utama AC
|
0
5
10
15
20
|
20
|
2
|
·
Tidak mampu melakukan menemutunjukkan
komponen-komponen utama AC pada mobil
·
Dengan bimbingan guru mampu namun kurang tepat
dalam menemutunjukkan AC pada mobil
·
Dengan bimbingan guru mampu dan benar dalam
melakukan menemutunjukkan AC pada mobil
·
Secara mandiri mampu namun kurang tepat dalam
melakukan menemutunjukkan komponen utama AC pada mobil
·
Secara mandiri mampu dan benar dalam melakukan
menemutunjukkan komponen utama AC pada mobil
|
0
10
15
25
30
|
30
|
0 komentar:
Posting Komentar