Featured

Recent Posts

Sabtu, 02 Desember 2023

SOAL UJIAN SEMESTER GANJIL PEMELIHARAAN KELISTRIKAN KELAS XI TKR

 

SOAL UJIAN  AKHIR SEMESTER GANJIL TP 2023 - 2024

Mata Pelajaran            :  Pemeliharaan Kelistrikan (PKKR)

Program Keahlian       :  Teknik Kendaraan Ringan

Kelas / Semester          :  XII / Ganjil (5)

 

SOAL PILIHAN GANDA :

     1. Pada saat mekanik melepas motor starter pada mobil, hal yang harus  diperhatikan adalah …..

          a. Kunci kontak harus OFF.                                  d. Kabel baterai plus harus dilepas.

          b. Lampu kepala harus mati.                                 e. Kunci kontak harus posisi ON

          c. Lampu tanda belok harus OFF.

     2. Hal yang harus diperhatikan  sewaktu menstarter mesin mobil adalah ……

          a. Posisi gigi transmisi mundur.                              d. Posisi gigi transmisi harus netral.

          b. Posisi roda kemudi lurus.                                    e. Pedal rem harus diinjak.

          c. Posisi gigi transmisi  Parkir.

     3. Pada saat mengetes kerja motor starter pada mesin mobil,supaya mesin tidak  hidup, maka

         tindakan  yang harus diperhatikan adalah …….

          a. Kabel negatip Coil harus bagus.              d. Kabel terminal ST motor starter harus dilepas.

          b. Kabel terminal C harus dilepas.              e. Kabel ACC pada kunci kontak  harus dilepas.

          c. Kabel terminal negatip Coil harus dilepas.

      4. Kerugian tegangan terminal  positip pada  sistem starter terminal ST harus kurang

          dari  …………… volt.

          a.      0,5            b.      0,3.               c.       0,2.        d.      0,1.                     e.      0,8.

5. Pada saat pengemudi kendaraan menstarter , motor starter bereaksi  cetuk- cetuk, motor

    starter    tidak bisa berputar. Diagnose kerusakan adalah……..

    a.  Roda gigi pinion rusak.                                      d.   Baterai lemah.

    b.  Roda gigi ring rusak.                                          e.   Sekering putus.

    c.  Kurang pelumasan.

6. Roda gigi pinion dan roda gigi ring selalu mengait tidak bisa lepas setelah distarter.

    Diagnose   kerusakan ….

    a.  Gigi pinion rusak.                                               d.  gigi ring rusak

    b.  Kurang pelumasan.                                            e. Pegas pengembali lemah.

    c.  Angker rusak.

7. Kumparan hold in Coil disebut juga kumparan …..

    a.  Fiksasi.                                                               d.  Kumparan stator.

    b.  Kumparan penarik.                                             e.   Kumparan jangkar.

    c.  Kumparan rotor.

8. Kumparan penarik  pada motor starter terletak  pada …..

    a. Rumah motor                  b. Jangkar        c.  Fied Coil.      d.Relay starter.         e. Kopling..

9. Motor starter tidak bisa mati walaupun kunci kontak sudah  dilepas. Diagnose kerusakan…..

    a. Hubungan singkat ST dengan B.                      d. Hubungan masa dengan terminal penahan.

    b. Hubungan singkat terminal ST dengan masa.  e. Hubungan pendek kumparan sepatu kutup.

    c. Hubungan singkat kumparan penahan dengan masa

10.  Sikat atau brush terlalu pendek , berakibat motor starter …..

       a.  Tidak bisa berputar.                                         d.   Hubungan singkat

       b.  Macet                                                              e.   Berputar lambat.

       c.  Tenaga tidak ada.

 11. Fungsi alternator pada mobil adalah …..

       a.  Mengubah energi mekanik menjadi energi listrik

       b.  Mengubah energi listrik menjadi energi mekanik

       c.  Mengubah energi listrik

       d.  Mengubah energi listrik menjadi arus thermis

       e.  Mengubah energi gesek menjadi energi listrik

 12. Arus listrik yang keluar dari alternator ke baterai adalah…

      a.  Arus bolak balik (AC ).                                    d.   Arus searah dan Arus bolak balik. w

      b.  Arus searah ( DC )                                            e.   Arus kombinasi.

      c.   Arus 3 phase

13. Kemagnitan yang terjadi dari arus listrik  baterai pada kumparan …..

      a.   Stator . b. Rotor      c. Rumah alternator.      d. Diode            e. Slip ring dan jangkar.

14. Stator  pada alternator dengan 3 kumparan biasanya mempunyai  jumlah keluaran diode.

      a.      3       b.      4             c.       6                        d.      8             e.      1

15. Arus listrik yang keluar dari alternator dihasilkan dari……

      a.  Kumparan stator alternator.                 d.  Kumparan slip  ring

      b.  Kumparan rotor alternator.                  e.   Kumparan diode.

      c.  Kumparan rumah alternator.

16. Regulator pada sistem pengisian  mempunyai fungsi ……

      a.  Menambah daya  arus listrik dari alternator.

      b.  Mengurangi putaran rator alternator.

      c.  Mengurangi arus yang keluar dari alternator

      d.  Meregulasi tegangan yang keluar dari terminal B  +  pada alternator.

      e.  Menambah tegangan listrik yang keluar dari alternator putaran tinggi.

17. Pengisian baterai terlalu tinggi ( over charger) diakibatkan  oleh …..

       a.  Belt altenator kendor.                                    

       b.  Masa atau ground  regulator kurang kontak.

       c.   Diode rusak

       d.   Tahanan kumparan alternator terlalu besar.

       e.   Regulator sistem pengisian bermasalah.

18. Arus yang keluar dari kumparan stator pada alternator adalah …..

      a.      AC .              b.      DC.        c.       3 phase.             d.      DC Volt.                        e.      DC

19. Kumparan medan pada alternator pada sistem pengisian terjadi pada bagian ……

       a.   Stator alternator.                                             d.   Poros alternator.

       b.   Rotor alternator                                              e.   Lapisan slip ring.

       c.   Pully alternator.

20. Fungsi kipas pendingin pada alternator adalah ……

       a.   Mendinginkan diode alternator.                     d.   Mendinginkan bearing alternator.

       b.   Mendinginkan rotor alternator.                      e.    Mendinginkan pully alternator.

       c.   Mendinginkan stator alternator.

 21. Pilih bagian – bagian yang bukan dari alternator……

      a.  Fiel coil.              b. Slip ring.         c.  Rotor.        d. Diode .          e.  Komutator.

22. Tegangan regulasi  sistem pengisian  untuk baterai 12 Volt, mobil dari Japan antara ….

      a.  13 Volt – 17 Volt.                                            d.   12 Volt – 13  Volt.

      b.  11 Volt – 13 Volt.                                            e.   13,5 volt – 15,5 Volt.

      c.   13,8 Volt – 14,8 Volt.

23. Lampu indicator   pengisian ( CHG ) pada dash board pada sistem pengisian tidak

      menyala    atau mati terjadi pada putaran mesin .....

      a.   700 800 rpm.                                                d.    3000 – 3500 rpm

      b.   1000 – 1500 rpm                                             e.    2500 3000  rpm .

      c.    2000 – 2500 rpm

24. Sistem pengisian dengan menggunakan regulator mekanik, alternator mempunyai

      penyearah    ….. buah.

      a. 12             b.  6                c.  9                    d.  7                        e.  8.

25. Jika salah satu penyearah rusak pada sistem pengisian maka berakibat ……

       a.   Arus pengisian berkurang.                              d. Lampu indicator  pengisian menyala

       b.   Tegangan pengisian berkurang.                      e. Tegangan pada terminal N menurun.

       c.    Tahanan pengisian berkurang.

26. Sistem pengisian dengan regulator mekanik. Jika lampu CHG pada dash board menyala

      diagnosenya adalah …..

        a. Tegangan listrik pada N lebih kecil dari 6 Volt.        d. Tegangan bateri terlalu tinggi.

        b. Tegangan baterai terlalu rendah.                                 e.  Tahanan pada terminal N besar.

        c.  Arus listrik pada terminal N kecil.

 27. Untuk menghasilkan output listrik   alternator yang konstan pada putaran rendah dan tinggi.

      Hal ini ditentukan oleh ……

      a. Besarnya diameter kumparan stator.           d.Besarnya tahanan  kumparan rotor  alternator.

      b. Panjang kumparan rotor.                             e. Besarnya tegangan listrik pada baterai.

      c. Besarnya arus listrik yang mengalir  pada rotor alternator.

28. Pilihlah pernyataan yang paling tepat

      a. Pengetesan  daya alternator  pada putaran : 3000.

      b. Pengetesan  daya alternator  pada putaran : 700

      c. Pengetesan  daya alternator  pada putaran : idle

      d. Pengetesan  daya alternator  pada mesin mati kuncikontak posisi OFF.

      e. Pengetesan daya alternator  pada kunci kontak posisi ON mesin mati

29. Pada saat mobil berjalan tiba – tiba lampu CHG menyala. Kemungkinan kerusakan..

      a.   Baterai pengisiannya sudah penuh., sehingga tegangan baterai naik.

      b.   Baterai pengisiannya  berkurang, sehingga tegangan baterai menurun..

      c.    Overcharger.

      d.   Rangkaian kelistrikan dari kunci kontak ke rotor alternator trouble.

      e.    Fuse putus pada sistem pengapian  ke rangkaian primer coil.

30. Pengukuran arus maksimum pada sistem pengisian dengan alternator  terjadi pada putaran :

      a.    1500 2000  rpm                               d. 2000 – 3000 rpm

      b.    4000 5000  rpm                               e.   700 – 800 rpm

      c.    1000 1500  rpm

31. Pada saat kunci kontak posisi On, mesin mati lampu kontrol CHG pada dash board

      Seharusnya …..

      a.   Mati.                b.  Hidup.        c. Redup.         d. Mati hidup lagi.      e. Hidup terus mati.

32. Pada saat kunci ON mesin hidup pada putaran 700 sampai 900 lampu control CHG pada dash

      board seharusnya:

      a. Hidup.       b. Mati.             c. Redup.      d. Mati terus hidup         e.  ketip – ketip .

33. Pengukuran tegangan pengisian pada alternator  diukur pada terminal  atau pool:

      a. E                b.  B +               c.  B            d.  D +                           e. D –

34. Pengukuran tegangan pada alternator pada putaran  2000 rpm dengan beban lampu pada

      mobil   dinyalakan semua, sistem pengisian yang baik adalah :

       a.      13,8 volt.     b.      12,5 volt.       c.    14,5 volt.      d.  11,5 volt.    e.      10 volt.

35. Pada saat kunci kontak ON , mesin mati , seharusnya pada kumparan rotor adalah:

      a. Lampu menyala.                                          d. lampu mati.

      b. ada Tahanan listrik.                                     e. Lampu meredup.

      c. Terjadi magnit.

36. Pemeriksaan sistem pengisian pada alternator  saat mesin hidup  meliputi seperti data listrik   

      dibawah ini, kecuali:

      a. Tegangan regulasi.                                 d.  Oscilogram.

      b. Arus listrik.                                           e.  Tahanan listrik.

      c.  Daya listrik.

37. Mesin bensin 4 silinder dengan FO 1342. Pada saat silinder 4 pada posisi TOP langkah

      kompresi, maka silinder nomer 3 berada pada langkah ....

      a. akhir kompresi                                       d. akhir isap

      b. akhir usaha                                            e. akhir overlap

      c. akhir buang

38. Pada sistem pengisian, alternator biasanya mempunyai slip ring  sebanyak :

      a.  4 buah.              b.  3 buah.          c.  2 buah.         d.  1 buah.           e. 5 buah.

39. Motor stater tidak mau berhenti berputar padahal kunci kontak sudah di posisikan pada “IG”,

      hal ini disebabkan oleh…

      a.   Hold in coil solenoid putus                             d. Roda gigi motor stater stater aus

      b.   Pull in coil selonoid putus                               e. Terminal 50 berhubungan dengan ground

      c.   Plat kontak solenoid lengket  

40. Pada waktu kendaaraan berjalan, indicator lamp charging menyala berkedip, kemungkinan

      komponen sistem pengisian yang rusak adalah…

      a. Brush alternator sudah aus                                d. Voltage rilai putus

      b. Lampu indicator putus                                      e. Sekering rusak

      c. Voltage regulator putus

 

 

Author Box

Assalamu’alaikum wr. Wb. Salam sejahtera untuk anda semua. Selamat bergabung dengan blog Otomediashare, blog yang menghimpun dan membagi berita, informasi terkini, dan pengetahuan seputar dunia otomotif. Mari maju bersama Otomediashare. Wassalam. , Follow us on: Facebook & Twitter

  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...

0 komentar:

Posting Komentar