SOAL UJIAN AKHIR SEMESTER GANJIL TP 2023 - 2024
Mata
Pelajaran : Pemeliharaan Kelistrikan (PKKR)
Program
Keahlian : Teknik Kendaraan Ringan
Kelas /
Semester : XII / Ganjil (5)
SOAL PILIHAN GANDA :
1. Pada saat mekanik melepas motor starter pada mobil,
hal yang harus diperhatikan adalah …..
a. Kunci kontak harus OFF. d. Kabel baterai plus harus dilepas.
b. Lampu kepala harus mati. e. Kunci kontak harus posisi ON
c. Lampu tanda belok harus OFF.
2. Hal yang harus diperhatikan sewaktu
menstarter mesin mobil adalah ……
a. Posisi gigi transmisi mundur. d. Posisi gigi transmisi
harus netral.
b. Posisi roda kemudi lurus. e. Pedal rem harus
diinjak.
c. Posisi gigi transmisi Parkir.
3. Pada saat mengetes kerja motor starter pada mesin
mobil,supaya mesin tidak hidup, maka
tindakan yang harus diperhatikan adalah …….
a. Kabel negatip Coil harus bagus. d. Kabel terminal ST motor starter harus
dilepas.
b. Kabel terminal C harus dilepas. e. Kabel ACC pada kunci
kontak harus dilepas.
c. Kabel terminal negatip Coil harus dilepas.
4. Kerugian tegangan
terminal positip pada sistem starter terminal ST harus
kurang
dari …………… volt.
a. 0,5
b. 0,3. c. 0,2. d. 0,1. e. 0,8.
5. Pada saat pengemudi kendaraan menstarter , motor
starter bereaksi cetuk- cetuk, motor
starter tidak bisa berputar. Diagnose kerusakan adalah……..
a. Roda gigi pinion rusak. d. Baterai lemah.
b. Roda gigi ring rusak. e. Sekering putus.
c. Kurang pelumasan.
6. Roda gigi pinion dan roda gigi ring selalu mengait
tidak bisa lepas setelah distarter.
Diagnose kerusakan ….
a. Gigi pinion rusak. d. gigi ring rusak
b. Kurang pelumasan. e. Pegas pengembali lemah.
c. Angker rusak.
7. Kumparan hold in Coil disebut juga kumparan …..
a. Fiksasi. d. Kumparan stator.
b. Kumparan penarik. e. Kumparan jangkar.
c. Kumparan rotor.
8. Kumparan penarik pada motor starter
terletak pada …..
a. Rumah motor b. Jangkar c. Fied Coil. d.Relay starter. e. Kopling..
9. Motor starter tidak bisa mati walaupun kunci kontak
sudah dilepas. Diagnose kerusakan…..
a. Hubungan singkat ST dengan B. d. Hubungan masa dengan terminal
penahan.
b. Hubungan singkat terminal ST dengan masa. e. Hubungan pendek kumparan sepatu kutup.
c. Hubungan singkat kumparan penahan dengan masa
10. Sikat
atau brush terlalu pendek , berakibat motor starter …..
a. Tidak bisa berputar. d. Hubungan
singkat
b. Macet e. Berputar lambat.
c. Tenaga tidak
ada.
11. Fungsi alternator pada mobil adalah …..
a. Mengubah energi
mekanik menjadi energi listrik
b. Mengubah energi
listrik menjadi energi mekanik
c. Mengubah energi
listrik
d. Mengubah energi
listrik menjadi arus thermis
e. Mengubah energi
gesek menjadi energi listrik
a. Arus bolak balik (AC ). d. Arus
searah dan Arus bolak balik. w
b. Arus searah ( DC ) e. Arus kombinasi.
c. Arus 3 phase
13. Kemagnitan yang terjadi dari arus
listrik baterai pada kumparan …..
a. Stator . b. Rotor c. Rumah alternator. d. Diode e. Slip ring dan jangkar.
14. Stator pada alternator dengan 3
kumparan biasanya mempunyai jumlah keluaran diode.
a. 3 b. 4 c. 6 d. 8 e. 1
15. Arus listrik yang keluar dari alternator
dihasilkan dari……
a. Kumparan stator
alternator. d. Kumparan
slip ring
b. Kumparan rotor
alternator. e. Kumparan
diode.
c. Kumparan rumah alternator.
16. Regulator pada sistem
pengisian mempunyai fungsi ……
a. Menambah daya arus listrik
dari alternator.
b. Mengurangi putaran rator alternator.
c. Mengurangi arus yang keluar dari
alternator
d. Meregulasi tegangan yang keluar dari
terminal B + pada alternator.
e. Menambah tegangan listrik yang keluar
dari alternator putaran tinggi.
17. Pengisian baterai terlalu tinggi ( over charger)
diakibatkan oleh …..
a. Belt altenator
kendor.
b. Masa atau
ground regulator kurang kontak.
c. Diode
rusak
d. Tahanan
kumparan alternator terlalu besar.
e. Regulator
sistem pengisian bermasalah.
18. Arus yang keluar dari kumparan stator pada
alternator adalah …..
a. AC . b. DC. c. 3 phase. d. DC Volt. e. DC
19. Kumparan medan pada alternator pada sistem
pengisian terjadi pada bagian ……
a. Stator
alternator.
d. Poros alternator.
b. Rotor
alternator e. Lapisan
slip ring.
c. Pully
alternator.
20. Fungsi kipas pendingin pada alternator adalah ……
a. Mendinginkan diode alternator. d. Mendinginkan
bearing alternator.
b. Mendinginkan rotor alternator. e. Mendinginkan pully
alternator.
c. Mendinginkan
stator alternator.
21. Pilih bagian – bagian yang bukan dari alternator……
a. Fiel coil.
b. Slip
ring. c. Rotor. d. Diode . e. Komutator.
22. Tegangan regulasi sistem
pengisian untuk baterai 12 Volt, mobil dari Japan antara ….
a. 13 Volt – 17 Volt. d. 12 Volt – 13 Volt.
b. 11 Volt – 13 Volt. e. 13,5 volt – 15,5
Volt.
c. 13,8 Volt – 14,8 Volt.
23. Lampu indicator pengisian ( CHG )
pada dash board pada sistem pengisian tidak
menyala atau mati terjadi pada
putaran mesin .....
a. 700 – 800 rpm. d. 3000 – 3500 rpm
b. 1000 – 1500 rpm e. 2500 –
3000 rpm .
c. 2000 – 2500 rpm
24. Sistem pengisian dengan menggunakan regulator
mekanik, alternator mempunyai
penyearah ….. buah.
a. 12 b. 6 c. 9 d. 7 e. 8.
25. Jika salah satu penyearah rusak pada sistem pengisian
maka berakibat ……
a. Arus
pengisian berkurang. d. Lampu
indicator pengisian menyala
b. Tegangan
pengisian berkurang. e. Tegangan pada terminal N
menurun.
c. Tahanan pengisian berkurang.
26. Sistem pengisian dengan regulator mekanik. Jika
lampu CHG pada dash board menyala
diagnosenya adalah …..
a. Tegangan listrik pada
N lebih kecil dari 6 Volt. d. Tegangan bateri terlalu tinggi.
b. Tegangan baterai terlalu rendah. e. Tahanan pada terminal N besar.
c. Arus listrik pada terminal N kecil.
Hal ini ditentukan oleh ……
a. Besarnya diameter kumparan stator.
d.Besarnya
tahanan kumparan rotor
alternator.
b. Panjang kumparan rotor. e. Besarnya tegangan listrik pada baterai.
c. Besarnya arus listrik yang
mengalir pada rotor alternator.
28. Pilihlah pernyataan yang paling tepat
a. Pengetesan daya
alternator pada putaran : 3000.
b. Pengetesan daya
alternator pada putaran : 700
c. Pengetesan daya
alternator pada putaran : idle
d. Pengetesan daya
alternator pada mesin mati kuncikontak posisi OFF.
e. Pengetesan daya alternator pada
kunci kontak posisi ON mesin mati
29. Pada saat mobil berjalan tiba – tiba lampu CHG
menyala. Kemungkinan kerusakan..
a. Baterai pengisiannya sudah penuh.,
sehingga tegangan baterai naik.
b. Baterai pengisiannya berkurang,
sehingga tegangan baterai menurun..
c. Overcharger.
d. Rangkaian kelistrikan dari kunci
kontak ke rotor alternator trouble.
e. Fuse putus pada sistem
pengapian ke rangkaian primer coil.
30. Pengukuran arus maksimum pada sistem pengisian
dengan alternator terjadi pada putaran :
a. 1500 – 2000 rpm d.
2000 – 3000 rpm
b. 4000 – 5000 rpm e. 700 – 800 rpm
c. 1000 – 1500 rpm
31. Pada saat kunci kontak posisi On, mesin mati lampu
kontrol CHG pada dash board
Seharusnya …..
a. Mati. b. Hidup. c. Redup. d. Mati hidup lagi. e. Hidup terus mati.
32. Pada saat kunci ON mesin hidup pada putaran 700
sampai 900 lampu control CHG pada dash
board seharusnya:
a. Hidup. b. Mati.
c. Redup. d. Mati terus hidup e. ketip
– ketip .
33. Pengukuran tegangan pengisian pada
alternator diukur pada terminal atau pool:
a. E b. B + c. B –
d. D + e. D –
34. Pengukuran tegangan pada alternator pada putaran 2000 rpm dengan beban lampu pada
mobil dinyalakan semua, sistem pengisian yang baik
adalah :
a. 13,8 volt. b. 12,5 volt. c. 14,5 volt. d. 11,5 volt. e. 10 volt.
35. Pada saat kunci kontak ON , mesin mati ,
seharusnya pada kumparan rotor adalah:
a. Lampu menyala. d. lampu mati.
b. ada Tahanan listrik. e. Lampu meredup.
c. Terjadi magnit.
36. Pemeriksaan sistem pengisian pada alternator saat
mesin hidup meliputi seperti data listrik
dibawah ini, kecuali:
a. Tegangan regulasi. d. Oscilogram.
b. Arus listrik. e. Tahanan listrik.
c. Daya listrik.
37. Mesin bensin 4 silinder dengan FO
1342. Pada saat silinder 4 pada posisi TOP langkah
kompresi, maka silinder nomer 3 berada
pada langkah ....
a. akhir kompresi d. akhir isap
b. akhir usaha e. akhir overlap
c. akhir buang
38. Pada sistem pengisian, alternator biasanya
mempunyai slip ring sebanyak :
a. 4 buah. b. 3 buah. c. 2 buah. d. 1 buah.
e. 5
buah.
39. Motor stater tidak mau berhenti berputar padahal kunci
kontak sudah di posisikan pada “IG”,
hal ini
disebabkan oleh…
a. Hold in coil solenoid putus d. Roda gigi motor
stater stater aus
b. Pull in coil selonoid putus e. Terminal 50
berhubungan dengan ground
c. Plat kontak solenoid lengket
40. Pada waktu kendaaraan
berjalan, indicator lamp charging menyala berkedip, kemungkinan
komponen sistem pengisian yang rusak adalah…
a. Brush alternator sudah aus d.
Voltage rilai putus
b. Lampu indicator putus e.
Sekering rusak
c. Voltage regulator putus
0 komentar:
Posting Komentar