Featured

Recent Posts

Sabtu, 02 Desember 2023

 

SOAL UJIAN AKHIR SEMESTER GANJILTP 2023 – 2024

Mata Pelajaran              : Chasis dan Sistem Pemindah Tenaga (PSDT)

Materi/Kompetensi       : Kopling, Transmisi Manual, Diferential

Kelas/ Prodi/semester   : XI / TKR / 3

Soal pilihan ganda :

1. Komponen system pemindah tenaga yang berfungsi mengatur besarnya momen

    sesuai dengan kondisi jalan dan tingkat percepatan kendaraan adalah …

    a. kopling (Clutch)                                   d. Transmisi

    b. gardan (Differential)                            e. Propeller Shaft

    c. poros roda (Axle shaft)

2. Diantara fungsi transmisi pada kendaraan adalah sebagai berikut, kecuali ...

    a. Memungkinkan kendaraan untuk mundur

    b. Mengurangi laju atau kecepatan kendaraan

    c. Untuk merubah arah putaran mesin sebesar 900

    d. Memungkinkan kendaraan dalam posisi netral

    e. Meneruskan putaran mesin ke differential

3. Tipe transmisi berdasarkan selective gearnya yaitu ...

    a. Sliding mesh type, fluid type, CVT

    b. Sliding mesh type, constant mesh type, synchronmesh type

    c. Constant mesh type, synchronmesh type, CVT

    d. Synchronmesh type, fluid type, sliding mesh

    e. Electric type, fluid type, CVT

4.Tipe transmisi manual yang perpindahan giginya dilakukan dengan cara  

    menggeser gigi percepatannya untuk berhubungan dengan gigi counter adalah

    a. Transmisi tipe constant mesh

    b. Transmisi tipe synchronmesh

    c. Transmisi tipe sliding mesh

    d. Transmisi CVT

    e. Transmisi tipe fluid

5. Pada transmisi manual tipe 3 poros memiliki poros yang berjumlah 3 buah,

    poros tersebut yaitu ...

    a. Poros input, poros counter, poros output

    b. Poros input, poros mundur, poros counter

    c. Poros input, poros lawan, poros counter

    d. Poros input, poros mundur, poros output

    e. Poros counter, poros lawan, poros output

6. Perbandingan gigi atau gear ratio yang paling tinggi pada transmisi manual

    terdapat pada saat ...

    a. Transmisi pada kecepatan gigi 1

    b. Transmisi pada kecepatan gigi 2

    c. Transmisi pada kecepatan gigi 3

    d. Transmisi pada kecepatan gigi 4

    e. Transmisi pada kecepatan gigi 5

7. Perbandingan gigi atau gear ratio yang paling kecil pada transmisi manual

    terdapat pada saat ...

    a. Transmisi pada kecepatan gigi 1

    b. Transmisi pada kecepatan gigi 2

    c. Transmisi pada kecepatan gigi 3

    d. Transmisi pada kecepatan gigi 4

    e. Transmisi pada posisi mundur

  8. Pada kendaraan tipe FR letak transmisi berada diantara ...

     a. Kopling dan differential                                 d. Propeller shaft dan differential

     b. Kopling dan axle shaft                                  e. Engine dan kopling

     c. Kopling dan propeller shaft

 9. Komponen mekanisme Synchromesh yang berkaitan/berhubungan dengan garpu

     pemindah adalah …….

     a. lock spring                                                       d. clutch hub

     b. shifting key                                                      e. synchronizer ring

     c. clutch hub sleeve

10. Perbandingan gigi atau gear ratio dapat ditentutan dengan menggunakan  rumus ...

      a. Gigi yang diputar dibagi dengan gigi yang memutar

      b. Gigi yang memutar dibagi dengan gigi yang diputar

      c. Gigi kecepatan dibagi dengan gigi counter

      d. Gigi pada poros input dibagi dengan gigi pada poros output

      e. Gigi pada poros input dibagi dengan gigi pada poros counter

11. Ketika kendaraan membutuhkan momen yang paling besar maka gear ratio

      pada kendaraan harus  pada posisi ...

      a. Gear ratio paling kecil

      b. Gear ratio yang paling besar

      c. Gear ratio harus nilainya 1

      d. Gear ratio harus memiliki nilai di bawah 1

      e. gear ratio memiliki nilai 0

12. Perhatikan gambar di bawah ini :


      Gear ratio pada gambar di atas menunjukkan kendaraan pada saat ...

      a. Posisi kecepatan tinggi

      b. Posisi kecepatan rendah

      c. Posisi kendaraan maju

      d. Posisi kendaraan mundur

      e. Posisi kendaraan netral

13. Gear ratio pada gambar soal nomer 12 dapat dihitung dengan rumus

      a. GR = A/B x E/C x D/E

      b. GR = A/B x C/E x D/E

      c. GR = B/A x E/C x D/E

      d. GR = A/B x C/E x E/D

      e. GR = B/a x E/C x E/D

14. Komponen pada poros propeller yang berfungsi untuk mengantisipasi perubahan

      sudut yang bervariasi adalah ….

      a. sleeve yoke                                         d. spider

      b. universal joint                                     e. balance weight

      c. drive shaft 

15. Komponen pada poros propeller yang berfungsi sebagai penyeimbang agar

      perpindahan tenaga berlangsung dengan lembut adalah …..

      a. sleeve yoke                                          d. spider

      b. universal joint                                     e. balance weight

      c. drive shaft

 16. Perhatikan gambar di bawah ini :

 


      Pada gambar di atas, komponen yang ditunjukkan oleh huruf A adalah ...

      a. Shifting key                                                    d. Hub sleeve

      b. Spring key                                                       e. Synchronizer ring

      c. Clutch hub

17. Pada gambar soal no. 16, komponen yang ditunjukkan oleh huruf D adalah ...

      a. Shifting key                                                    d. Hub sleeve

      b. Spring key                                                       e. Synchronizer ring

      c. Clutch hub

18. Komponen kopling hidrolik yang berfungsi untuk mengubah gerak mekanis pedal

      kopling menjadi tekanan fluida hidrolik adalah ……

      a. silinder hidrolik                                              d. booster kopling

      b. pipa hidrolik                                                    e. pegas pengembali kopling

      c. master silinder

19. Sebuah kendaraan dengan penggerak roda belakang (FR). Salah satu fungsi

     gardan saat kendaraan membelok adalah …..

     a. menambah kecepatan putar roda secara bertahap

     b. mengurangi hambatan saat proses penyaluran tenaga mesin

     c. menjaga kecepatan putar roda sisi dalam dan luar

     d. mengurangi penyaluran tenaga pada dua roda belakang

     e. membedakan kecepatan putar roda sisi dalam dan luar

20. Perhatikan gambar di bawah ini :



       Pemeriksaan salah satu komponen transmisi manual yang ditunjukkan oleh 

      gambar diatas adalah .......

      a. memeriksa ketebalan ring luncuran dalam

      b. memeriksa ketebalan flens luncuran dalam

      c. memeriksa celah ring luncuran dalam

      d. memeriksa panjang poros output

      e. memeriksa jangka sorong yang macet

21. Komponen kopling mekanis yang berfungsi memindahkan gerakan injakan kaki

      pengemudi pedal kopling ke garpu pembebas kopling adalah …..

      a. silinder pembebas kopling                           d. kabel kopling

      b. pedal kopling                                                  e. master silinder kopling

      c. bantalan pembebas kopling

22. Berikut ini yang tidak termasuk syarat – syarat yang harus dipenuhi kopling

      sebagai komponen pemindah tenaga pada kendaraan ringan adalah …..

      a. tahan panas dan kuat

      b. dapat meneruskan putaran mesin dengan lembut

      c. dapat memetuskan hubungan dengan sempurna dan cepat

      d. mempunyai daya tahan gesek yang tinggi

      e. dapat memindahkan tenaga ke transmisi dengan selip

23. Pada kendaraan tipe FR, poros output transmisi berhubungan dengan ...

      a. Differential                                          d. Poros axle

      b. Gardan                                                e. Kopling

      c. Poros propeller

 24. Berikut ini yang tidak termasuk pelumas yang sering digunakan untuk melumasi

      komponen gardan adalah ….

      a. SAE 20W-50 SL                                 d. SAE 80 GL-5

      b. SAE 80-90 GL-5                                 e. SAE 90 GL-5

      c. SAE 75-90 GL-5

25. Dibawah ini yang bukan menjadi penyebab kopling SELIP adalah ……

      a. kampas kopling tipis / habis

      b. terdapat oli/pelumas di permukaan kampas kopling

      c. tidak ada jarak bebas pedal kopling

      d. garpu pembebas patas

      e. pegas kopling lemah

26. Perhatikan gambar di bawah ini :

 

 

    Gambar di atas menunjukkan pemeriksaan ...

     a. Pemeriksaan kondisi dog teetch

     b. Pemeriksaan kondisi konis

     c. Pemeriksaan celah synchronizer ring dengan konis (Roda gigi percepatan)

     d. Pemeriksaan celah dog teetch

     e. Pemeriksaan celah clutch hub dengan konis

27. Perhatikan gambar di bawah ini :

 


 

     Pada gambar di atas menunjukkan pemeriksaan ...

     a. Pengereman synchronizer ring

     b. Keausan dog teetch

     c. Kondisi gear / roda gigi percepatan

     d. Kondisi clutch hub

     e. Keausan shifting key

28. Pengukuran jarak bebas / kekocakan antara drive pinion gear dan ring gear

     dengan menggunakan dial indicator disebut …..

     a. backlash                                               d. postload

     b. preload                                                 e. reload

     c. sidelash

29. Oli pelumas yang digunakan pada transmisi manual pada umumnya memiliki nilai

      SAE ...

      a. 10                        b. 20                  c. 30                d. 40                      e. 90

30. Jika oli pelumas yang digunakan untuk melumasi bagian transmisi terlalu encer

      maka akibatnya adalah ...

      a. Transmisi menjadi ringan                            d. Pendinginan maksimal

      b. Gigi transmisi dapat rusak                           e. Perpindahan gigi transmisi mudah

      c. Suara yang ditimbulkan menjadi halus

31. Ketebalan kanvas kopling terhadap paku keling atau kedalaman kepala paku

      keling minimum adalah ....

      a. 0,5 mm b. 0,4 mm       c. 0,3 mm       d. 0,2 mm       e. 0,1 mm

32. Ketika penyetelan ketinggian pedal kopling mekanis terhadap lantai adalah .....

      a. 100 – 150 mm             c. 148 – 158 mm       e. 168 – 172 mm

      b. 150 – 200 mm             d. 158 – 168 mm

 33. Komponen kopling yang berfungsi untuk mendorong release bearing (bantalan

      pembebas) adalah ....

      a. release fork (garpu pembebas)                   d. Pedal kopling

      b. Pressure plate (pelat tekan)             e. Pegas kopling

      c. Perodo kopling (Clutch Disc)

34. Bagian pelat kopling yang berhubungan langsung dengan poros transmisi adalah

      a. Naf pelat kopling       c. Kanvas kopling                e. Paku keling

      b. Peredam torsi d. Perodo kopling

35. Gambar berikut ini adalah salah satu pemeriksaan komponen kopling yang

      berupa ....   

 


       a. Kedalaman paku keling/ketebalan kanvas                d. keausan pegas diafragma        

      b. Diameter luar paku keling                                         e. Keausan paku keling

      c. Jarak paku keling

36. Berikut ini adalah fungsi gardan atau deferential, kecuali ....

      a. Mengatur perbedaan putaran roda kanan dan kiri

      b. Mengatur perbedaan putaran roda depan dan roda belakang

      c. Memperbesar rasio gigi

      d. Mengubah gerak putar  poros propeller menjadi gerak putar roda

      e. Meneruskan putaran ke roda

37. Berikut ini adalah komponen – komponen utama sebuah unit diferential, kecuali

      a. Roda gigi pinion (Drive Pinion gear)                     d. Satellite and side gear

      b. Roda gigi cincin (Ring gear)                                   e. Poros roda

      c. Rumah gardan (Differential Case)

38. Kendaraan dengan letak mesin di depan, gardan di belakang disebut ...

      a. Rear Wheel Drive (RWD)                 d. 4 – WD

      b. Front Wheel Drive (FWD)                e. Front Engine – Rear Drive (FR)

      c. Nge – Wheel

39. Komponen yang ditunjukkan oleh nomer  1 adalah ......

 


             a. Side gear        b. Ring gear    c. Satellite gear       d. Pinion gear   e. Se Gear

40. Pemeriksaan unit gardan seperti yang ditunjukkan oleh gambar berikut adalah ..

     



       a. Berat unit gardan                                          d. Keausan bearing drive pinion

       b. Kelonggaran poros roda                               e. Kekocakan bearing drive pinion     

       c. Run Out / keolengan ring gear  

 

Author Box

Assalamu’alaikum wr. Wb. Salam sejahtera untuk anda semua. Selamat bergabung dengan blog Otomediashare, blog yang menghimpun dan membagi berita, informasi terkini, dan pengetahuan seputar dunia otomotif. Mari maju bersama Otomediashare. Wassalam. , Follow us on: Facebook & Twitter

  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...

0 komentar:

Posting Komentar