Featured

Recent Posts

Kamis, 28 September 2017

RPP PEKERJAAN DASAR TEKNIK OTOMOTIF



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan                : SMK  Ma’arif NU 04 Darurrohmah Sukadana
Kompetensi Keahlian           : Teknik Otomotif
Mata Pelajaran                      : Pekerjaan Dasar  Otomotif
Kelas / Semester                    : X/1
Tahun Pelajaran                   : 2022 - 2023
Alokasi Waktu                       : 12 jam pelajaran @ 45 Menit

A. Kompetensi Inti
KOMPETENSI INTI 3
(PENGETAHUAN)
KOMPETENSI INTI 4
(KETERAMPILAN)
3.    Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Pekerjaan Dasar Otomotif pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
4.   Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Pekerjaan Dasar  Otomotif. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.


      B. Kompetensi Dasar

Pengetahuan
3.1.   3.1  Mengklasifikasi  jenis-jenis handtools  sesuai fungsinya
Keterampilan
4.1.   4.1 Menggunakan  dan merawat macam-macam handtools sesuai
       dengan SOP

    C. Indikator Percapaian Kompetensi

Pengetahuan
1. Menyebutkan klasifikasi handtools
2. Menyebutkan nama dan fungsi handtools bengkel otomotif dan
    kerja bangku
Keterampilan
1. Memperagakan cara penggunaan handtools dengan benar
2. Merawat handtools dengan benar

      D. Tujuan Pembelajaran
           1.  Setelah disediakan alat dan bahan  siswa dapat mempraktekkan   menggunakan handtools
                 sesuai fungsinya dengan benar
      E. Materi Pembelajaran
        1. Pengenalan cara menggunakan handtools
           2. Praktek menggunakan handtools dengan bongkar pasang unit engine
           3. Praktek   merawat  handtools


      F. Model dan Metode Pembelajaran
     1. Pendekatan                    :  
         Pembelajaran Saintifik (5M) : Mengkomunikasikan.(Memformulasi hipotesis)
                 2. Model  Pembelajaran     :  Discovery Learning (Pembuktian)
     3. Metode Pembelajaran    :  Demonstrasi dan praktek


     G. Kegiatan Pembelajaran
          Pertemuan ke 2 dan 3  ( Alokasi Waktu : 12 x 45 menit)

KEGIATAN
DESKRIPSI KEGIATAN
ALOKASI WAKTU
Pendahuluan
·         Mengucap salam, menanyakan kabar siswa, berdoa dan mendoakan siswa/orang tua siswa yang sakit (jika ada).
·         Memeriksa kehadiran siswa sebagai sikap disiplin.
·         Mempersiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran tentang hand tools.
·         Mengajukan pertanyaan mengenai alat-alat tangan  yang dipelajari pada materi sebelumnya
·         Memberikan gambaran tentang manfaat ketrampilan menggunakan  alat-alat tangan.
·         Menyampaikan informasi cakupan materi pembelajaran yang akan dilaksanakan
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran dan rancangan penilaian.
·         Pembagian kelompok praktek dan persiapan
45 menit
Inti
·         Guru menyediakan alat dan bahan praktek
·         Guru memberikan penjelasan dengan mendemontrasikan cara penggunaan handtools
·         Guru menyampaikan urutan kerja sebagaimana yang tertera pada jobsheet
·         Siswa mulai melaksanakan praktek
·         Guru memberikan penilaian kerja
180 menit
Penutup
·         Membereskan alat, merawat dan menjaga kebersihan alat dan tempat praktek
·         Guru memberikan evaluasi dan masukan
45 menit




H. Media, Alat, dan Sumber Belajar
     1. Spidol white board, papan tulis.
      2. 1 unit mesin, kunci ring set, kunci sok, kunci T, obeng, palu
      3. Kain lap, nampan
 I.  Penilaian Aspek Pengetahuan, Ketrampilan dan Sikap
      1. Penilaian Keterampilan :  Penilaian kinerja



                                                                                    Sukadana, 31 Juli 2022

Kepala SMK Darurrohmah                                         Guru Mata Pelajaran





Hi. Oman Rohman, M.Pd,I                                        Widya Agung Herlambang, ST

Author Box

Assalamu’alaikum wr. Wb. Salam sejahtera untuk anda semua. Selamat bergabung dengan blog Otomediashare, blog yang menghimpun dan membagi berita, informasi terkini, dan pengetahuan seputar dunia otomotif. Mari maju bersama Otomediashare. Wassalam. , Follow us on: Facebook & Twitter

  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...

0 komentar:

Posting Komentar