Featured

Recent Posts

Minggu, 16 Oktober 2022


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 Satuan Pendidikan                : SMK  Ma’arif NU 04 Darurrohmah Sukadana

Kompetensi Keahlian           : Teknik Kendaraan Ringan Otomotif

Mata Pelajaran                      : Pekerjaan Dasar  Otomotif

Kelas / Semester                    : X/1

Tahun Pelajaran                   : 2022 - 2023

Alokasi Waktu                       : 4 jam pelajaran @ 45 Menit

 A. Kompetensi Inti

KOMPETENSI INTI 3

(PENGETAHUAN)

KOMPETENSI INTI 4

(KETERAMPILAN)

3.    Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Pekerjaan Dasar Otomotif pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.

4.   Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Pekerjaan Dasar  Otomotif. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.

Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

 

 

      B. Kompetensi Dasar

 

Pengetahuan

3.1.   3.1  Mengklasifikasi  jenis-jenis hand tools sesuai fungsinya

Keterampilan

4.1.   4.1 Menggunakan  dan merawat macam-macam hand tools

 

    C. Indikator Percapaian Kompetensi

 

Pengetahuan

1. Menyebutkan     klasifikasi     handtools

2. Menyebutkan  nama & fungsi  handtools bengkel

    otomotif dan handtools kerja bangku

Keterampilan

1. Memperagakan    cara penggunaan handtools   dengan benar

2. Merawat   handtool dengan    benar

 

      D. Tujuan Pembelajaran

           1. Melalui tayangan,  menggali informasi dari referensi dan diskusi

                siswa dapat menyebutkan klasifikasi jenis – jenis handtools sesuai   dengan literatur dengan

                 teliti, santun, bekerja sama dan   menghargai pendapat orang lain

             2. Melalui tayangan,  menggali informasi dari referensi dan diskusi  siswa dapat menyebutkan 

                 jenis – jenis handtools  bengkel otomotif  & handtools kerja bangku sesuai dengan literatur

                dengan teliti,  santun, bekerja sama dan menghargai pendapat orang lain

           3.  Setelah disediakan alat dan bahan  siswa dapat mempraktekkan  menggunakan dan merawat

                handtools  sesuai fungsinya dengan benar

       E. Materi Pembelajaran

             1. Pengertian,  klasifikasi  dan   fungsi handtools

                 2. Handtools  bengkel  otomotif

                 3. Handtools  kerja   bangku

       F. Model dan Metode Pembelajaran

     1. Pendekatan                    :

         Pembelajaran Saintifik (5M) Mengamati, Menanya, Mengumpulkan informasi,

         Menalar, dan  Mengkomunikasikan.(Memformulasi hipotesis)

                 2. Model  Pembelajaran     :  Discovery Learning

     3. Metode Pembelajaran    :  

          Diskusi(kelompok),Tanya jawab, ceramah, penugasan, demonstrasi dan praktek

     G. Kegiatan Pembelajaran

          Pertemuan Pertama  ( Alokasi Waktu : 4 x 45 menit)

 

KEGIATAN

DESKRIPSI KEGIATAN

ALOKASI WAKTU

Pendahuluan

·         Mengucap salam, menanyakan kabar siswa, berdoa dan mendoakan siswa/orang tua siswa yang sakit (jika ada).

·         Memeriksa kehadiran siswa sebagai sikap disiplin.

·         Mempersiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran tentang hand tools.

·         Mengajukan pertanyaan mengenai alat-alat tangan  yang banyak ditemui oleh siswa.

·         Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari materi alat-alat tangan.

·         Menyampaikan informasi cakupan materi pembelajaran yang akan dilaksanakan

·         Menyampaikan tujuan pembelajaran dan rancangan penilaian.

·         Pembagian kelompok belajar.

45 menit

Inti

·         Guru menayangkan materi tentang pengertian, klasifikasi dan fungsi handtools dengan menggali informasi dari referensi.

·         Guru membimbing siswa untuk berdiskusi sesuai dengan kelompok masing – masing

·         Guru memberikan pertanyaan – pertanyaan tentang pengertian,  klasifikasi dan fungsi handtools untuk di diskusikan

·         Guru kembali menayangkan materi handtools bengkel otomotif dan handtools kerja bangku

·         Guru kembali membimbing siswa untuk berdiskusi mengidentifikasi handtools

·         Guru membimbing siswa untuk membuat kesimpulan tentang klasifikasi handtools dan fungsinya.

180 menit

Penutup

Guru memberikan soal uraian untuk di kerjakan :

1. Sebutkan nama dan fungsi handtools bengkel otomotif !

2. Sebutkan nama dan fungsi handtools kerja bangku !

45 menit

 

            H. Media, Alat, dan Sumber Belajar

     1. Spidol white board, papan tulis.

      2. Laptop dan LCD.

      3. Buku Pekerjaan Teknik Dasar Otomotif, kelas X semester 1, Kementerian

          Pendidikan dan kebudayaan RI, 2013

I.  Penilaian Aspek Pengetahuan, Ketrampilan dan Sikap

     1. Penilaian sikap               : Teknik Non Tes Bentuk Pengamatan Sikap dalam

                                                   pembelajaran.

     2. Penilaian pengetahuan   : Tes Tertulis Uraian

     3. Penilaian Keterampilan  : -

 

 

 

                                                                                    Sukadana, 24 Juli 2022

 

Kepala SMK Darurrohmah                                         Guru Mata Pelajaran

 

 

 

 

 

Hi. Oman Rohman, M.Pd,I                                        Widya Agung Herlambang, ST

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

LEMBAR PENGAMATAN PENILAIAN SIKAP

 

Satuan Pendidikan    : SMK Ma’arif NU 04 Darurrohmah Sukadana

Kelas/Semester          : X/1

Mata Pelajaran          : Pekerjaan Dasar  Otomotif

Materi Pokok             : Alat-alat tangan (Hand Tools)

Waktu Pengamatan  :

Indikator sikap aktif dalam pembelajaran pendidikan dasar teknik otomotif:

  1. Kurang baik   : jika menunjukan sama sekali tidak ambil bagian dalam pembelajaran.
  2. Baik                : jika menunjukan sudah ada usaha ambil bagian dalam pembelajaran

                          tetapi belum konsisten

  1. Sangat baik     : jika menunjukan sudah ambil bagian dalam menyelesaikan tugas

                                     kelompok . Terus menerus dan sudah konsisten

Indikator sikap bekerjasama dalam kegiatan kelompok :

  1. Kurang baik   : jika sama sekali tidak berusaha untuk bekerjasama dalam kegiatan

                          kelompok.

  1. Baik                : jika menunjukan sudah ada usaha untuk bekerjasama dalam kegiatan

                          kelompok tetapi belum konsisten.

  1. Sangat baik     : jika menunjukan adanya usaha bekerjasama dalam kegiatan

                          kelompok secara terus-menerus dan konsisten.

 

Indikator sikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif :

 

  1. Kurang baik    : jika sama sekali tidak bersikap toleran terhadap proses pemecahan

masalah yang berbeda dan kreatif.

  1. Baik                 : jika menunjukan sudah ada usaha untuk bersikap toleran terhadap

proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif tetapi masih

belum  ajeg/ konsisten.

  1. Sangat baik     : jika menunjukan sudah ada usaha untuk bersikap toleran terhadap

proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif secara terus

menerus dan ajeg/konsisten.

 

Bubuhkan tanda √ pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan.

 

 

 

 

 

KELAS X Teknik Kendaraan Ringan

 

No

Nama Siswa

Sikap

Aktif

Kerja sama

Toleran

KB

B

SB

KB

B

SB

KB

B

SB

1

2

3

4

5

6

7

8

9

10

11

12

13

14

15

16

17

18

19

20

21

22

23

 

 

 

INSTRUMENT PENILAIAN SIKAP BENTUK PENILAIAN DIRI

 

 

 

Satuan Pendidikan    : SMK Ma’arif NU 04 Darurrohmah Sukadana

Kelas/ Semester         : X/1

Mata Pelajaran          : Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif

Materi Pokok             : Alat-alat Tangan ( Hand Tools)

 

Nama :

 

Kelas   :

 

Petunjuk :

 

  1. Bacalah instrument ini dengan cermat !
  2. Pilihlah salah satu  jawaban dari pernyataan di bawah ini dengan sikap jujur dan sesuai dengan kejadian yang sebenarnya , bukan menurut yang seharusnya.
  3. Beri tanda √ pada kolom yang sesuai.

 

 

Rubrik Penilaian Sikap

 

TP = Tidak Pernah               :           Jika presentase terjadinya :   0%

 

JR = Jarang                           :           Jika persentase terjadinya :   0% < X ≤ 60 %

 

SR = Sering                            :           Jika persentase terjadinya : 60% < X ≤ 75 %

 

SS = Sangat Sering                :           Jika persentase terjadinya : 75% < X ≤ 99 %

 

SL = Selalu                             :           Jika persentase terjadinya : 100%

 

No

PERNYATAAN

TP

JR

SR

SS

SL

1

2

3

4

5

1

Jika hari itu ada jadwal pelajaran PDTO , saya berharap guru PDTO tidak berhalangan hadir ke sekolah.

2.

Saya merasa rugi, jika tidak hadir ke sekolah saat ada jadwal PDTO.

3.

Saya tetap mengerjakan Pekerjaan Rumah PDTO yang ditugaskan guru, meskipun saya berhalangan hadir ke sekolah.

4.

Saya membaca / mempelajari terlebih dulu, materi pelajaran sebelum pelaksanaan pembelajaran PDTO.

5.

Saya memperhatikan dengan sungguh-sungguh penjelasan guru PDTO, pada saat belajar di kelas.

6.

Saya menanyakan kepada guru tentang materi PDTO yang belum saya pahami.

7.

Saya mendengarkan semua informasi yang berkaitan dengan materi pelajaran PDTO yang sedang belajar.

8.

Saya bersungguh-sungguh menyelesaikan soal/tugas individu dalam pelajaran PDTO.

9.

Saya tidak mencontek saat ulangan PDTO.

10.

Saya bekerja sama dalam kelompok untuk menyelesaikan masalah dalam pelajaran PDTO.

11.

Saya berusaha menyelesaikan dengan baik, tugas kelompok yang merupakan tanggung jawab saya

12.

Saya berpartisipasi dalam kegiatan kelompok pada pelajaran PDTO.

13.

Saya berusaha menyelesaikan masalah / soal dalam pelajaran PDTO dengan baik/maksimal.

14.

Saya memberikan kontribusi yang berarti dalam keberhasilan kelompok saya dalam pelajaran PDTO.

15.

Saya bersemangat menyelesaikan tugas kelompok dalam pelajaran PDTO.

16.

Saya berusaha memperoleh informasi dari berbagai sumber untuk menyelesaikan masalah dalam pelajaran PDTO.

17.

Saya berusaha melengkapi alat-alat yang dibutuhkan dalam pelajaran PDTO.

18.

Saya membeli atau meminjam di perpustakaan buku penunjang yang dibutuhkan dalam pelajaran PDTO.

19.

Saya memperoleh manfaat dari kegiatan kelompok pada pelajaran PDTO.

20.

Saya berusaha menyelesaikan dan menyerahkan tugas/PR PDTO di awal waktu.

 

 

 

 

 

 

 

INSTRUMEN PENILAIAN PENGETAHUAN

 

TES TERTULIS BENTUK URAIAN/ESSAY

 

No

Indikator soal diambil mengacu  pada tujuan pembelajaran

Bentuk Soal

Skor Maks

1.     

1. Menyebutkan alat-alat tangan

    (hand tools) bengkel otomotif

     dan fungsinya

Uraian bebas

50

2.     

2. Menyebutkan handtools kerja

     bangku dan fungsinya

Uraian bebas

50

JUMLAH SKOR MAKSIMAL

100

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DAFTAR NILAI KOMPETENSI DASAR

Kompetensi Dasar : .........................................................

No

Nama Siswa

Nilai  

Sikap

Pengetahuan

Ketrampilan

1

2

3

1

2

3

1

2

3

1

2

3

4

5

6

7

8

9

10

11

12

13

14

15

16

17

18

19

20

21

22

23

 

 

Nama  :

 

Kelas   :

 

NO

BUTIR SOAL

URAIAN JAWABAN

SKOR

MAKS

1

Artikan nama kunci di bawah ini ke dalam bahasa Inggris!

a.       Kunci Pas

b.      Pas – Ring

c.       Kunci Ring

d.      Kunci Nipel

 

 

 

a.       (Open End Spanner)

b.      (Combinatin Spanner)

c.       (Offset Ring Spanner)

d.      (Flare Nut Spanner)

40

2

Jelaskan kelebihan kunci pas-ring dibandingkan kunci pas!

Kunci pas-ring cukup praktis, karena bagian ring, dapat untuk mengencangkan/ mengendorkan sedangkan bagian pasnya bisa untuk melepas dengan cepat.

30

3

Jelaskan mengapa kunci pas tidak boleh digunakan untuk mengencangkan atau melepas baut yang masih kencang!

Kunci pas tidak boleh untuk mengencangkan atau mengendorkan baut yang belum kendor, karena dapat merusak kepala baut/mur, mengingat bidang sentuhnya hanya sedikit.

30

SKOR NILAI

100

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Satuan Pendidikan                : SMK  Ma’arif NU 04 Darurrohmah Sukadana

Kompetensi Keahlian           : Teknik Otomotif

Mata Pelajaran                      : Pekerjaan Dasar  Otomotif

Kelas / Semester                    : X/1

Tahun Pelajaran                   : 2021 - 2022

Alokasi Waktu                       : 12 jam pelajaran @ 45 Menit

 

A. Kompetensi Inti

KOMPETENSI INTI 3

(PENGETAHUAN)

KOMPETENSI INTI 4

(KETERAMPILAN)

5.    Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Pekerjaan Dasar Otomotif pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.

6.   Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Pekerjaan Dasar  Otomotif. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.

Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

 

 

      B. Kompetensi Dasar

 

Pengetahuan

3.1.   3.1  Mengklasifikasi  jenis-jenis handtools  sesuai fungsinya

Keterampilan

4.1.   4.1 Menggunakan  dan merawat macam-macam handtools sesuai

      dengan SOP

 

    C. Indikator Percapaian Kompetensi

 

Pengetahuan

1. Menyebutkan klasifikasi handtools

2. Menyebutkan nama dan fungsi handtools bengkel otomotif dan

    kerja bangku

Keterampilan

1. Memperagakan cara penggunaan handtools dengan benar

2. Merawat handtools dengan benar

 

      D. Tujuan Pembelajaran

           1.  Setelah disediakan alat dan bahan  siswa dapat mempraktekkan   menggunakan handtools

                 sesuai fungsinya dengan benar

      E. Materi Pembelajaran

        1. Pengenalan cara menggunakan handtools

           2. Praktek menggunakan handtools dengan bongkar pasang unit engine

           3. Praktek   merawat  handtools

 

      F. Model dan Metode Pembelajaran

     1. Pendekatan                    :  

         Pembelajaran Saintifik (5M) : Mengkomunikasikan.(Memformulasi hipotesis)

                 2. Model  Pembelajaran     :  Discovery Learning (Pembuktian)

     3. Metode Pembelajaran    :  Demonstrasi dan praktek

 

 

     G. Kegiatan Pembelajaran

          Pertemuan ke 2 dan 3  ( Alokasi Waktu : 12 x 45 menit)

 

KEGIATAN

DESKRIPSI KEGIATAN

ALOKASI WAKTU

Pendahuluan

·         Mengucap salam, menanyakan kabar siswa, berdoa dan mendoakan siswa/orang tua siswa yang sakit (jika ada).

·         Memeriksa kehadiran siswa sebagai sikap disiplin.

·         Mempersiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran tentang hand tools.

·         Mengajukan pertanyaan mengenai alat-alat tangan  yang dipelajari pada materi sebelumnya

·         Memberikan gambaran tentang manfaat ketrampilan menggunakan  alat-alat tangan.

·         Menyampaikan informasi cakupan materi pembelajaran yang akan dilaksanakan

·         Menyampaikan tujuan pembelajaran dan rancangan penilaian.

·         Pembagian kelompok praktek dan persiapan

45 menit

Inti

·         Guru menyediakan alat dan bahan praktek

·         Guru memberikan penjelasan dengan mendemontrasikan cara penggunaan handtools

·         Guru menyampaikan urutan kerja sebagaimana yang tertera pada jobsheet

·         Siswa mulai melaksanakan praktek

·         Guru memberikan penilaian kerja

180 menit

Penutup

·         Membereskan alat, merawat dan menjaga kebersihan alat dan tempat praktek

·         Guru memberikan evaluasi dan masukan

45 menit

 

 

 

 

H. Media, Alat, dan Sumber Belajar

     1. Spidol white board, papan tulis.

      2. 1 unit mesin, kunci ring set, kunci sok, kunci T, obeng, palu

      3. Kain lap, nampan

 I.  Penilaian Aspek Pengetahuan, Ketrampilan dan Sikap

      1. Penilaian Keterampilan :  Penilaian kinerja

 

 

 

                                                                                    Sukadana, 31 Juli 2021

 

Kepala SMK Darurrohmah                                         Guru Mata Pelajaran

 

 

 

 

 

Hi. Oman Rohman, M.Pd,I                                        Widya Agung Herlambang, ST

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Satuan Pendidikan                : SMK  Ma’arif NU 04 Darurrohmah Sukadana

Kompetensi Keahlian           : Teknik Otomotif

Mata Pelajaran                      : Pekerjaan Dasar  Otomotif

Kelas / Semester                    : X/1

Tahun Pelajaran                   : 2021 - 2022

Alokasi Waktu                       : 4 jam pelajaran @ 45 Menit

 

A. Kompetensi Inti

 

KOMPETENSI INTI 3

(PENGETAHUAN)

KOMPETENSI INTI 4

(KETERAMPILAN)

7.      Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Pekerjaan Dasar Otomotif pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.

8.      Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Pekerjaan Dasar  Otomotif. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.

Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

 

 

 

 

 

 

 

      B. Kompetensi Dasar

 

Pengetahuan

3.2 Mengklasifikasi  Jenis-jenis power tools sesuai

      dengan fungsinya

Keterampilan

4.2 Menggunakan & merawat macam-macam power

      tools sesuai dengan SOP.

 

    C. Indikator Percapaian Kompetensi

 

Pengetahuan

1. Memahami klasifikasi dan fungsi powertools

2. Menerapkan powertools pada bengkel otomotif dan kerja bangku

Keterampilan

1. Menggunakan  powertools dengan  benar

2. Merawat power tools dengan benar

 

      D. Tujuan Pembelajaran

           1. Melalui tayangan,  menggali informasi  referensi & diskusi siswa dapat 

                   menyebutkan klasifikasi jenis – jenis powertools sesuai dengan referensi dengan

                   teliti, santun, bekerja sama dan menghargai pendapat orang lain

              2. Setelah disediakan alat dan ditunjukkan contoh penggunaan power tools siswa

                  dapat menerapkan pada bengkel otomotif dan kerja bangku

              3.Setelah disediakan alat siswa dapat menggunakan power tools dan membiasakan

                  pada bengkel otomotif dan kerja bangku

 

      E. Materi Pembelajaran

           1. Pengertian,  klasifikasi,  dan fungsi powertools

          2. Powertools bengkel  otomotif

          3. Powertools kerja bangku

          4. Pengenalan cara menggunakan power tools

 

      F. Model dan Metode Pembelajaran

1. Pendekatan             :

         Pembelajaran Saintifik (5M) Mengamati, Menanya, Mengumpulkan informasi,

         Menalar, dan  Mengkomunikasikan.(Memformulasi hipotesis)

             2. Model  Pembelajaran         :  Discovery Learning

 3. Metode Pembelajaran        :  Diskusi (kelompok),Tanya jawab, ceramah,  

                                                   penugasan, demonstrasi

 

 

 

 

 

 

 

 

     G. Kegiatan Pembelajaran

          Pertemuan Pertama  ( Alokasi Waktu : 6 x 45 menit)

 

KEGIATAN

DESKRIPSI KEGIATAN

ALOKASI WAKTU

Pendahuluan

·         Mengucap salam, menanyakan kabar siswa, berdoa dan mendoakan siswa/orang tua siswa yang sakit (jika ada).

·         Memeriksa kehadiran siswa sebagai tanda sikap disiplin.

·         Mempersiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran tentang power tools.

·         Mengajukan pertanyaan mengenai powertools  yang sudah biasa ditemui oleh siswa.

·         Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari materi powertools.

·         Menyampaikan informasi cakupan materi pembelajaran yang akan dilaksanakan

·         Menyampaikan tujuan pembelajaran dan rancangan penilaian.

·         Pembagian kelompok belajar seperti  sebelumnya

45 menit

Inti

·         Guru menayangkan materi tentang pengertian, klasifikasi dan fungsi powerdtools dengan menggali informasi dari referensi (buku, internet)

·         Guru membimbing siswa untuk berdiskusi sesuai dengan kelompok masing – masing

·         Guru memberikan pertanyaan – pertanyaan tentang pengertian,  klasifikasi dan fungsi powertools untuk di diskusikan

·         Guru kembali menayangkan materi powertools yang dipakai pada bengkel otomotif dan powertools pada kerja bangku

·         Guru kembali membimbing siswa untuk berdiskusi mengidentifikasi powertools

·         Guru membimbing siswa untuk membuat kesimpulan tentang klasifikasi powertools dan fungsinya.

180 menit

Penutup

Guru memberikan soal uraian untuk di kerjakan :

1. Sebutkan nama dan fungsi powertools bengkel otomotif !

2. Sebutkan nama dan fungsi powertools kerja bangku !

45 menit

 

 

H. Media, Alat, dan Sumber Belajar

     1. Spidol white board, papan tulis.

      2. Laptop dan LCD.

      3. Buku Pekerjaan Teknik Dasar Otomotif, kelas X semester 1, Kementerian

          Pendidikan dan kebudayaan RI, 2013

I.  Penilaian Aspek Pengetahuan, Ketrampilan dan Sikap

     1. Penilaian sikap               : Teknik Non Tes Bentuk Pengamatan Sikap dalam

                                                   pembelajaran.

     2. Penilaian pengetahuan   : Tes Tertulis Uraian

     3. Penilaian Keterampilan  : -

 

 

 

                                                                                    Sukadana, 2 Agustus  2021

 

Kepala SMK Darurrohmah                                         Guru Mata Pelajaran

 

 

 

 

 

Hi. Oman Rohman, M.Pd,I                                        Widya Agung Herlambang, ST

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Satuan Pendidikan                : SMK  Ma’arif NU 04 Darurrohmah Sukadana

Kompetensi Keahlian           : Teknik Otomotif

Mata Pelajaran                      : Pekerjaan Dasar  Otomotif

Kelas / Semester                    : X/1

Tahun Pelajaran                   : 2021 - 2022

Alokasi Waktu                       : 4 jam pelajaran @ 45 Menit

 

A. Kompetensi Inti

KOMPETENSI INTI 3

(PENGETAHUAN)

KOMPETENSI INTI 4

(KETERAMPILAN)

9.      Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Pekerjaan Dasar Otomotif pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.

10.  Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Pekerjaan Dasar  Otomotif. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.

Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

 

 

 

 

 

     B. Kompetensi Dasar

 

Pengetahuan

3.1. Mengklasifikasi  jenis-jenis powertools sesuai fungsinya

Keterampilan

4.1.   4.1 Menggunakan  dan merawat macam-macam powertools

 

    C. Indikator Percapaian Kompetensi

 

Pengetahuan

1. Memahami klasifikasi dan fungsi powertools

2. Menerapkan powertools pada bengkel otomotif dan kerja bangku

Keterampilan

1. Menggunakan  powertools dengan  benar

2. Merawat power tools dengan benar

 

      D. Tujuan Pembelajaran

1.  Setelah disediakan alat (Bor listrik, gerinda dan mesin Las Listrik) dan bahan

     siswa dapat mempraktekkan  menggunakan powertools dan membiasakan pada

     bengkel  otomotif dan kerja bangku.

      E. Materi Pembelajaran

                 1. Praktek menggunakan powertools pada kerja bangku

                 2. Praktek   merawat  powertools

 

      F. Model dan Metode Pembelajaran

     1. Pendekatan                    :

         Pembelajaran Saintifik (5M)   Mengkomunikasikan.(Memformulasi hipotesis)

                 2. Model  Pembelajaran     :  Discovery Learning

     3. Metode Pembelajaran    :  Demonstrasi dan praktek

 

     G. Kegiatan Pembelajaran

          Pertemuan ke-2 dan 3  ( Alokasi Waktu : 12 x 45 menit)

 

KEGIATAN

DESKRIPSI KEGIATAN

ALOKASI WAKTU

Pendahuluan

·         Mengucap salam, menanyakan kabar siswa, berdoa dan mendoakan siswa/orang tua siswa yang sakit (jika ada).

·         Memeriksa kehadiran siswa sebagai sikap disiplin.

·         Mempersiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran praktek menggunakan powertools.

·         Mengajukan pertanyaan tentang powertools dari mater sebelumnya.

·         Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari materi powertools

·         Menyampaikan informasi cakupan materi pembelajaran yang akan dilaksanakan

·         Menyampaikan tujuan pembelajaran dan rancangan penilaian.

·         Pembagian kelompok belajar.

45 menit

Inti

·         Guru menyediakan alat dan bahan praktek

·         Siswa mempersiapkan diri dengan baju praktek

·         Guru memberikan pengarahan tentang prosedur praktek sebagaimana pada jobsheet

·         Siswa secara bergiliran karena keterbatasan alat, melaksanakan praktek menggunakan powertools

·         Guru memberikan penilaian kinerja

180 menit

Penutup

·         Membereskan alat dan bahan praktek serta membersihkan ruang bengkel

·         Guru memberikan pengarahan dan evaluasi terhadap pelaksanaan praktek

·         Nasehat, Doa dan salam

45 menit

 

 

H. Media, Alat, dan Sumber Belajar

     1. Spidol white board, papan tulis.

      2. Bor tangan, gerinda tangan listrik, mesin las.

      3. Buku Pekerjaan Teknik Dasar Otomotif, kelas X semester 1, Kementerian

          Pendidikan dan kebudayaan RI, 2013

I.  Penilaian Aspek Pengetahuan, Ketrampilan dan Sikap

     1. Penilaian sikap               : Teknik Non Tes Bentuk Pengamatan Sikap dalam

                                                   pembelajaran.

     2. Penilaian Keterampilan  :  Unjuk kerja praktek

 

 

 

                                                                                    Sukadana, 24 Juli 2021

 

Kepala SMK Darurrohmah                                         Guru Mata Pelajaran

 

 

 

 

 

Hi. Oman Rohman, M.Pd,I                                        Widya Agung Herlambang, ST


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Satuan Pendidikan                : SMK  Ma’arif NU 04 Darurrohmah Sukadana

Kompetensi Keahlian           : Teknik Otomotif

Mata Pelajaran                      : Pekerjaan Dasar  Otomotif

Kelas / Semester                    : X/1

Tahun Pelajaran                   : 2021 - 2022

Alokasi Waktu                       : 4 jam pelajaran @ 45 Menit

 

A. Kompetensi Inti

KOMPETENSI INTI 3

(PENGETAHUAN)

KOMPETENSI INTI 4

(KETERAMPILAN)

11.  Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Pekerjaan Dasar Otomotif pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.

12.  Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Pekerjaan Dasar  Otomotif. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.

Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

 

 

 

 

 

     B. Kompetensi Dasar

 

Pengetahuan

3.1.   3.1  Mengklasifikasi  jenis-jenis special service tools (SST)

Keterampilan

4.1.   4.1 Menggunakan   macam-macam special service tools

 

    C. Indikator Percapaian Kompetensi

 

Pengetahuan

1. Memahami jenis – jenis SST beserta  fungsinya

2. Menerapkan SST  pada bengkel otomotif

Keterampilan

1. Menggunakan SST pada bengkel otomotif

 

 

      D. Tujuan Pembelajaran

            1. Melalui tayangan,  menggali informasi  referensi & diskusi siswa dapat    

                    menyebutkan klasifikasi jenis – jenis special service tools sesuai dengan

                    referensi dengan teliti, santun, bekerja sama dan menghargai pendapat orang lain

               2. Setelah disediakan alat dan ditunjukkan contoh penggunaan SST siswa dapat

                   menerapkan pada bengkel otomotif

 

      E. Materi Pembelajaran     

          1. Pengertian SST

          2. Jenis – jenis SST dan fungsinya

          3. Pengenalan cara mengguna kan SST

 

      F. Model dan Metode Pembelajaran

     1. Pendekatan                    :

         Pembelajaran Saintifik (5M) Mengamati, Menanya, Mengumpulkan informasi,

         Menalar, dan  Mengkomunikasikan.(Memformulasi hipotesis)

                 2. Model  Pembelajaran     :  Discovery Learning

     3. Metode Pembelajaran    :  

          Diskusi(kelompok),Tanya jawab, ceramah, penugasan, demonstrasi dan praktek

 

 

 

 

     G. Kegiatan Pembelajaran

          Pertemuan Pertama  ( Alokasi Waktu : 6 x 45 menit)

 

KEGIATAN

DESKRIPSI KEGIATAN

ALOKASI WAKTU

Pendahuluan

·         Mengucap salam, menanyakan kabar siswa, berdoa dan mendoakan siswa/orang tua siswa yang sakit (jika ada).

·         Memeriksa kehadiran siswa sebagai sikap disiplin.

·         Mempersiapkan fisik dan psikis (motivasi) peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran tentang Special Service Tools (SST).

·         Mengajukan pertanyaan mengenai SST  yang sudah diketahui  oleh siswa.

·         Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari materi SST.

·         Menyampaikan informasi cakupan materi pembelajaran yang akan dilaksanakan

·         Menyampaikan tujuan pembelajaran dan rancangan penilaian.

·         Pembagian kelompok belajar.

45 menit

Inti

·         Guru menayangkan materi tentang pengertian, klasifikasi dan fungsi SST dengan menggali informasi dari referensi.

·         Guru membimbing siswa untuk berdiskusi sesuai dengan kelompok masing – masing

·         Guru memberikan pertanyaan – pertanyaan tentang pengertian,  klasifikasi dan fungsi SST untuk di diskusikan

·         Guru membimbing siswa untuk membuat kesimpulan tentang klasifikasi SST dan fungsinya.

·         Guru menunjukkan contoh SST yang ada di bengkel otomotif

·         Guru menjelaskan fungsi dan cara menggunakan SST

180 menit

Penutup

Guru memberikan soal uraian untuk di kerjakan (Terlampir)

45 menit

 

 

 

 

 

 

H. Media, Alat, dan Sumber Belajar

     1. Spidol white board, papan tulis.

      2. Laptop dan LCD.

      3. SST ( Piston Ring Cmpresor, Piston Ring Plier, Valve Spring Compresor,

          Compression Tester, Hidrometer)

      4. Buku Pekerjaan Teknik Dasar Otomotif, kelas X semester 1, Kementerian

          Pendidikan dan kebudayaan RI, 2013

I.  Penilaian Aspek Pengetahuan, Ketrampilan dan Sikap

     1. Penilaian sikap               : Teknik Non Tes Bentuk Pengamatan Sikap dalam

                                                   pembelajaran.

     2. Penilaian pengetahuan   : Tes Tertulis Uraian

     3. Penilaian Keterampilan  : -

 

 

 

                                                                                    Sukadana, 11 September 2021

 

Kepala SMK Darurrohmah                                         Guru Mata Pelajaran

 

 

 

 

 

Hi. Oman Rohman, M.Pd,I                                        Widya Agung Herlambang, ST

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

SOAL URAIAN PENILAIAN PENGETAHUAN

 

KD : .   3.1  Mengklasifikasi  jenis-jenis special service tools (SST)

 

 1. Sebutkan SST yang termasuk jenis pembongkar (Remover) dan jenis Replacer !

     (Skor maksimal = 40)

2. Jelaskan fungsi dari SST berikut :

    a. Bearing Puller Attachment

    b. Piston Ring Compressor

    c. Piston Ring Plier (Tang Ring Torak)

    d. Valve Spring Compressor

    e. Compression tester

    f. Hidrometer

    (Skor maksimal : 60)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Satuan Pendidikan                : SMK  Ma’arif NU 04 Darurrohmah Sukadana

Kompetensi Keahlian           : Teknik Otomotif

Mata Pelajaran                      : Pekerjaan Dasar  Otomotif

Kelas / Semester                    : X/1

Tahun Pelajaran                   : 2021 - 2022

Alokasi Waktu                       : 4 jam pelajaran @ 45 Menit

 

A. Kompetensi Inti

KOMPETENSI INTI 3

(PENGETAHUAN)

KOMPETENSI INTI 4

(KETERAMPILAN)

13.  Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Pekerjaan Dasar Otomotif pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.

14.  Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Pekerjaan Dasar  Otomotif. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.

Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

 

 

 

 

 

     B. Kompetensi Dasar

 

Pengetahuan

3.1.   3.1  Mengklasifikasi  jenis-jenis special service tools (SST)

Keterampilan

4.1.   4.1 Menggunakan   macam-macam special service tools

 

    C. Indikator Percapaian Kompetensi

 

Pengetahuan

1. Memahami jenis – jenis SST beserta  fungsinya

2. Menerapkan SST  pada bengkel otomotif

Keterampilan

1. Menggunakan SST pada bengkel otomotif

 

      D. Tujuan Pembelajaran

           1. Setelah disediakan alat dan ditunjukkan contoh penggunaan SST siswa dapat

               menerapkan dan menggunakan pada bengkel otomotif

 

      E. Materi Pembelajaran

           1. Praktek menggunakan SST

      F. Model dan Metode Pembelajaran

     1. Pendekatan                    :

         Pembelajaran Saintifik (5M) Mengamati, Menanya, Mengumpulkan informasi,

         Menalar, dan  Mengkomunikasikan.(Memformulasi hipotesis)

                 2. Model  Pembelajaran     :  Discovery Learning

     3. Metode Pembelajaran    :  Demonstrasi dan praktek

 

 

     G. Kegiatan Pembelajaran

          Pertemuan Ke-2  ( Alokasi Waktu : 6 x 45 menit)

 

KEGIATAN

DESKRIPSI KEGIATAN

ALOKASI WAKTU

Pendahuluan

·         Mengucap salam, menanyakan kabar siswa, berdoa dan mendoakan siswa/orang tua siswa yang sakit (jika ada).

·         Memeriksa kehadiran siswa sebagai sikap disiplin.

·         Mempersiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran tentang SST.

·         Mengajukan pertanyaan mengenai SST  untuk mengingatkan materi sebelumnya

·         Memberikan gambaran tentang manfaat praktek menggunakan SST.

·         Menyampaikan informasi cakupan materi pembelajaran yang akan dilaksanakan

·         Menyampaikan tujuan pembelajaran dan rancangan penilaian.

·         Pembagian kelompok belajar.

45 menit

Inti

·         Guru menyediakan alat dan bahan praktek

·         Siswa mempersiapkan diri dengan baju praktek

·         Guru memberikan pengarahan tentang prosedur praktek sebagaimana pada jobsheet

·         Siswa secara bergiliran karena keterbatasan alat, melaksanakan praktek menggunakan SST

·         Guru memberikan penilaian kinerja

180 menit

Penutup

·         Siswa membereskan alat dan bahan praktek

·         Siswa membersihkan tempat praktek

·         Guru memberikan masukan dan evaluasi terhadap pelaksanaan praktek

·         Guru bersama siswa menyimpulkan beberapa hal dari materi praktek

·         Doa penutup dan salam

45 menit

 

H. Media, Alat, dan Sumber Belajar

     1. Spidol white board, papan tulis.

      2. 1 unit engine, SST, nampan, kain lap.

      3. Buku Pekerjaan Teknik Dasar Otomotif, kelas X semester 1, Kementerian

          Pendidikan dan kebudayaan RI, 2013

I.  Penilaian Aspek Pengetahuan, Ketrampilan dan Sikap

     1. Penilaian sikap               : Teknik Non Tes Bentuk Pengamatan Sikap dalam

                                                   pembelajaran.

     2. Penilaian Keterampilan  : - Penilaian kenerja

 

 

 

                                                                                    Sukadana, 11 September 2021

 

Kepala SMK Darurrohmah                                         Guru Mata Pelajaran

 

 

 

 

 

Hi. Oman Rohman, M.Pd,I                                        Widya Agung Herlambang, ST

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Satuan Pendidikan                : SMK  Ma’arif NU 04 Darurrohmah Sukadana

Kompetensi Keahlian           : Teknik Otomotif

Mata Pelajaran                      : Pekerjaan Dasar  Otomotif

Kelas / Semester                    : X/1

Tahun Pelajaran                   : 2021 - 2022

Alokasi Waktu                       : 4 jam pelajaran @ 45 Menit

 

A. Kompetensi Inti

KOMPETENSI INTI 3

(PENGETAHUAN)

KOMPETENSI INTI 4

(KETERAMPILAN)

15.  Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Pekerjaan Dasar Otomotif pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.

16.  Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Pekerjaan Dasar  Otomotif. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.

Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

 

 

 

 

 

     B. Kompetensi Dasar

 

Pengetahuan

3.1.   3.1  Mengklasifikasi  jenis-jenis hand tools sesuai fungsinya

Keterampilan

4.1.   4.1 Menggunakan  dan merawat macam-macam hand tools

 

    C. Indikator Percapaian Kompetensi

 

Pengetahuan

1. Menyebutkan     klasifikasi     handtools

2. Menyebutkan  nama & fungsi  handtools bengkel

    otomotif dan handtools kerja bangku

Keterampilan

1. Memperagakan    cara penggunaan handtools   dengan benar

2. Merawat   handtool dengan    benar

 

      D. Tujuan Pembelajaran

1. Melalui tayangan,  menggali informasi dari referensi dan diskusi

    siswa dapat menyebutkan klasifikasi jenis – jenis handtools sesuai

    dengan literatur dengan teliti, santun, bekerja sama dan

    menghargai pendapat orang lain

2. Melalui tayangan,  menggali informasi dari referensi dan diskusi

    siswa dapat menyebutkan  jenis – jenis handtools  bengkel otomotif

    & handtools kerja bangku sesuai dengan literatur dengan teliti,

    santun, bekerja sama dan menghargai pendapat orang lain

3.  Setelah disediakan alat dan bahan  siswa dapat mempraktekkan

     menggunakan handtools sesuai fungsinya dengan benar

 

      E. Materi Pembelajaran

             1. Pengertian,  klasifikasi  dan   fungsi handtools

                 2. Handtools  bengkel  otomotif

                 3. Handtools  kerja   bangku

                 4. Pengenalan cara menggunakan handtools

                 5. Praktek menggunakan handtools dengan bongkar pasang unit engine

                 6. Praktek   merawat  handtools

 

      F. Model dan Metode Pembelajaran

     1. Pendekatan                    :

         Pembelajaran Saintifik (5M) Mengamati, Menanya, Mengumpulkan informasi,

         Menalar, dan  Mengkomunikasikan.(Memformulasi hipotesis)

                 2. Model  Pembelajaran     :  Discovery Learning

     3. Metode Pembelajaran    :  

          Diskusi(kelompok),Tanya jawab, ceramah, penugasan, demonstrasi dan praktek

 

 

     G. Kegiatan Pembelajaran

          Pertemuan Pertama  ( Alokasi Waktu : 6 x 45 menit)

 

KEGIATAN

DESKRIPSI KEGIATAN

ALOKASI WAKTU

Pendahuluan

·         Mengucap salam, menanyakan kabar siswa, berdoa dan mendoakan siswa/orang tua siswa yang sakit (jika ada).

·         Memeriksa kehadiran siswa sebagai sikap disiplin.

·         Mempersiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran tentang hand tools.

·         Mengajukan pertanyaan mengenai alat-alat tangan  yang banyak ditemui oleh siswa.

·         Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari materi alat-alat tangan.

·         Menyampaikan informasi cakupan materi pembelajaran yang akan dilaksanakan

·         Menyampaikan tujuan pembelajaran dan rancangan penilaian.

·         Pembagian kelompok belajar.

45 menit

Inti

·         Guru menayangkan materi tentang pengertian, klasifikasi dan fungsi handtools dengan menggali informasi dari referensi.

·         Guru membimbing siswa untuk berdiskusi sesuai dengan kelompok masing – masing

·         Guru memberikan pertanyaan – pertanyaan tentang pengertian,  klasifikasi dan fungsi handtools untuk di diskusikan

·         Guru kembali menayangkan materi handtools bengkel otomotif dan handtools kerja bangku

·         Guru kembali membimbing siswa untuk berdiskusi mengidentifikasi handtools

·         Guru membimbing siswa untuk membuat kesimpulan tentang klasifikasi handtools dan fungsinya.

180 menit

Penutup

Guru memberikan soal uraian untuk di kerjakan :

1. Sebutkan nama dan fungsi handtools bengkel otomotif !

2. Sebutkan nama dan fungsi handtools kerja bangku !

45 menit

 

 

 

 

H. Media, Alat, dan Sumber Belajar

     1. Spidol white board, papan tulis.

      2. Laptop dan LCD.

      3. Buku Pekerjaan Teknik Dasar Otomotif, kelas X semester 1, Kementerian

          Pendidikan dan kebudayaan RI, 2013

I.  Penilaian Aspek Pengetahuan, Ketrampilan dan Sikap

     1. Penilaian sikap               : Teknik Non Tes Bentuk Pengamatan Sikap dalam

                                                   pembelajaran.

     2. Penilaian pengetahuan   : Tes Tertulis Uraian

     3. Penilaian Keterampilan  : -

 

 

 

                                                                                    Sukadana, 24 Juli 2021

 

Kepala SMK Darurrohmah                                         Guru Mata Pelajaran

 

 

 

 

 

Hi. Oman Rohman, M.Pd,I                                        Widya Agung Herlambang, ST

 

 

 

 

 

 

 

 

  

Author Box

Assalamu’alaikum wr. Wb. Salam sejahtera untuk anda semua. Selamat bergabung dengan blog Otomediashare, blog yang menghimpun dan membagi berita, informasi terkini, dan pengetahuan seputar dunia otomotif. Mari maju bersama Otomediashare. Wassalam. , Follow us on: Facebook & Twitter

  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...

0 komentar:

Posting Komentar