Featured

Recent Posts

Selasa, 18 Oktober 2022


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Nama Sekolah                       : SMK Darurrohmah Sukadana

Mata Pelajaran                      : Chasis SPT

Kelas / Semester                     : XI / 4

Pertemuan ke                          : 1

Alokasi Waktu                         : 2 X 45 menit

Standar Kompetensi                : Memperbaiki sistem rem

Kompetensi Dasar                   : Memelihara sistem rem komponen-komponennya

Indikator Pencapaian Kompetensi :

§  Prinsip kerja rem dijelaskan sesuai buku informasi

§  Jenis dan konstruksi rem dijelaskan sesuai buku informasi

§  Teknik pemeliharaan rem dijelaskan sesuai servis manual

§  Sistem rem dan komponennya dipelihara / servis dilaksanakan dengan menggunakan metode, perlengkapan dan material yang ditetapkan berdasarkan spesifikasi pabrik

 

I.           Tujuan Pembelajaran

-         Siswa dapat memahami prinsip kerja sistem rem dan komponen-komponennya

-         Siswa dapat menjelaskan jenis dan konstruksi rem sesuai buku informasi

-         Siswa dapat melaksanakan prosedur pemeliharaan sistem rem sesuai SOP

II.         Materi Pembelajaran     :

-         Prinsip kerja sistem rem

-         Jenis dan konstruksi sistem rem

-         Prosedur pemeliharaan sistem rem

III.       Model dan Metode Pembelajaran :

-         Model pembelajaran Kooperatif

-         Metode pembelajaran : Ceramah, Demonstrasi, Diskusi dan Praktek berkelompok

IV.      Kegiatan Pembelajaran

 

Kegiatan

Waktu

Kegiatan Awal

1. Berdoa, baca  surat pendek, absensi

2. Mengkomunikasikan tujuan pembelajaran sistem rem serta kaitannya

    dengan dunia kerja dan perkembangan teknologi

3. Memotivasi siswa mengenai pentingnya mempelajari sistem rem  dan

     manfaat dari keterampilan tersebut

15

Kegiatan inti :

1. Mengidentifikasi prinsip kerja rem mekanik dan hidrolik melalui penggalian berbagai informasi

2. Mengidentifikasi jenis dan konstruksi rem (tromol dan rem piringan) dengan menggali berbagai informasi

3. Menentukan pemeliharaan komponen sistem rem dengan menggali informasi perawatan berkala pada servis manual

4. Mendiskripsikan teknik pemeriksaan minyak rem, pembersihan tromol, penyetelan sepatu rem free play dan bleeding dengan mempelajari servis manual

5. Memeriksa dan menambah minyak rem dengan mengikuti service manual

6. Menyetel kebebasan pedal rem dan bleeding dengan mengikuti petunjuk service manual

7. Membersihkan dan menyetel sepatu rem mengikuti prosedur pada service manual

8. Menyetel rem tangan mengikuti prosedur pada service manual

60

Kegiatan Akhir

1.      Memberikan umpan balik kepada siswa dalam bentuk tanya jawab tentang materi yang telah dibahas

2.      Menyimpulkan hasil yang telah dibahas

15

 

 

V.        Penilaian Hasil Belajar

1. Test tulis

2. Laporan Hasil Praktek

3. Ujian Praktek Pemeliharaan Sistem rem

 

VI.      Sumber dan Media Pembelajaran

1.      Modul Memelihara Sistem Rem

2.      Engine Stand

3.      Laptop, LCD, Internet

 

 

Sukadana,   Juli  2022

Kepala SMK Darurrohmah Sukadana                                                  Guru Pengampu

 

 

 

 

 

 

       Hi. Oman Rohman, M.Pd.I                                                             Widya Agung Herlambang, ST

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Nama Sekolah                       : SMK Darurrohmah Sukadana

Mata Pelajaran                      : Chasis SPT

Kelas / Semester                     : XI / 4

Pertemuan ke                          : 2

Alokasi Waktu                         : 2 X 45 menit

Standar Kompetensi                : Memperbaiki sistem rem

Kompetensi Dasar                   : Memperbaiki sistem rem dan komponen-komponennya

Indikator Pencapaian Kompetensi :

§   Jenis – jenis gangguan rem dan penyebabnya dijelaskan sesuai buku informasi

§   Perakitan sistem rem dan komponen – komponennya dilaksanakan tanpa menyebabkan kerusakan terhadap komponen atau sistem lainnya

§   Semua prosedur dilaksanakan dengan menggunakan metode dan peralatan yang ditentukan berdasarkan spesifikasi dan toleransi pabrik

§   Data yang tepat dilengkapi sesuai hasil perakitan dan pemasangan sistem rem

 

 I.          Tujuan  Pembelajaran

1.  Mampu menjelaskan jenis – jenis gangguan rem dan penyebabnya

2. Mampu merakit sistem rem dan komponen – komponennya

3. Memahami prosedur, metode dan peralatan yang digunakan

II.    Materi Pembelajaran     :

-         Gangguan  sistem rem

-         Perbaikan komponen sistem rem

-         Prosedur pemeliharaan sistem rem

III.   Model dan Metode Pembelajaran :

-         Model pembelajaran Kooperatif

-         Metode pembelajaran : Ceramah, Demonstrasi, Diskusi dan Praktek berkelompok

IV.  Kegiatan Pembelajaran

 

Kegiatan

Waktu

Kegiatan Awal

1. Berdoa, baca  surat pendek, absensi

2. Mengkomunikasikan tujuan pembelajaran sistem rem serta kaitannya

    dengan dunia kerja dan perkembangan teknologi

3. Memotivasi siswa mengenai pentingnya mempelajari sistem rem  dan

     manfaat dari keterampilan tersebut

15

Kegiatan Inti :

1. Mendiskripsikan gangguan – gangguan rem dan penyebabnya melalui penggalian informasi

2. Menentukan gangguan pada komponen – komponen rem melalui pemeriksaan visual dan pengukuran spesifikasi

3. Mendiskripsikan teknik pelepasan dan perakitan komponen – komponen ram mekanik dengan menggali service manual

4. Mendiskripsikan teknik pelepasan dan perakitan komponen rem hidrolik jenis tromol dan disk brake dengan menggali service manual

5. Memilih peralatan perbaikan sesuai tuntutan pekerjaan

6. Mengganti dan menyetel komponen rem hidrolik jenis disk brake mengikuti service manual

7. Mengecek dan mengetes kerja rem hidrolik dan mekanik sesuai service manual

8. Membuat dan mempresentasikan hasil perbaikan rem

60

Kegiatan Akhir

3.      Memberikan umpan balik kepada siswa dalam bentuk tanya jawab tentang materi yang telah dibahas

4.      Menyimpulkan hasil yang telah dibahas

15

 

 

V.   Penilaian Hasil Belajar

1.      Laporan Hasil Praktek

2.      Ujian Praktek Pemeliharaan Sistem rem

3.      Test tulis

 

VI.   Sumber dan Media  Pembelajaran

1. Modul Memelihara Sistem Rem

2. Engine Stand

3. Laptop, LCD, Internet

 

 

Sukadana,   Juli  2022

Kepala SMK Darurrohmah Sukadana                                                  Guru Pengampu

 

 

 

 

 

 

       Hi. Oman Rohman, M.Pd.I                                                             Widya Agung Herlambang, ST

 

 

 

 

 

 

 

  

Author Box

Assalamu’alaikum wr. Wb. Salam sejahtera untuk anda semua. Selamat bergabung dengan blog Otomediashare, blog yang menghimpun dan membagi berita, informasi terkini, dan pengetahuan seputar dunia otomotif. Mari maju bersama Otomediashare. Wassalam. , Follow us on: Facebook & Twitter

  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...

0 komentar:

Posting Komentar