Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Mata
Pelajaran
: Chasis dan SPT
Kelas/semester
: XII / 6
Pertemuan ke
: 1, 2
Alokasi
Waktu
: 2 x
45 menit
Standar
Kompetensi : Memperbaiki roda dan ban
Kompetensi
Dasar : Mengidentifikasi konstruksi roda dan ban serta
sistem
pemasangan
Indikator
:
§ Fungsi roda/pelek
dan ban dijelaskan sesuai buku informasi
§ Jenis dan
karakteristik roda/pelek dan ban
dijelaskan sesuai buku informasi
§ Jenis kerusakan
pada roda/peleg dan ban dijelaskan sesuai buku informasi
§ Prosedur
pemasangan sesuai SOP.
I. Tujuan
Pembelajaran
Setelah penggalian informasi dan diskusi,
siswa dapat :
§ Menjelaskan fungsi roda dan
ban sesuai referensi
§ Menjelaskan
jenis
dan karakteristik roda dan ban
§ Menyebutkan jenis
kerusakan pada roda dan ban
§ Menjelaskan
prosedur pemasangan roda.
II.
Materi Pokok
§ Fungsi dan Tipe ban beserta konstruksinya.
§ Fungsi dan Tipe roda/pelek beserta
konstruksinya.
§ Kode spesifikasi ban dan roda/pelek
III. Metode
dan Model Pembelajaran
a.
Informasi / Penugasan
b.
Observasi
c.
Diskusi
d. Model pembelajaran : Discovery Learning
IV. Langkah-langkah
Pembelajaran
Kegiatan
Awal (15 menit)
§ Doa, baca surat pendek, absensi
§ Pengantar materi dan motivasi.
Kegiatan Inti / Eksplorasi (60 menit)
·
Mendiskripsikan fungsi, jenis
roda dan ban melalui penggalian berbagai informasi
·
Mempelajari
dan
membandingkan konstruksi
ban bias dan ban radial melalui penggalian informasi pada buku manual.
·
Menafsirkan kode
dan ukuran utama ban dengan melihat data spesifikasi pabrik.
·
Mempelajari
pengertian rasio ban. Menghitung tinggi dan diameter luar ban.
·
Menyebutkan jenis-jenis rasio ban.
·
Menentukan tingkat keausan/kerusakan telapak ban secara
visual
·
Menerapkan prosedur pemeliharaan/servis komponen Sistem
Bahan bakar dan komponen-komponen sistem
pengoperasian sesuai dengan SOP.
Elaborasi
·
Siswa berdiskusi konstruksi ban bias dan ban
radial melalui penggalian infomasi pada
buku manual.
·
Siswa berdiskusi keuntungan dan kerugian
ban bias dan ban radial
·
Menafsirkan kode
dan ukuran utama ban dengan melihat data spesifikasi pabrik.
·
Siswa berdiskusi membahas
pengertian rasio ban. Menghitung tinggi dan diameter luar ban.
·
Siswa berdiskusi
jenis-jenis rasio ban.
·
Siswa melakukan pengamatan
langsung yang terpasang di kendaraan Guru menfasilitasi siswa dalam melakukan kegiatan elaborasi
Konfirmasi
·
Menfasilitasi siswa melakukan
refleksi terhadap pengalaman belajar yang
telah dilakukan.
Kegiatan Akhir
(15 menit)
§ Siswa mengerjakan latihan
soal-soal
§ Guru memberikan penilaian
·
Nilai – nilai Karakter
yang ditanamkan :
Ø Kreatif Rasa ingin tahu - Disiplin
Ø Kerja keras - Mandiri
V. Alat
dan Sumber Belajar
·
Modul ban luar dan dalam
·
Buku
referensi yang menunjang
·
Peralatan
tangan
·
Laptop, LCD, Internet
VI. Penilaian
§ Test tertulis
§ Non test (observasi/cek list) dan lisan
Soal
1.
Jelaskan
fungsi dari Ban
2.
Jelaskan arti dari kode pelek 5.50 / F 15 SDC
3.
Jelaskan
tentang jenis ban bias, radial dan tubeless!
Kunci
Jawaban
1.
Fungsi
Ban adalah :
a.
Ban
menopang seluruh berat kendaraaan
b.
Sebagai
bantalan yang empuk antara jalan dengan kendaraan
c.
Menyerap
kejutan yang diterima dari permukaan jalan yang tidak rata
d.
Menyerap
panas akibat gesekan dengan permukaan
jalan
2.
5.50 : Lebar pelek
(dalam inchi)
F : Bentuk flens pelek
15 :
Diameter pelek (dalam inchi)
SDC :
Tipe rim
3.
a. Ban Bias
Ban ini dibuat dengan lapisan serat arah miring. Memiliki tapak (tread) dengan daya serap benturan yang baik sehingga memberikan
kenyamanan berkendaraan. Adapun ketahanan terhadap
keausan dan guncangan (rol) tidak sebaik ban radial.
b.
Ban
Radial
Lapisan serat
pada ban ini menyilang lingkar ban, ditambah lapisan sabuk searah lingkar
ban. Tipe ban ini sabuk terbuat dari
serat baja disebut ban radial baja.
Tapaknya lebih kaku, lebih tahan terhadap guncangan dan keausan daripada
tipe bias, namun kurang nyaman pada jalan tidak rata.
c.
Ban
Tubeless
Tipe ini
dirancang untuk menahan udara langsung didalamnya tanpa menggunakan ban
dalam. Dilengkapi dengan lapisan dalam
untuk menghindari kebocoran udara serta berfungsi untuk menghambat udara bocor
dengan cepat saat ban tertusuk, sehingga tingkat keamanannya cukup baik.
Keuntungan Ban Tubeles yaitu saat ban terkena paku atau benda tajam lainnya,
tread dan liner mencengkeram kuat pada paku, sehingga dapat mencegah kebocoran
udara sehingga ban tidak cepat
Penilaian
-
Menjawab
dengan benar sempurna = 5
-
Menjawab
dengan benar = 4
-
Menjawab dengan jawaban mendekati benar = 3
-
Menjawab
dengan jawaban salah = 2
-
Menulis
soal saja = 1
-
tidak
dijawab = 0
Nilai = jumlah skor (10)
Sukadana,
Juli 2022
Kepala
SMK Darurrohmah Guru Mata pelajaran
Hi.
Oman Rohman, M.Pd.I Widya
Agung Herlambang, ST
Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran
(RPP)
Mata
Pelajaran : Chasis Dan SPT
Kelas/semester : XII / 6
Pertemuan ke : 2
Alokasi
Waktu : 2
x 45 menit
Standar
Kompetensi : Memperbaiki roda
dan ban
Kompetensi Dasar : Memeriksa roda
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) :
1. Pemeriksaan
pelek/roda dijelaskan sesuai buku informasi
2. Pemeriksaan
roda/pelek dilakukan sesuai servis manual
3. Data yang
tepat sesuai hasil pemeriksaan
I. Tujuan
Pembelajaran
Setelah menggali informasi dan diskusi, Siswa dapat :
§ Melaksanakan pemeriksaan roda dan
pemasangannya dari kerusakan dan keausan, kelayakan, material asing dan
keretakan.
§ Melaksanakan pemeriksaan spesifikasi dan
membandingkan kondisi keadaan roda.
§ Menjelaskan temuan yang didapat dan
merekomendasikan secara lengkap.
II.
Materi Pokok
1.
Pemeriksaan roda
III. Metode
Pembelajaran
a.
Informasi
b.
Penugasan
c.
Diskusi
d.Demonstrasi
IV. Langkah-langkah
Pembelajaran
Kegiatan Awal (15
menit)
§ Doa.
§ Pengantar materi dan motivasi.
Kegiatan Inti (60 menit)
1. Mendiskripsikan jenis dan
karakteristik kerusakan pada roda.pelek
2. Mendiskripsikan teknik pemeriksaan
roda dengan menggali
berbagai informasi
3. Memeriksa roda mengikuti servis
manual
4. Melaksanakan prosedur perbaikan
pelek/roda
Kegiatan Akhir (15
menit)
§ Siswa mengerjakan latihan
soal-soal.
§ Guru memberikan penilaian
V. Alat
dan Sumber Belajar
§ Modul Roda dan ban
§ Buku referensi yang
menunjang
·
Peralatan
tangan
·
Laptop, LCD, Internet
VI. Penilaian
§ Test tertulis
§ Non test (observasi/cek
list) dan lisan
Sukadana, Juli 2022
Mengetahui,
Kepala SMK Darurrohmah Guru
Mata pelajaran
Hi. Oman Rohman, M.Pd.I Widya Agung
Herlambang, ST
Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran
Nama Sekolah : SMK Darurrohmah
Mata
Pelajaran : Chasis SPT
Kelas/semester : XII / 6
Tahun Pelajaran : 2022 –
2022
Pertemuan ke : 3
Alokasi
Waktu : 2
x 45 menit
Standar
Kompetensi : Memperbaiki roda dan ban
Kompetensi Dasar : Memasang ulang roda
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) :
1. Teknik
pemasangan roda dijelaskan sesuai servis manual
2. Penentuan
penggunaan roda/pelek dijelaskan sesuai buku informasi
3. Pemasangan
roda dilaksanakan tanpa menyebabkan kerusakan pada
kelengkapan tempat kerja atau kendaraan
I.
Tujuan Pembelajaran
Setelah menggali informasi, diskusi dan disediakan
peralatan, Siswa
dapat
:
§ Memahami urutan dan momen
pengencangan roda sesuai dengan spesifikasi secara lengkap.
§ Menggunakan
penggunaan
peralatan dan perlengkapan keamanan tempat.
§ Melakukan pemasangan
roda-roda dengan aman dan memastikan urutan pengencangan dan momen pengencangan
sesuai spesifikasi.
§ Melakukan pemeriksaan
kerja roda untuk pemasangan roda yang benar dan kemungkinan keausan.
II.
Materi Pokok
§ Prosedur
pemasangan roda
§ Metode pengencangan baut
III. Metode
Pembelajaran
a.
Ceramah / Informasi
b.
Penugasan
c.
Diskusi
d.
Demonstrasi/praktek
IV. Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Awal (15
menit)
§ Doa, baca surat pendek, absensi).
§ Pengantar materi dan motivasi.
Kegiatan Inti (60
menit)
§ Menggali informasi mengenai
teknik pemasangan roda dari berbagai infomasi.
§ Mempelajari cara mengoperasikan
peralatan dan perlengkapan pemasangan roda sesuai dengan SOP dengan menggali informasi
dari modul dan pengamatan di bengkel.
Kegiatan Akhir (15)
§ Siswa mengerjakan latihan
soal-soal
§ Guru memberikan penilaian
V. Alat
dan Sumber Belajar
§ Modul roda dan ban
§ Buku referensi lain yang
menunjang
·
Peralatan
tangan, unit mobil
·
Laptop, LCD, Internet
VI. Penilaian
§ Test tertulis
§ Non test (observasi/cek
list) dan lisan
§ Praktek
Soal
1.
Jelaskan tentang prosedur pemasangan roda dan pengencangan
mur roda !
2.
Sebutkan metode pengencangan baut !
Kunci
Jawaban
1. a. Pastikan
bahwa kendaraan berada pada tempat yang rata dan
roda diganjal. Pompa ban dengan kompresor dengan tekanan yang sesuai dengan peruntukan ban. Peralatan yang perlu disiapkan antara lain: Tire gauge (alat ukur tekanan ban), Chuck udara untuk ban, udara bertekanan, kunci roda dan jack stand.
b. Tempatkan roda pada lubang
baut-baut roda sehingga posisinya tepat
dan benar sesuai dengan tanda pemasangannya.
c. Dongkraklah kendaraan dan
kemudian ambil stand dari bawah kendaraan.
d. Keraskan mur roda dengan
urutan seperti pada gambar disamping ini,
Torsi : 600 kgf-cm (59 N.m; 43
lbf.ft).
2. Metode pengencangan baut ada dua,
yaitu: metode elastic region (konvensional)
dan metode plastic region (angle torque).
Pedoman Penilaian/Penskoran
:
-
Menjawab
dengan benar sempurna =
5
-
Menjawab
dengan benar =
4
-
Menjawab dengan jawban mendekati benar = 3
-
Menjawab
dengan jawaban salah =
2
-
Menulis
soal saja =
1
-
tidak
dijawab =
0
Nilai = jumlah skor (10)
Mengetahui Sukadana, Januari 2022`
Kepala SMK Darurrohmah Guru Mata Pelajaran,
Hi. Oman Rohman,
M.Pd.I Widya
Agung Herlambang, ST
Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran
Nama Sekolah :
SMK Darurrohmah
Mata
Pelajaran : Chasis SPT
Kelas/semester : XII / 6
Tahun Pelajaran : 2022
– 2022
Pertemuan ke : 4
Alokasi
Waktu : 2
x 45 menit
Standar
Kompetensi : Memperbaiki roda dan ban
Kompetensi Dasar : Memeriksa
ban
Indikator :
§ Pembongkaran dan
penggantian ban dalam dan luar dilaksanakan tanpa menyebabkan kerusakan
terhadap komponen/sistem lainnya.
§ Informasi yang
benar diakses dari spesifikasi pabrik dan dipahami.
§
Data yang tepat dilengkapi sesuai hasil pembongkaran dan
penggantian.
§ Seluruh kegiatan
pembongkaran, pemasangan dan penggantian dilaksanakan berdasarkan SOP (Standard
Operation Procedures), undangundang K 3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja),
peraturan perundangundangan dan prosedur/ kebijakan perusahaan.
§ Mengetahui
keandalan perusahaan dalam hal perbaikan ban.
I.
Tujuan Pembelajaran
Setelah menggali informasi dan diskusi, Siswa dapat :
§ Melakukan cara pemeriksaan ban dalam
dan ban luar.
§ Mengidentifikasi
jenis kerusakan pada ban biasa dan ban tubeless.
§ Melakukan prosedur perbaikan ban luar
dan ban dalam.
II.
Materi Pokok
§
Prosedur pemeriksaan ban untuk menentukan kemampuan
perbaikan (keseluruhan, sebagian atau tidak dapat diperbaiki).
§ Peraturan
kelaikan jalan berhubungan pada ban dan pelek.
§ Prosedur
pembongkaran, perbaikan, dan penggantian ban luar dan dalam.
III. Metode
Pembelajaran
a.
Informasi
b.
Penugasan
c.
Diskusi
d.
Demonstrasi
IV. Langkah-langkah
Pembelajaran
Kegiatan
Awal (20 menit)
§ Doa.
§ Pengantar dan motivasi.
Kegiatan Inti
(135 menit)
§ Menentukan
tingkat keausan telapak ban secara visual.
§ Menginterpretasikan
keausan ban.
§ Melakukan
pemeriksaan ban dalam dan ban luar sesuai SOP.
§ Melaksanakan
penggantian ban dalam dan ban luar.
Kegiatan Akhir
(25 menit)
§ Siswa mengerjakan latihan
soal-soal
§ Guru memberikan penilaian
V. Alat
dan Sumber Belajar
§
Modul ban luar dan dalam
§
Buku
referensi lain yang berhubungan
§ Peralatan tangan
VI. Penilaian
§ Test tertulis
§ Non test (observasi/cek
list) dan lisan
Soal
1.
Jelaskan
yang dimaksud
Indikator Keausan Ban (T.W.I = Tread Wear Indicator) !
2.
Sebutkan
macam-macam keausan ban !
Kunci
Jawaban
1.
Indikator
keausan ban adalah tonjolan di dalam tread yang jumlahnya empat sampai enam di
sekeliling ban. Tingginya 1,6 sampai 1,8 mm dari dasar tread. Apabila keausan
tread mencapai indikator, hal ini menunjukkan batas keausan ban dan saatnya ban
harus diganti.
2.
a.
Ban Aus Pada Shoulder Atau Di Tengah, disebabkan terutama karena tekanan
ban.
b. Keausan Ban
Sebelah Dalam Atau Sebelah Luar, dapat disebabkan oleh : Keausan karena
menikung, berbelok dengan kecepatan yang berlebihan, kelonggaran yang
berlebihan pada bagian suspensi mengakibatkan keausan ban tidak normal, dan
sudut camber yang tidak tepat.
c. Keausan Akibat Toe-In Atau Toe-Out
(Aus Berbulu), penyebab utamanya adalah penyetelan toe-in yang tidak tepat.
d. Keausan Toe-and-Heel, aus sebagian
yang sering terjadi pada ban dengan pola tread block dan lug.
e. Keausan Spot/Spot Wear (Cupping), membentuk lekukan seperti mangkok pada
beberapa bagian tread roda.
Norma
Penilaian
-
Menjawab
dengan benar sempurna =
5
-
Menjawab
dengan benar =
4
-
Menjawab dengan jawban mendekati benar = 3
-
Menjawab
dengan jawaban salah =
2
-
Menulis
soal saja =
1
-
tidak
dijawab =
0
Nilai = jumlah skor (10)
Sukadana, Agustus 2022
Mengetahui,
Kepala SMK
Darurrohmah
Guru Bidang Studi
Hi. Oman Rohman,
M.Pd.I Widya
Agung Herlambang, ST
Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran
Nama Sekolah : SMK
Darurrohmah
Mata
Pelajaran : Chasis dan SPT
Kelas/semester : XII/ 6
Tahun Pelajaran : 2022 –
2022
Pertemuan ke : 5
Alokasi
Waktu : 4
x 45 menit
Standar
Kompetensi : Memperbaiki roda dan ban
Kompetensi Dasar : Memasang ulang ban
Indikator :
§ Teknik pemasangan
ulang ban dijelaskan sesuai servis manual
§ Pengoperasian
wheel tire machine dijelaskan sesuai operation manual
§ Pemilihan ban
ditentukan berdasarkan ukuran roda yang digunakan
§ Pemasangan ban
dilakukan sesuai SOP dan K3
I.
Tujuan Pembelajaran
Siswa
dapat :
§ Melakukan prosedur pemasangan ulang ban dalam dan ban luar jenis biasa dan
tubeles
§ Menjelaskan cara pengoperasian wheel tire
machine.
§ Melakukan prsedur pembongkarn/
penggantian ban dalam & luar
II.
Materi Pokok
§ Prosedur pembongkaran ban
dari pelek
§ Prosedur pemasangan ban
III. Metode
Pembelajaran
a.
Informasi
b.
Penugasan
c.
Diskusi
d.
Demonstrasi
IV. Langkah-langkah
Pembelajaran
Kegiatan
Awal (15 menit)
§ Doa, baca surat pendek, absensi.
§ Pengantar materi dan motivasi.
Kegiatan Inti (60
menit)
§ Menggali informasi tentang
prosedur pemasangan ban dalam dan ban luar
§ Melaksanakan pemasangan
ban dalam dan ban luar untuk menentukan kerusakan sesuai SOP.
§
Melaksanakan pemasangan ban dalam dan
ban luar.
Kegiatan Akhir
§ Siswa mengerjakan latihan
soal-soal.
§ Guru memberikan penilaian.
V. Alat
dan Sumber Belajar
§ Modul ban luar dan dalam
§ Buku referensi lain yang
berhubungan
·
Peralatan
tangan, unit kendaraan
VI. Penilaian
§ Test tertulis
§ Non test (observasi/cek list) dan lisan
Soal
1.
Jelaskan
prosedur pembongkaran ban dari pelek !
2.
Jelaskan
prosedur pemasangan ban !
Kunci
Jawaban
1.
a) Pasang ban yang telah kempes pada sisi
samping mesin.
b) Posisikan bilah penekan
dengan menggeser handle pada sisi
samping ban berjarak 5 mm dari rim.
c) Selama proses
pengepresan, tangan tidak berada di posisi
samping ban karena berbahaya.
d) Tekan pedal, maka bilah
penekan akan menekan sidewall
dengan tekanan yang cukup kuat sampai kedua bead lepas
dari rim.
e) Tempatkan roda di atas
mesin, tekan pedal sampai posisi
pelek terjepit dengan kuat.
f) Posisikan pengait pelepas ban, 2 mm di atas
rim.
g) Gunakan sendok ban untuk
mencongkel sisi samping ban dan
menepatkan dengan pengait sampai pengait masuk ke dalam
bead.
h) Tekan pedal pemutar,
maka mesin akan memutarkan ban
berlawanan arah jarum jam (anticlock wise), maka bead
akan
terlepas dari rim.
i) Keluarkan
ban dalam dari pelek dengan menarik secara
perlahan.
j) Untuk melepas bead sisi bawah, tempatkan
pengait pada rim
sisi bawah.
k) Tekan pedal, maka mesin akan berputar
berlawanan arah
jarum jam dan ban akan terlepas dari peleknya.
2.
a) Tempatkan pelek di atas mesin.
b) Tempatkan ban di atas pelek, masukkan bead ke
salah satu
sisi samping pelek.
c) Tempatkan tuas pemasang
pada bead sisi bawah dan tekan
pedal pemutar, maka mesin akan berputar searah jarum jam,
maka bead bawah akan terpasang pada pelek.
d) Masukkan ban dalam dan tepatkan pentil pada
lubangnya
sampai posisi tegak lurus terhadap pelek.
e) Pasang tuas pengait pemasang, setel posisi
tuas 2 mm di sisi
atas rim.
f) Tekan pedal pemutar (panah kanan), maka mesin
akan
berputar searah jarum jam, secara perlahan ban akan
terpasang pada pelek.
g) Posisikan ban luar terhadap pelek dengan cara
menekan sisi
bead, maka ban
akan tertata rapi pada peleknya.
h) Pasang katup pentil ban dengan menggunakan
kunci pentil.
i) Pompa ban dengan kompresor dengan tekanan yang
sesuai
dengan peruntukan ban.
Norma
Penilaian
-
Menjawab
dengan benar sempurna =
5
-
Menjawab
dengan benar =
4
-
Menjawab dengan jawban mendekati benar = 3
-
Menjawab
dengan jawaban salah =
2
-
Menulis
soal saja =
1
-
tidak
dijawab =
0
Nilai = jumlah skor (10)
Mengetahui Sukadana, September 2022
Kepala SMK Darurrohmah, Guru Mata Pelajaran
Hi. Oman Rohman,
M.Pd.I Widya
Agung Herlambang, ST
Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Nama
Sekolah : SMK Darurrohmah
Mata
Pelajaran : Chasis dan SPT
Kelas/semester : XII / 6
Tahun Pelajaran : 2022 –
2022
Pertemuan
ke : 6
Alokasi
Waktu : 2
x 45 menit
Standar
Kompetensi : Memperbaiki
roda dan ban
Kompetensi Dasar : Membalans
roda dan ban.
Indikator Pencapaian Kompetensi : :
§ Kegunaan
kebalance roda dijelaskan sesuai buku
informasi
§ Teknik
membalans roda dijelaskan sesuai servis manual
§ Merotasi
roda dilakukan sesuai servis manual
§ Balance
roda dilaksanakan sesuai SOP industri yang telah ditetapkan
I.
Tujuan Pembelajaran
Setelah menggali
informasi dan diskusi, Siswa
dapat :
§
Menjelaskan
kegunakan membalance roda
§
Menjelaskan Prosedur pengoperasian pembalans roda
§
Memahami Peralatan dan kelengkapan pembalans roda/ban
sesuai dengan data spesifikasi pabrik
II. Materi Pokok
§
Prosedur pengoperasian pembalans roda
§
Peralatan dan kelengkapan pembalans roda/ban sesuai
dengan data spesifikasi pabrik
III. Metode Pembelajaran
a.
Informasi
b.
Penugasan
c.
Diskusi
d.
Demonstrasi
IV. Langkah-langkah
Pembelajaran
Kegiatan
Awal (15 menit)
§ Doa, baca surat pendek, absensi.
§ Pengantar materi dan motivasi.
Kegiatan Inti
(60 menit)
·
Mendiskripsikan tujuan balans roda dan akibat tidak balans
melalui penggalian informasi dari modul.
·
Mendiskripsikan tujuan merotasi ban dengan menggali
berbagai informasi
·
Mendiskripsikan pengertia tidak balance dan tidak balance statis melalui penggalian
informasi pada modul
·
Merotasi dan membalance roda dengan mengikuti SOP / servis
manual
Kegiatan Akhir
§ Siswa mengerjakan latihan
soal-soal
§ Guru memberikan penilaian
V. Alat
dan Sumber Belajar
·
Modul Wheel Balancing
·
Peralatan
tangan
VI. Penilaian
·
Tes
Tertulis
·
Non
test (observasi/cek list) dan lisan
Soal
1.
Jelaskan prosedur yang perlu dilakukan sebelum membalans
roda/ban !
2.
Jelaskan langkah-langkah membalans statik pada ban/roda !
Kunci jawaban
1.
a) Periksalah kemungkinan ada potongan logam atau
batu dan lain-latn yang terselip pada alur tread, dan periksalah juga
kemungkinan bagian tread pecah atau rusak.
b) Periksalah kemungkinan ada lumpur atau pasir
yang melekat pada bagian dalam pelek.
c) Periksalah apakah getaran ban
jelas terlihat.
d) Periksalah kalau-kalau ada benda
asing yang masuk di dalam ban (Dengarkan suara di dalam ban).
2.
a). Melepaskan
roda dari kendaraan
b). Melepaskan seluruh masa bobot yang ada pada pelek sebelum dilakukan
penyeimbangan
c). Memperbaiki keseimbangan statis
roda, yaitu dengan cara menjepitkan bobot timah pada pelek, berlawanan dengan
posisi bagian yang berat.
d). Memeriksa kembali
(menyeimbangkan roda) untuk memastikan hasil yang diinginkan
e). Memeriksa roda dengan keseimbangan dinamik, apabila keseimbangan statis
tidak
baik.
Norma
Penilaian
-
Menjawab
dengan benar sempurna =
5
-
Menjawab
dengan benar =
4
-
Menjawab dengan jawban mendekati benar = 3
-
Menjawab
dengan jawaban salah =
2
-
Menulis
soal saja =
1
-
tidak
dijawab =
0
Nilai = jumlah skor (10)
Mengetahui Sukadana, September 2022
Kepala SMK Darurrohmah Guru Mata Pelajaran
Hi. Oman
Rohman, M.Pd.I Widya
Agung Herlambang, ST
0 komentar:
Posting Komentar