Featured

Recent Posts

Selasa, 18 Oktober 2022


 

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

(RPP)

 

Mata Pelajaran             : Chasis dan SPT

Kelas/semester            :  XII / 6

Pertemuan ke               :  1, 2

Alokasi Waktu              :  2  x 45 menit

Standar Kompetensi  :  Memperbaiki  roda dan ban

Kompetensi Dasar      :  Mengidentifikasi konstruksi roda dan ban serta

                                        sistem pemasangan

 Indikator :

§  Fungsi roda/pelek dan ban dijelaskan sesuai buku informasi

§  Jenis dan karakteristik roda/pelek  dan ban dijelaskan sesuai buku informasi

§  Jenis kerusakan pada roda/peleg dan ban dijelaskan sesuai buku informasi

§  Prosedur pemasangan sesuai SOP.

I.    Tujuan Pembelajaran

     Setelah penggalian informasi dan diskusi, siswa dapat :

§   Menjelaskan fungsi roda dan ban sesuai referensi

§   Menjelaskan jenis dan karakteristik roda dan ban

§   Menyebutkan jenis kerusakan pada roda dan ban

§   Menjelaskan prosedur pemasangan roda.

II.        Materi Pokok

§  Fungsi dan Tipe ban beserta konstruksinya.

§  Fungsi dan Tipe roda/pelek beserta konstruksinya.

§  Kode spesifikasi ban dan roda/pelek

III.       Metode dan Model Pembelajaran

a.    Informasi  / Penugasan

b.    Observasi

c.    Diskusi

d.   Model pembelajaran : Discovery Learning

IV.      Langkah-langkah Pembelajaran

         Kegiatan Awal (15 menit)

§  Doa, baca surat pendek, absensi

§  Pengantar materi dan motivasi.

Kegiatan Inti /  Eksplorasi (60 menit)

·        Mendiskripsikan fungsi, jenis roda dan ban melalui penggalian berbagai informasi

·        Mempelajari dan membandingkan konstruksi ban bias dan ban radial melalui penggalian informasi pada buku manual.

·        Menafsirkan kode dan ukuran utama ban dengan melihat data spesifikasi pabrik.

·        Mempelajari pengertian rasio ban. Menghitung tinggi dan diameter luar ban.

·        Menyebutkan jenis-jenis rasio ban.

·        Menentukan tingkat keausan/kerusakan telapak ban secara visual

·        Menerapkan prosedur pemeliharaan/servis komponen Sistem Bahan bakar  dan komponen-komponen sistem pengoperasian sesuai dengan  SOP.

         Elaborasi

·        Siswa berdiskusi konstruksi ban bias dan ban radial melalui penggalian infomasi   pada buku manual.

·         Siswa berdiskusi keuntungan dan kerugian ban bias dan ban radial

·        Menafsirkan kode dan ukuran utama ban dengan melihat data spesifikasi pabrik.

·        Siswa berdiskusi membahas pengertian rasio ban. Menghitung tinggi dan diameter luar ban.

·        Siswa berdiskusi jenis-jenis rasio ban.

·        Siswa melakukan pengamatan langsung  yang terpasang di  kendaraan Guru menfasilitasi siswa dalam melakukan kegiatan elaborasi

   Konfirmasi

·        Menfasilitasi siswa melakukan refleksi terhadap pengalaman belajar yang   telah dilakukan.

Kegiatan Akhir (15 menit)

§  Siswa mengerjakan latihan soal-soal

§  Guru memberikan penilaian

·      Nilai nilai  Karakter  yang ditanamkan :

Ø  Kreatif Rasa ingin tahu      - Disiplin

Ø  Kerja keras                        - Mandiri

V.       Alat dan Sumber Belajar

·        Modul   ban luar dan dalam

·        Buku referensi yang menunjang

·        Peralatan tangan

·        Laptop, LCD, Internet

VI.      Penilaian

§   Test tertulis

§   Non test (observasi/cek list) dan lisan

Soal

1.    Jelaskan fungsi dari Ban

2.    Jelaskan arti dari kode pelek 5.50 / F 15 SDC

3.    Jelaskan tentang jenis ban bias, radial dan tubeless!

Kunci Jawaban

1.    Fungsi Ban adalah :

a.    Ban menopang seluruh berat kendaraaan

b.    Sebagai bantalan yang empuk antara jalan dengan kendaraan

c.    Menyerap kejutan yang diterima dari permukaan jalan yang tidak rata

d.    Menyerap panas akibat gesekan  dengan permukaan jalan

2.    5.50 :  Lebar pelek (dalam inchi)

F       :  Bentuk flens pelek

15     :  Diameter pelek (dalam inchi)

SDC            :  Tipe rim

3.     a. Ban Bias

Ban ini dibuat dengan lapisan serat arah miring.  Memiliki tapak (tread) dengan daya serap benturan yang baik sehingga memberikan kenyamanan berkendaraan.  Adapun ketahanan terhadap keausan dan guncangan (rol) tidak sebaik ban radial.

b.  Ban Radial

Lapisan serat pada ban ini menyilang lingkar ban, ditambah lapisan sabuk searah lingkar ban.  Tipe ban ini sabuk terbuat dari serat baja disebut ban radial baja.  Tapaknya lebih kaku, lebih tahan terhadap guncangan dan keausan daripada tipe bias, namun kurang nyaman pada jalan tidak rata.

c.   Ban Tubeless

Tipe ini dirancang untuk menahan udara langsung didalamnya tanpa menggunakan ban dalam.  Dilengkapi dengan lapisan dalam untuk menghindari kebocoran udara serta berfungsi untuk menghambat udara bocor dengan cepat saat ban tertusuk, sehingga tingkat keamanannya cukup baik. Keuntungan Ban Tubeles yaitu saat ban terkena paku atau benda tajam lainnya, tread dan liner mencengkeram kuat pada paku, sehingga dapat mencegah kebocoran udara sehingga ban tidak cepat kempis. Karena udara dalam ban berhubungan langsung dengan rim, transfer radiasi panas  akan lebih baik. Dengan dihilangkannya ban dalam, flap dan side ring ban menjadi lebih ringan.

Penilaian

-      Menjawab dengan benar sempurna                      = 5

-      Menjawab dengan benar                                         = 4

-      Menjawab dengan jawaban mendekati benar       = 3

-      Menjawab dengan jawaban salah                           = 2

-      Menulis soal saja                                                      = 1

-      tidak dijawab                                                             = 0

           Nilai = jumlah skor (10)

            

                                                                                      Sukadana, Juli  2022   

Kepala SMK Darurrohmah                                           Guru Mata pelajaran 

 

 

Hi. Oman Rohman, M.Pd.I                                       Widya Agung Herlambang, ST             

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

(RPP)

Mata Pelajaran               :  Chasis Dan SPT

Kelas/semester             :  XII / 6

Pertemuan ke                :  2

Alokasi Waktu                :  2 x 45 menit

Standar Kompetensi   :  Memperbaiki roda dan ban

Kompetensi Dasar       :  Memeriksa roda

Indikator Pencapaian Kompetensi  (IPK) :

1. Pemeriksaan pelek/roda dijelaskan sesuai buku informasi

2. Pemeriksaan roda/pelek dilakukan sesuai servis manual

3. Data yang tepat  sesuai hasil pemeriksaan

I.    Tujuan Pembelajaran

Setelah menggali informasi dan diskusi, Siswa dapat :

§  Melaksanakan pemeriksaan roda dan pemasangannya dari kerusakan dan keausan, kelayakan, material asing dan keretakan.

§  Melaksanakan pemeriksaan spesifikasi dan membandingkan kondisi keadaan roda.

§  Menjelaskan temuan yang didapat dan merekomendasikan secara lengkap.

II.        Materi Pokok

1. Pemeriksaan roda

III.       Metode Pembelajaran

a.    Informasi

b.    Penugasan

c.    Diskusi

d.Demonstrasi

IV.      Langkah-langkah Pembelajaran

Kegiatan Awal (15 menit)

§  Doa.

§  Pengantar materi dan motivasi.

Kegiatan Inti  (60 menit)

        1. Mendiskripsikan jenis dan karakteristik kerusakan pada roda.pelek

        2. Mendiskripsikan teknik pemeriksaan roda dengan menggali

            berbagai informasi

        3. Memeriksa roda mengikuti servis manual

        4. Melaksanakan prosedur perbaikan pelek/roda

Kegiatan Akhir (15 menit)

§  Siswa mengerjakan latihan soal-soal.

§  Guru memberikan penilaian

V.       Alat dan Sumber Belajar

§  Modul   Roda dan ban

§  Buku referensi yang menunjang

·        Peralatan tangan

·        Laptop, LCD, Internet

VI.      Penilaian

§  Test tertulis

§ Non test (observasi/cek list) dan lisan

 

     

                                                                                 Sukadana,   Juli  2022

Mengetahui,

Kepala SMK Darurrohmah                                  Guru Mata pelajaran                            

 

 

 

Hi. Oman Rohman, M.Pd.I                            Widya Agung Herlambang, ST

 

 

 

 

 

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Nama Sekolah              : SMK Darurrohmah

Mata Pelajaran               :  Chasis SPT

Kelas/semester             :  XII / 6

Tahun Pelajaran           : 2022 – 2022

Pertemuan ke                :  3

Alokasi Waktu                :  2 x 45 menit

Standar Kompetensi    :  Memperbaiki roda dan ban

Kompetensi Dasar       :  Memasang ulang roda

Indikator  Pencapaian Kompetensi (IPK) :

1. Teknik pemasangan roda dijelaskan sesuai servis manual

2. Penentuan penggunaan roda/pelek dijelaskan sesuai buku informasi

3. Pemasangan roda dilaksanakan tanpa menyebabkan kerusakan pada

    kelengkapan tempat kerja atau kendaraan

I.          Tujuan Pembelajaran

Setelah menggali informasi, diskusi dan disediakan peralatan, Siswa

dapat :

§  Memahami urutan dan momen pengencangan roda sesuai dengan spesifikasi secara lengkap.

§  Menggunakan penggunaan peralatan dan perlengkapan keamanan tempat.

§  Melakukan pemasangan roda-roda dengan aman dan memastikan urutan pengencangan dan momen pengencangan sesuai spesifikasi.

§  Melakukan pemeriksaan kerja roda untuk pemasangan roda yang benar dan kemungkinan keausan.

II.        Materi Pokok

§  Prosedur pemasangan roda

§  Metode pengencangan baut

III.       Metode Pembelajaran

a.    Ceramah / Informasi

b.    Penugasan

c.    Diskusi

d.    Demonstrasi/praktek

IV.      Kegiatan  Pembelajaran

Kegiatan Awal (15 menit)

§  Doa, baca surat pendek, absensi).

§  Pengantar materi dan motivasi.

Kegiatan Inti (60 menit)

§  Menggali informasi mengenai teknik pemasangan roda dari berbagai infomasi.

§  Mempelajari cara mengoperasikan peralatan dan perlengkapan pemasangan roda  sesuai dengan SOP dengan menggali informasi dari modul dan pengamatan di bengkel.

Kegiatan Akhir (15)

§  Siswa mengerjakan latihan soal-soal

§  Guru memberikan penilaian

V.       Alat dan Sumber Belajar

§  Modul   roda dan ban

§  Buku referensi lain yang menunjang

·        Peralatan tangan, unit mobil

·        Laptop, LCD, Internet

VI.      Penilaian

§  Test tertulis

§ Non test (observasi/cek list) dan lisan

§ Praktek

Soal

         1.  Jelaskan tentang prosedur pemasangan roda dan pengencangan

               mur roda !

         2.  Sebutkan metode pengencangan baut !

         Kunci Jawaban

          1. a. Pastikan bahwa kendaraan berada pada tempat yang rata dan

                    roda diganjal. Pompa ban dengan kompresor dengan                  tekanan yang sesuai dengan peruntukan ban. Peralatan yang perlu disiapkan antara lain: Tire gauge (alat ukur tekanan ban), Chuck udara untuk ban, udara bertekanan, kunci roda dan jack stand.

               b. Tempatkan roda pada lubang baut-baut roda  sehingga posisinya tepat dan benar sesuai dengan tanda pemasangannya.

              c. Dongkraklah kendaraan dan kemudian ambil stand dari bawah kendaraan.

              d. Keraskan mur roda dengan urutan seperti pada gambar disamping ini,  Torsi : 600 kgf-cm (59 N.m; 43 lbf.ft).

          2. Metode pengencangan baut ada dua, yaitu: metode elastic region (konvensional) dan metode plastic region (angle torque).

Pedoman  Penilaian/Penskoran :

-      Menjawab dengan benar sempurna                    = 5

-      Menjawab dengan benar                                      = 4

-      Menjawab dengan jawban mendekati benar      = 3

-      Menjawab dengan jawaban salah                        = 2

-      Menulis soal saja                                                   = 1

-      tidak dijawab                                                          = 0

 

Nilai = jumlah skor (10)

 

  Mengetahui                                                            Sukadana,    Januari 2022`

Kepala SMK Darurrohmah                                Guru Mata Pelajaran,

 

 

 

 

Hi. Oman Rohman, M.Pd.I                            Widya Agung Herlambang, ST

 

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Nama Sekolah               : SMK Darurrohmah

Mata Pelajaran               :  Chasis SPT

Kelas/semester             :  XII / 6

Tahun Pelajaran            : 2022 – 2022

Pertemuan ke                :  4

Alokasi Waktu                :  2 x 45 menit

Standar Kompetensi    :  Memperbaiki roda dan ban

Kompetensi Dasar       :  Memeriksa ban

Indikator                          :

§  Pembongkaran dan penggantian ban dalam dan luar dilaksanakan tanpa menyebabkan kerusakan terhadap komponen/sistem lainnya.

§  Informasi yang benar diakses dari spesifikasi pabrik dan dipahami.

§  Data yang tepat dilengkapi sesuai hasil pembongkaran dan penggantian.

§  Seluruh kegiatan pembongkaran, pemasangan dan penggantian dilaksanakan berdasarkan SOP (Standard Operation Procedures), undangundang K 3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja), peraturan perundangundangan dan prosedur/ kebijakan perusahaan.

§  Mengetahui keandalan perusahaan dalam hal perbaikan ban.

I.          Tujuan Pembelajaran

Setelah menggali informasi dan diskusi, Siswa dapat :

§  Melakukan cara pemeriksaan ban dalam dan ban luar.

§  Mengidentifikasi jenis kerusakan pada ban biasa dan ban tubeless.

§  Melakukan prosedur perbaikan ban luar dan ban dalam.

II.        Materi Pokok

§  Prosedur pemeriksaan ban untuk menentukan kemampuan perbaikan (keseluruhan, sebagian atau tidak dapat diperbaiki).

§  Peraturan kelaikan jalan berhubungan pada ban dan pelek.

§  Prosedur pembongkaran, perbaikan, dan penggantian ban luar dan dalam.

III.       Metode Pembelajaran

a.    Informasi

b.    Penugasan

c.    Diskusi

         d.  Demonstrasi  

IV.      Langkah-langkah Pembelajaran

         Kegiatan Awal (20 menit)

§  Doa.

§  Pengantar dan motivasi.

Kegiatan Inti (135 menit)

§  Menentukan tingkat keausan telapak ban secara visual.

§  Menginterpretasikan keausan ban.

§  Melakukan pemeriksaan ban dalam dan ban luar sesuai SOP.

§  Melaksanakan penggantian ban dalam dan ban luar.

Kegiatan Akhir (25 menit)

§  Siswa mengerjakan latihan soal-soal

§  Guru memberikan penilaian

V.       Alat dan Sumber Belajar

§ Modul   ban luar dan dalam

§ Buku referensi lain yang berhubungan

§ Peralatan tangan

VI.      Penilaian

§  Test tertulis

§ Non test (observasi/cek list) dan lisan

Soal

1.    Jelaskan yang dimaksud Indikator Keausan Ban (T.W.I = Tread Wear Indicator) !

2.    Sebutkan macam-macam keausan ban !

Kunci Jawaban

1.    Indikator keausan ban adalah tonjolan di dalam tread yang jumlahnya empat sampai enam di sekeliling ban. Tingginya 1,6 sampai 1,8 mm dari dasar tread. Apabila keausan tread mencapai indikator, hal ini menunjukkan batas keausan ban dan saatnya ban harus diganti.

2.    a. Ban Aus Pada Shoulder Atau Di Tengah, disebabkan terutama karena tekanan ban.

b. Keausan Ban Sebelah Dalam Atau Sebelah Luar, dapat disebabkan oleh : Keausan karena menikung, berbelok dengan kecepatan yang berlebihan, kelonggaran yang berlebihan pada bagian suspensi mengakibatkan keausan ban tidak normal, dan sudut camber yang tidak tepat.

c. Keausan Akibat Toe-In Atau Toe-Out (Aus Berbulu), penyebab utamanya adalah penyetelan toe-in yang tidak tepat.

d. Keausan Toe-and-Heel, aus sebagian yang sering terjadi pada ban dengan pola tread block dan lug.

e. Keausan Spot/Spot Wear (Cupping), membentuk lekukan seperti mangkok pada beberapa bagian tread roda.

 

Norma Penilaian

-      Menjawab dengan benar sempurna                    = 5

-      Menjawab dengan benar                                      = 4

-      Menjawab dengan jawban mendekati benar      = 3

-      Menjawab dengan jawaban salah                        = 2

-      Menulis soal saja                                                   = 1

-      tidak dijawab                                                          = 0

 

Nilai = jumlah skor (10)

                                                                        Sukadana,   Agustus  2022

Mengetahui,

Kepala SMK Darurrohmah                           Guru Bidang Studi

 

 

 

Hi. Oman Rohman, M.Pd.I                         Widya Agung Herlambang, ST

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Nama Sekolah              : SMK Darurrohmah

Mata Pelajaran               :  Chasis dan SPT

Kelas/semester             :  XII/ 6

Tahun Pelajaran           : 2022 – 2022

Pertemuan ke                :  5

Alokasi Waktu                :  4 x 45 menit

Standar Kompetensi    :  Memperbaiki roda dan ban

Kompetensi Dasar       :  Memasang ulang ban

Indikator                          :

§  Teknik pemasangan ulang ban dijelaskan sesuai servis manual

§  Pengoperasian wheel tire machine dijelaskan sesuai operation manual

§  Pemilihan ban ditentukan berdasarkan ukuran roda yang digunakan

§  Pemasangan ban dilakukan sesuai SOP dan K3

I.          Tujuan Pembelajaran

Siswa dapat :

§  Melakukan prosedur pemasangan ulang  ban dalam dan ban luar jenis biasa dan tubeles

§  Menjelaskan cara pengoperasian wheel tire machine.

§  Melakukan prsedur pembongkarn/ penggantian ban dalam & luar

II.        Materi Pokok

§  Prosedur pembongkaran ban dari pelek

§  Prosedur pemasangan ban

III.       Metode Pembelajaran

a.    Informasi

b.    Penugasan

c.    Diskusi

        d.  Demonstrasi 

IV.      Langkah-langkah Pembelajaran

         Kegiatan Awal (15 menit)

§  Doa, baca surat pendek, absensi.

§  Pengantar materi dan motivasi.

Kegiatan Inti (60 menit)

§  Menggali informasi tentang prosedur pemasangan  ban dalam dan ban luar

§  Melaksanakan pemasangan ban dalam dan ban luar untuk menentukan kerusakan  sesuai SOP.

§  Melaksanakan pemasangan ban dalam dan ban luar.

Kegiatan Akhir

§  Siswa mengerjakan latihan soal-soal.

§  Guru memberikan penilaian.

V.       Alat dan Sumber Belajar

§  Modul   ban luar dan dalam

§  Buku referensi lain yang berhubungan

·        Peralatan tangan, unit kendaraan

VI.      Penilaian

§  Test tertulis

§  Non test (observasi/cek list) dan lisan

Soal

1.    Jelaskan prosedur pembongkaran ban dari pelek !

2.    Jelaskan prosedur pemasangan ban !

Kunci Jawaban

1.    a)  Pasang ban yang telah kempes pada sisi samping mesin.

b) Posisikan bilah penekan dengan menggeser handle pada sisi

     samping  ban berjarak 5 mm dari rim.

c) Selama proses pengepresan, tangan tidak berada di posisi

    samping ban karena berbahaya.

d) Tekan pedal, maka bilah penekan akan menekan sidewall

     dengan tekanan yang cukup kuat sampai kedua bead lepas

     dari rim.

e) Tempatkan roda di atas mesin, tekan pedal sampai posisi

     pelek terjepit dengan kuat.

f)  Posisikan pengait pelepas ban, 2 mm di atas rim.

g) Gunakan sendok ban untuk mencongkel sisi samping ban dan

     menepatkan dengan pengait sampai pengait masuk ke dalam

     bead.

h) Tekan pedal pemutar, maka mesin akan memutarkan ban

     berlawanan arah jarum jam (anticlock wise), maka bead akan

     terlepas dari rim.

i)   Keluarkan ban dalam dari pelek dengan menarik secara

     perlahan.

j)  Untuk melepas bead sisi bawah, tempatkan pengait pada rim

    sisi bawah.

k)  Tekan pedal, maka mesin akan berputar berlawanan arah

      jarum jam dan ban akan terlepas dari peleknya.

2.    a)  Tempatkan pelek di atas mesin.

b)  Tempatkan ban di atas pelek, masukkan bead ke salah satu

     sisi samping pelek.

c) Tempatkan tuas pemasang pada bead sisi bawah dan tekan

    pedal pemutar, maka mesin akan berputar searah jarum jam,

    maka bead bawah akan terpasang pada pelek.

d)  Masukkan ban dalam dan tepatkan pentil pada lubangnya

     sampai posisi tegak lurus terhadap pelek.

e)  Pasang tuas pengait pemasang, setel posisi tuas 2 mm di sisi

     atas rim.

f)  Tekan pedal pemutar (panah kanan), maka mesin akan

     berputar searah jarum jam, secara perlahan ban akan

     terpasang pada pelek.

g)  Posisikan ban luar terhadap pelek dengan cara menekan sisi

     bead, maka ban akan tertata rapi pada peleknya.

h)  Pasang katup pentil ban dengan menggunakan kunci pentil.

i)  Pompa ban dengan kompresor dengan tekanan yang sesuai

    dengan peruntukan ban.

Norma Penilaian

-      Menjawab dengan benar sempurna                    = 5

-      Menjawab dengan benar                                      = 4

-      Menjawab dengan jawban mendekati benar      = 3

-      Menjawab dengan jawaban salah                        = 2

-      Menulis soal saja                                                   = 1

-      tidak dijawab                                                          = 0

Nilai = jumlah skor (10)

 

       Mengetahui                                         Sukadana,       September  2022

 Kepala SMK Darurrohmah,                              Guru Mata Pelajaran

 

 

 

Hi. Oman Rohman, M.Pd.I                            Widya Agung Herlambang, ST

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

(RPP)

Nama Sekolah              : SMK Darurrohmah

Mata Pelajaran               :  Chasis dan SPT

Kelas/semester             :  XII / 6

Tahun Pelajaran           : 2022 – 2022

Pertemuan ke                :  6

Alokasi Waktu                :  2 x 45 menit

Standar Kompetensi    :  Memperbaiki roda dan ban

Kompetensi Dasar       :  Membalans roda dan ban.

Indikator Pencapaian Kompetensi :     :

§  Kegunaan kebalance  roda dijelaskan sesuai buku informasi

§  Teknik membalans roda dijelaskan sesuai servis manual

§  Merotasi roda dilakukan sesuai servis manual

§  Balance roda dilaksanakan sesuai SOP industri yang telah ditetapkan

I.          Tujuan Pembelajaran

Setelah menggali informasi dan diskusi, Siswa dapat  :

§        Menjelaskan kegunakan membalance roda

§  Menjelaskan Prosedur pengoperasian pembalans roda

§  Memahami Peralatan dan kelengkapan pembalans roda/ban sesuai dengan data spesifikasi pabrik

II.      Materi Pokok

§  Prosedur pengoperasian pembalans roda

§  Peralatan dan kelengkapan pembalans roda/ban sesuai dengan data spesifikasi pabrik

III.     Metode Pembelajaran

a.    Informasi

b.    Penugasan

c.    Diskusi

d.    Demonstrasi

IV.    Langkah-langkah Pembelajaran

         Kegiatan Awal (15  menit)

§  Doa, baca surat pendek, absensi.

§  Pengantar materi dan motivasi.

Kegiatan Inti (60 menit)

·        Mendiskripsikan  tujuan balans roda dan akibat tidak balans melalui penggalian informasi dari modul.

·        Mendiskripsikan tujuan merotasi ban dengan menggali berbagai informasi

·        Mendiskripsikan pengertia tidak balance  dan tidak balance statis melalui penggalian informasi pada modul

·        Merotasi dan membalance roda dengan mengikuti SOP / servis manual

Kegiatan Akhir

§  Siswa mengerjakan latihan soal-soal

§  Guru memberikan penilaian

V.       Alat dan Sumber Belajar

·        Modul  Wheel Balancing

·        Peralatan tangan

VI.      Penilaian

·        Tes Tertulis

·        Non test (observasi/cek list) dan lisan

Soal

1.    Jelaskan prosedur yang perlu dilakukan sebelum membalans roda/ban !

2.    Jelaskan langkah-langkah membalans statik pada ban/roda !

 

Kunci jawaban

1.    a)   Periksalah kemungkinan ada potongan logam atau batu dan lain-latn yang terselip pada alur tread, dan periksalah juga kemungkinan bagian tread pecah atau rusak.

b)   Periksalah kemungkinan ada lumpur atau pasir yang melekat pada bagian dalam pelek.

c)    Periksalah apakah getaran ban jelas terlihat.

d)  Periksalah kalau-kalau ada benda asing yang masuk di dalam ban (Dengarkan suara di dalam ban).

2.    a).   Melepaskan roda dari kendaraan

b). Melepaskan seluruh masa bobot yang ada pada pelek sebelum dilakukan penyeimbangan

c).  Memperbaiki keseimbangan statis roda, yaitu dengan cara menjepitkan bobot timah pada pelek, berlawanan dengan posisi bagian yang berat.

d).   Memeriksa kembali (menyeimbangkan roda) untuk memastikan hasil yang diinginkan

e). Memeriksa roda dengan keseimbangan dinamik, apabila keseimbangan statis tidak baik.  

 

Norma Penilaian

-      Menjawab dengan benar sempurna                    = 5

-      Menjawab dengan benar                                      = 4

-      Menjawab dengan jawban mendekati benar      = 3

-      Menjawab dengan jawaban salah                        = 2

-      Menulis soal saja                                                   = 1

-      tidak dijawab                                                          = 0

 

Nilai = jumlah skor (10)

 

        Mengetahui                                      Sukadana,       September 2022

     Kepala SMK Darurrohmah                         Guru Mata Pelajaran

 

 

 

 

    Hi. Oman Rohman, M.Pd.I                   Widya Agung Herlambang, ST

 

 

Author Box

Assalamu’alaikum wr. Wb. Salam sejahtera untuk anda semua. Selamat bergabung dengan blog Otomediashare, blog yang menghimpun dan membagi berita, informasi terkini, dan pengetahuan seputar dunia otomotif. Mari maju bersama Otomediashare. Wassalam. , Follow us on: Facebook & Twitter

  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...

0 komentar:

Posting Komentar