Featured

Recent Posts

Jumat, 05 Februari 2016

CARA MENGGUNAKAN SCANNER MESIN EFI

CARA MENGGUNAKAN SCANNER


Menganalisa Trouble Shooting Pada Mesin EFI
A. TUJUAN PEMBELAJARAN :
     • Dapat mendeteksi gangguan pada engine menggunakan scanner
     • Menggunakan/mengoperasikan engine scanner
B. ALAT dan BAHAN :
    1. Tool box set
    2. Bensin
 
    3. Engine stand (Toyota)
    4. Engine scanner
 
C. LANGKAH KERJA :
     - Lakukan pemeriksaan pada oli mesin
     - Lakukan pemeriksaan pada air dingin
     - Hidupkan mesin hingga mencapai suhu kerja (hingga kipas pendingin menyala)
     - Matikan mesin
     - Pasang engine scanner
     - Check apakah sudah conect  atau tidak (lampu chek harus berkedip)
     - Hidupkan mesin
     - Tekan tombol power
     - Pilih menu start
     - Pilih menu GAG lalu menu GD SCAN
     - Pilih menu start
     - Tunggu sampai muncul logo semua mobil (pilih Toyota)
     - Tunggu hingga muncul Toyota/lexus v26.00 all system
     - Reseting smart box (success)
     - Cheeking (success)
     - Down loading program (success)
       Tekan OK
     - Tunggu sampai muncul dilayar :
        - Europa and gen
        - North America
        - Japan  :  Pilih japan
     - Pilih : - ( Toyota -7 F ) or (Toyota -22) connector
     - Tunggu hingga muncul :
        - Engine
 
        - SRS air bag
        - ABS
          PILIH ENGINE
      - Tunggu hingga muncul select ( Toyota -7 F ) or (Toyota -22) connector.tekan YES
      - Tunggu hingga muncul :
         - DTC INFO
         - Clear DTCS
 
         - Data list (pilih data list)
      - Tunggu hingga muncul :
         -9208
         - 9208-
D. HASIL ANALISA :
     - Engine speed : 600 rpm
     - Injection pulse : 4.6 ms
     - Idle control : 130 step
     - Air flow : 0.47 v
     - Intake manifold pressure : 28 mmHg/72
     - Left air/fuel : 0.51 v
     - Raigh air/fuel : 0.00 v
     - Throttle opening : 0 Deg
Untuk memilih data selanjutnya pilih page down/page up
    - Ignition advance angel : 10 Deg
    - Vehicle speed : 0 km/h
    - Coolant temp : 64 ºC
    - L 02 sensor status : lean
    - R02 sensor status : lean
    - L open/close lop : open
    - R open/close lop : open
    - Knok sensor : no
Untuk memilih data selanjutnya pilih page down/page up
    - Star switch : off
    - Idle switch : on
    - A/ C cluth : off
    - P/N SW : R-D-
    - Warm start enrich : no
    - Enrich after starting : yes
    - STARTING
    - Jika ingin diprint pilih print, jika ingin grafik 1/grafik 2 pilih salah satu

Hasil pengukuran
No.  Nama komponen      Spesifikasi           Kondisi          Keterangan
1.
 Intake air pressure sensor (31) 19,25 Ω Kurang baik. dilepas  dan dibersihkan,dan di cek  
    pada  soketnya/perbaiki
2.
 Coolant temperature         sensor (22) 69 Ω    Baik 
3.
 Throtttle position sensor (41) 3,80 Ω Baik 
4.
 Intake air temperatur sensor (24) 9,04 Ω 1,42 V Baik 
5.
 Fuel Injektor 1
    Fuel Injektor 2
    Fuel Injektor 3
    Fuel Injektor 4 16,1 Ω → 0,36 V
16,0 Ω → 0,30 V
15,8 Ω → 0,30 V
15,9 Ω → 0,27 V Baik
 
6.
 Celah pada busi
Busi 1
Busi 2
Busi 3
Busi 4
 
0,60 mm
0,70 mm
0,30 mm
0,70 mm Baik Hanya dibersihkan dan celah busi dibuat menjadi 0,70 mm semua.
7.
 Kabel busi 1
Kabel busi 2
Kabel busi 3
Kabel busi 4 10,8 Ω
10,03 Ω
8,5 Ω
7,09 Ω baik Cek pada soketnya

E. KESIMPULAN
 
     Siswa di harapkan mampu menggunakan scanner untuk mesin EFI, dan mengetahui letak sensor 
     sensor pada engine dan fungsi sensor, serta mengetahui spesifikasi dari sensor, spark pulg, kabel
     tegangan tinggi dan perangkat elektrik lainnya.





Author Box

Assalamu’alaikum wr. Wb. Salam sejahtera untuk anda semua. Selamat bergabung dengan blog Otomediashare, blog yang menghimpun dan membagi berita, informasi terkini, dan pengetahuan seputar dunia otomotif. Mari maju bersama Otomediashare. Wassalam. , Follow us on: Facebook & Twitter

  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...

0 komentar:

Posting Komentar