RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
SEKOLAH : SMK Gajah Tunggal Metro
MATA DIKLAT : Kompetensi
Kejuruan Teknik Kendaraan Ringan
KELAS/SEMESTER : XI/ (genap)
STANDAR KOMPETENSI : Memelihara Battere
KODE KOMPETENSI : 020-KK15
ALOKASI WAKTU : 1
x 45 menit
PERTEMUAN KE- : 1
(Pertama)
I. STANDAR KOMPETENSI : Memelihara Battere
II. KOMPETENSI DASAR : 15. Pengujian battere
III.
INDIKATOR :
·
Mengidentifikasi
macam-macam battere secara mandiri
·
Mempelajari
konstruksi battere secara tekun, teliti
dan memiliki rasa
ingin tahu
IV. TUJUAN PEMBELAJARAN :
Setelah materi
pembelajaran selesai, diharapkan:
1. Siswa dapat
menjelaskan fungsi battere
2. Siswa dapat
menjelaskan nama komponen battere
3. Siswa dapat
menjelaskan fungsi komponen battere
4. Siswa dapat
menjelaskan konstruksi battere
V. MATERI PEMBELAJARAN :
·
Macam-macam battere dan fungsinya
·
Nama komponen dan fungsi komponen
·
Konstruksi battere
VI. METODE PEMBELAJARAN :
TEORI : Ceramah, Tanya Jawab, Diskusi
PRAKTIK: Demonstrasi
Dan Praktik Langsung
VII. LANGKAH LANGKAH KEGIATAN :
a. Kegiatan Awal
-
Membuka pelajaran
-
Apersepsi dan Presensi
-
Menjelaskan deskripsi singkat materi yang akan dibaha
-
Menjelaskan relevansi dan kegunaan dari materi serta tujuan yang ingin
dicapai setelah mempelajari materi sesuai kompetensi dasar
b. Kegiatan inti
-
Kegiatan Guru
1) Menyampaikan
materi macam macam batere dan fungsi
battere
2) Menunjukkan
komponen battere
3) Menyampaikan
materi fungsi komponen battere
4) Menunjukkan konstruksi
battere
-
Kegiatan siswa
1) Mendengar dan
mencatat materi yang diberikan
2) Mendiskusikan
fungsi komponen battere
3) Mengerjakan
Lembar Kerja Siswa
4) Mendiskusikan
Konstruksi battere
C. Kegiatan Penutup
-
Menjelaskan/menunjukkan langkah langkah kerja jika ada kesulitan
-
Menanyakan kembali jika ada siswa yang belum jelas
-
Menyimpulkan
-
Memberikan tugas untuk dikerjakan dirumah (terstruktur) yaitu:
Mengidentifikasi jenis-jenis battere yang ada dipasaran beserta spesifikasinya
VIII. SUMBER BELAJAR :
§ Modul perawatan
battere
§ LKS Battere
§ Unit Battere
§ Alat tangan
§ Spesial tools
IX. EVALUASI
A. Test tertulis
B. Non test
(observasi/cek list) dan lisan
Soal/Pertanyaan: (tertulis)
1.
Sebutkan Fungsi battere
pada kendaraan
2.
Sebutkan komponen
–komponen battere
Kunci Jawaban
- Battere
pada kendaraan berfungsi sebagai sumber arus dan penyimpan arus sementara
serta penyedia arus listrik bagi komponen-komponen kelistrikan yang
memerlukan suplai listrik pada saat mesin tidak bekerja.
- Komponen
Battere Meliputi:
-
Plat positif yang terbuat dari bahan lead peroxide
-
Plat negative yang terbuat dari
lead sulfide
-
Sparator untuk membatasi plat positif dan negative
-
Terminal-terminal
-
Elektrolit yang mengandung 40% asam sulfat dan 60% air
-
Kotak battere yang tahan terhadap cairan asam
-
Lubang pengisian dan tutup sumbat yg ada lubang penguapan gas.
Kriteria
Penilaian Test tertulis:
NO
|
KRITERIA
JAWABAN
|
SKOR
|
1
|
Dijawab dengan
tepat dan sesuai
|
10
|
2
|
Dijawab
sebagian besar sesuai
|
80
|
3
|
Dijawab
sebagian kecil sesuai
|
50
|
4
|
Dijawab tetapi
jawaban tidak sesuai sama sekali
|
20
|
5
|
Tidak dijawab
sama sekali
|
10
|
|
SKOR MAKSIMAL
|
100
|
Mengetahui Metro,
23 September 2012
Kepala SMK Gajah Tunggal Metro Guru
Mata Diklat
AGUNG HERLAMBANG,
S.T Otomediashare
0 komentar:
Posting Komentar