Mobil berjalan di atas ban yang terisi
udara bertekanan. Ban berfungsi untuk :
- Menopang seluruh berat kendaraan.
- Memindahkan tenaga dan gaya pengereman ke permukaan jalan.
- Menyerap kejutan yang diterima dari permukaan jalan yang tidak rata.
- Menjadikan sistem kemudi dapat bekerja.
KONSTRUKSI BAN
TIPE BAN
- Ban Bias
- Ban Bias
Carcass untuk ban bias (bias-ply
tire) disusun dari lapisan benang benang yang membentuk sudut 30° - 40°
terhadap garis tengah ban.
Ban bias menghasilkan jalannya kendaraan lebih lembut, tetapi kemampuan belok dan ketahanan membelok dan ketahanan ausnya berkurang bila dibandingkan dengan ban radial.
Ban bias menghasilkan jalannya kendaraan lebih lembut, tetapi kemampuan belok dan ketahanan membelok dan ketahanan ausnya berkurang bila dibandingkan dengan ban radial.
- Ban Radial
Carcass ban radial terdiri dari lapisan benang-benang yang tegak lurus
terhadap garis tengah ban. Konstruksi seperti ini sangat fleksibel
pada arah radial, tetapi kurang tahan terhadap beban memanjang oleh karena
dilengkapi oleh belt (rigid breaker) yang terbuat dari benang textil kuat atau
kawat yang dibalut karet. Ban radial menghasilkan jalannya
kendaraan kurang nyaman saat berjalan di jalan yang tidak rata dengan
kecepatan rendah, tetapi kemampuan belok dan ketahanan membelok dan ketahanan
ausnya lebih baik bila dibandingkan dengan ban bias.
Ban biasa di dalamnya terdapat ban
dalam untuk menampung udara yang dipompakan ke dalam ban. Katup atau pentil
(air valve) menjadi satu dengan ban dalam. Ban biasa akan langsung kempes bila
tertusuk benda tajam.
- Ban Tubeless
Ban tubeless (ban tanpa ban dalam)
tekanan udaranya hanya ditahan oleh inner liner (lapisan
karet kedap udara). Air valve terpasang pada pelek.
karet kedap udara). Air valve terpasang pada pelek.
Ban radial tidak akan langsung
kempes bila tertusuk benda tajam
SISTEM KODE SPESIFIKASI BAN
Sistem kode spesifikasi ban terdapat pada side wall.
SISTEM KODE SPESIFIKASI BAN
Sistem kode spesifikasi ban terdapat pada side wall.
- 205 menunjukkan kode lebar telapak ban menggunakan satuan milimeter
- 60 menandakan kode tinggi dalam satuan persen (%) dari telapak ban
- R menunjukkan kode konstruksi Ban Radial
- 16 kode diameter pelek dalam inchi
- 92 kode beban maksimum
- H kode batas kecepatan maksimum
Kode Kecepatan Maksimum yang Diizinkan
PERAWATAN BAN
TEKANAN
UDARA BAN
Tekanan udara pada ban adalah faktor penting bagi kemampuan dan keselamatan berkendaraan. Meskipun ban dibuat dari bahan yang rapat, udara masih dapat bocor walaupun sedikit. Oleh karena itu tekanan ban harus diperiksa secara teratur
Tekanan udara pada ban adalah faktor penting bagi kemampuan dan keselamatan berkendaraan. Meskipun ban dibuat dari bahan yang rapat, udara masih dapat bocor walaupun sedikit. Oleh karena itu tekanan ban harus diperiksa secara teratur
1.
Tekanan Udara Ban yang Berlebihan
Tekanan udara yang berlebihan dapat menyebabkan :
Tekanan udara yang berlebihan dapat menyebabkan :
·
Kemampuan pengereman dan stabilitas berkendara berkurang.
·
Kenyamanan berkendara berkurang.
·
Bagian tengah tread aus lebih cepat.
·
Lapisan benang ban terlalu tegang dan mudah rusak karena
adanya tumbukan dari luar.
·
Lapisan tread mudah terkelupas karena panas gesekan
terkonsentrasi pada bagian tengah tread.
2.
Tekanan Udara Ban yang Kurang
Tekanan udara yang kurang dapat menyebabkan
Tekanan udara yang kurang dapat menyebabkan
-
Gesekan ban dengan jalan bertambah sehingga menyerap tenaga.
-
Kemudi bertambah berat.
-
Tepi ban aus lebih cepat.
-
Ban menjadi terlalu lentur sehingga temperatur dalam ban bertambah, dan ban
dapat pecah pada kecepatan tinggi.
-
Pada kecepatan tinggi cenderung terjadi standing wave dan hydroplaning
ROTASI
BAN
Umumnya
ban depan pada kendaraan yang berpenggerak roda belakang, keausannya lebih
cepat 20-30 % dari pada roda belakang
Keausan pada tepi bagian luar lebih
cepat, penyebabnya adalah :
- Pada umumnya beban bekerja lebih besar pada roda depan dibanding roda belakang.
- Pada saat membelok beban terbesar bekerja pada roda depan bagian luar.
- Pada roda depan terdapat camber dan toe in.
Ban Bias
- Pada umumnya beban bekerja lebih besar pada roda depan dibanding roda belakang.
- Pada saat membelok beban terbesar bekerja pada roda depan bagian luar.
- Pada roda depan terdapat camber dan toe in.
Ban Bias
Rotasi
Ban Radial
Bila
ban radial dipindahkan ke sisi lain akan menimbulkan suara berisik dan ban akan
cepat rusak, sebab arah putaran roda menjadi berlawanan dengan arah semula.
0 komentar:
Posting Komentar