Featured

Recent Posts

Senin, 01 Februari 2016

LANGKAH KERJA TUNE UP

Engine Tune Up Mobil Bensin 4 Tak 4 silinder Konvensional



1. Langkah awal sebelum melakukan Engine Tune Up 
     a.    Pemeriksaan air pendingin mesin
            1)    Periksa permukaan air pendingin mesin.
                    Kalau tinggi air kurang atau di bawah tanda LOW, tambahkan air hingga mencapai tanda
                    FULL.

                    Hasil pemeriksaan:………………………. Kesimpulan:………………………………

             2)    Periksa sistem pada tekanan 0,9 kg/cm² terhadap kebocoran. Dengan menggunakan
                    radiator cap tester.
                    Hasil pemeriksaan:……………………… Kesimpulan:……………………………….
             3)    Periksa kualitas air pendingin
                    Gantilah air pendingin jika sudah terlalu kotor.
                    Hasil pemeriksaan:……………………….
                    Kesimpulan:………………………………
            4)    Memeriksa tutup radiator
                   Tekanan pembukaan standar : 0,75 – 1,05 kg/cm² (10,7 – 14,9 psi)
                   Tekanan pembukaan minimum : 0,6 kg/cm2 (8,5 psi)
                   Apabila tekanan pembukaan kurang dari minimum, maka tutup radiator perlu diganti.
                   Hasil pemeriksaan:……………………….
                   Kesimpulan:………………………………
  1. Pemeriksaan oli mesin
         1)  Memeriksa kualitas oli mesin
              Periksa dari keadaan yang memburuk, mengandung air, berubah warna atau encer. Jika
              kualitasnya buruk maka gantilah oli mesin
              Hasil pemeriksaan:………………………
              Kesimpulan:………………………………
        2)   Memeriksa tinggi permukaan oli mesin
              Berada antara tanda “L” dan “F” pada tongkat pengukur.
              Jika terlalu rendah, periksa apakah ada kebocoran. Tambahkan oli mesin hingga tanda “F”.
              Hasil pemeriksaan:………………………
              Kesimpulan:………………………………
  1. Pemeriksaan elemen saringan udara
         1)    Keluarkan elemen saringan udara dari rumah saringan udara
         2)    Lihat/periksa apakah elemen saringan udara terlalu kotor, rusak atau basah terkena oli. Bila
                perlu gantilah elemen saringan udara.
               Hasil pemeriksaan:…………………………
               Kesimpulan:……………………………………………………………..
        3)    Bersihkan elemen saringan udara dengan kompressor.
               Tekanan udara kompresor tidak lebih dari 4.0 Kg/cm2.
               Gantilah elemen saringan udara kalau sudah terlalu kotor
               Hasil pemeriksaan:………………………
               Kesimpulan:………………………………
        4)    Pasang elemen saringan udara kedalam rumah saringan
        5)    Kunci pengunci (klip) tutup saringan udara.
  1. Pemeriksaan kabel busi dan distributor
         1)   Secara visual periksa kabel-kabel busi dari kelonggaran sambungan-sambungannya,
                keadaannya memburuk, retak atau kerusakan lainnya.
                Hasil pemeriksaan:………………………
                Kesimpulan:………………………………
         2)    Periksa tahanan kabel busi
                Dengan menggunakan multimeter kurang dari 25 kW.
                Kabel busi no 1 :………………………
                Kabel busi no 2 :………………………
                Kabel busi no 3 :………………………
                Kabel busi no 4 :………………………
                Kabel tegangan tinggi :………………
                Kesimpulan:………………………………
  1. Pemeriksaan baterai
          1)    Periksa keadaan kontak baterai dari kerusakan dan keretakan
                 Apabila terminal baterai berkarat, bersihkan menggunakan sikat kawat atau amplas halus
                 Hasil pemeriksaan:………………………
                 Kesimpulan:……………………………
          2)    Pemeriksaan permukaan elektrolit baterai
                 Kalau tinggi permukaan elektrolit baterai pada sel dibawah garis “LOWER”, tambahkan
                 dengan air suling sampai garis “UPPER”
                 Hasil pemeriksaan:………………………
                 Kesimpulan:………………………………
          3)    Periksa berat jenis elektrolit baterai
                 Dengan hydrometer, ukur berat jenis elektrolit baterai pada tiap-tiap sel. Spesifikasi berat
                 jenis. (keadaan terisi penuh pada suhu 200C = 1,25 atau lebih)
                 BJ terukur :
                 Sel no 1 :………….    Sel no 4 :………..
                 Sel no 2 :………..       Sel no 5 :………..
                 Sel no 3 :………..       Sel no 6 :………..
                 Pengukuran Celcius:                           Berat jenis elektrolit pada temperatur 20 0 C :
                 S20 (0 C) = St + 0,0007 x (t – 20)       Sel no 1 :…………………………………………….
                                                                             Sel no 2 :……………………………………………
                 Dimana:                                              Sel no 3 :……………………………………………
  •        St   = BJ terukur                                  Sel no 4 :……………………………………………
  •         t     = Temperatur                                Sel no 5 :……………………………………………
                                                                              Sel no 6 :……………………………………………
                  Kesimpulan :………………………………………………………………………..
          4)    Ventilasi tutup sel baterai
                 Disemprot dengan kompresor sampai lubang tidak tersumbat.
  1. Pemeriksaan busi
         1)    Pemeriksaan elektroda busi
                Ukur tahanan isolator busi dengan pengukur tahanan isolator busi. Minimum tahanan isolator
                : 15 M Ohm, kurang dari 15 M Ohm, ganti.
               Hasil pemeriksaan:………………………
               Kesimpulan:………………………………
               1)    Start mesin pengukur dan panaskan mesin
               2)    Hidupkan mesin pada 4000 rpm (±5 detik)
               3)    Lepaskan busi dan pemeriksa secara visual
                      Busi kering : berarti baik
                      Busi basah : bersihkan dengan spark plug cleaner

                     Busi 1 :
………………………….                  Busi 2 : ………………………….
                     Busi 3 : ………………………….                  Busi 4 : ………………………….
                     Kesimpulan : ……………………………………………………………………
              4)    Pemeriksaan celah elektroda busi
                     Ukur celah elektroda busi dengan feeler gauge
                     Celah elektroda busi:
                      NIPPONDENSO : 0.7 – 0.8 mm
                      N G K                   : 0.8 – 0.9 mm
                      Stel celah busi dengan cara membengkokkan bagian dasar elektroda negatif.
                      Busi 1 : ………………………….                  Busi 2 : ………………………….
                      Busi 3 : ………………………….                  Busi 4 : ………………………….
                      Kesimpulan : ……………………………………………………………………
               5)    Membersihkan busi
                      Menggunakan spark plug cleaner.
                      Tekanan udara : tidak lebih dari 6Kg/cm2
                      Lama pembersihan : kurang dari 20 detik
                      Busi 1 : ………………………….                  Busi 2 : ………………………….
                      Busi 3 : ………………………….                  Busi 4 : ………………………….
                      Kesimpulan : ……………………………………………………………………
               6)    Memasang busi-busi
                      Pasang busi-busi dan kencangkan sesuai dengan momen spesifikasi :
                      1.5 – 2.2 kgf.m
               7)    Hubungkan kabel busi ke busi
  1. Pemeriksaan tali kipas
         1)    Lihat/periksa tali kipas secara visual dari retak atau sobek. Bila perlu gantilah tali kipas.
         2)    Ukurlah defleksi (ketegangan) tali kipas. Jika dibagian tengah antara alternator dengan 
                 pompa air ditekan dengan gaya 10 Kg (22 lb)
                 Spesifikasi tegangan tali kipas :
                Tali kipas baru  : 3,5 – 5,5 mm (ditekan 10 kg)
                Tali kipas lama : 4,5 – 6,5 mm (ditekan 10 kg)
                Hasil pemeriksaan:………………………
                Kesimpulan:………………………………
  1. Pemeriksaan kekencangan baut kepala silinder dan manifold
         Intake Manifold       :    1,5 – 2,2 kgf/m
         Exhaust Manifold    :    3,0 – 4,5 kgf/m
         Kepala silinder        :   5.0 – 6,0 kgf/m
  1. Pemeriksaan dan penyetelan katup
          1)    Panaskan mesin ± 5 menit dan matikan.
          2)    Lepaskan penutup kepala silinder dan mulailah menyetel celah katup
          3)    Piston No.1 di set pada titik mati atas pada akhir langkah kompresi dengan cara:
                 a)    Tepatkan tanda titik pada flywheel dengan tanda timing pada plat mesin.
                 b)    Periksa apakah rocker arm silinder No.1 bebas. Cocokan tabel dibawah ini, periksa dan
                        setel celah katup menggunakan feeler gauge. Tanda “O” menunjukkan katup-katup yang
                        dapat distel.
                 c)    Putar poros engkol 360 derajat, lakukan penyetelan katup yang belum distel
Spesifikasi :     IN         :           0,20 mm         EX       :           0,30 mm
                                            No.silinderKeadaan rocker arm
1
2
3
4
Jika rocker arm silinder no.1 bebas :Piston silinder no.1 pada TMA akhir langkah kompresi
IN
O
O
EX
O
O
Jika rocker arm silinder no.4 bebas :Piston silinder no.4 pada TMA akhir langkah kompresi
IN
O
O
EX
O
O

Silinder 1
Silinder 2
Silinder 3
Silinder 4
IN
EX
 



Kesimpulan : …………………………………………………………………………………
4)    Memasang penutup kepala silinder
        a)    Hapuslah oli dari permukaan gasket penutup kepala silinder.
        b)    Periksa gasket penutup kepala silinder. Ganti gasket jika diperlukan.
               Hasil pemeriksaan : ………………………………….
               Kesimpulan : …………………………………………………………………………….
        c)    Periksa karet penyekat (grommet) tabung busi dari kerusakan. Ganti karet penyekat jika perlu.
               Hasil pemeriksaan : ………………………………….
               Kesimpulan : ……………………………………………………………………………….
        d)    Pasang gasket kepala silinder diatas kepala silinder, berilah Threee Bond 1104 pada empat
                tempat diatas kepala silinder
        e)    Pasang penutup kepala silinder pada kepala silinder.
        f)     Kencangkan baut-baut kepala silinder.
                Momen pengencangan : 0,3 – 0,5 kgf.m
        g)    Kencangkan baut pengikat tutup timing belt.
                Momen pengencangan : 0,2 – 0,4 kgf.m
        h)    Pasangkan kabel busi, selang PCV, selang pengisian oli, klem selang radiator ke penutup                         kepala silinder.
        i)    Start mesin dan pastikan bahwa mesin tidak ada gangguan, misalnya oli bocor.
  1. Pemeriksaan distributor
         1)    Periksa permukaan titik kontak platina
                a)    Lepaskan kabel-kabel busi dan tutup distributor
                b)    Lepaskan tutup distributor
                c)    Lepaskan rotor
                d)    Periksa permukaan titik kontak platina. Pastikan bahwa permukaan platina tidak 
                       berlebihan atau rusak.
                       Hasil pemeriksaan:……………………
                       Kesimpulan:……………………………
         2)    Memeriksa dweel angle
                Rangkai dan bacalah dweel angle Dweel Angle : spesifikasi : 520
                Hasil :………………………
                Kesimpulan:………………
         3)    Periksa vacuum advancer
               a)    Lepaskan selang vacuum dari vacuum advancer
               b)    Berilah tekanan negatif lebih dari 150 mmHg dan perika kerja vacuum advancer, kalau 
                      vacuum advancer tidak bekerja, perbaiki atau ganti.
               c)    Hubungkan kembali selang vacuum ke vacuum advancer.
                      Hasil pemeriksaan:………………………
                      Kesimpulan:………………………………
        4)    Periksa governor advancer
               a)    Pasang rotor ke distributor
               b)    Putar rotor berlawanan dengan putaran jarum jam kemudian bebaskan. Pastikan bahwa
                       rotor dapat berputar kembali ke posisi semula dengan baik. Seandainya rotor tidak dapat
                       berputar kembali, perbaiki atau ganti rotor.
               c)    Periksa kelonggaran rotor.
                      Perbaiki atau ganti rotor jika kelongggaran terlalu besar
                      Hasil pemeriksaan:………………………
                      Kesimpulan:………………………………
        5)    Periksa tutup distributor
               Periksa tutup distributor dari keretakan. Periksa juga karbon elektroda tengah terhadap  
               kerusakan atau keausan dan sebagainya. Bila di jumpai kerusakan gantilah tutup distributor.
              Hasil pemeriksaan:………………………
              Kesimpulan:………………………………
       6)    Periksa rotor
              Periksa apakah rotor menunjukkan tanda-tanda keausan, korosi, retak dibagian yang kontak
              dengan karbon dan elektroda. Jika dijumpai kerusakan, gantilah rotor.
              Hasil pemeriksaan : ……………………………
              Kesimpulan : ……………………………………..
       7)    Pasang rotor ke distributor
       8)    Pasang tutup distributor
       9)    Hubungkan kabel-kabel busi ke tutup distributor.
  1.  Mengganti platina
           1)    Lepaskan tutup distributor
                  Biarkan kebel-kabel busi terpasang pada tutup distributor
          2)    Lepaskan rotor
          3)    Melepas platina 
                  Lepaskan terminal kabel platina
                  Lepaskan sekrup pengikat platina dan lepaskan platina
          4)    Memasang platina
                 a)    Bersihkan permukaan platina yang baru dengan kain yang dibasahi larutan pembersih,
                        kemudian keringkan.
                b)    Berilah gemuk tahan panas pada bagian fiber platina.
                c)    Pasang platina ke plat dasar platina bersama dengan kabel platina, sementara kencangkan
                       sekrup pengikatnya.
                d)    Hubungkan kabel platina ke terminal dan kencangkan murnya.
           5)   Penyetelan celah platina
                 a)    Putar poros engkol sampai posisi cam distributor seperti terlihat pada gambar
                 b)    Stel celah platina sedemikina rupa agar celah platina sesuai dengan spesifikasi. Celah
                        platina : 0,45 mm
          6)    Pasang rotor ke poros distributor
          7)    Pasang tutup distributor
          8)    Periksa dan stel dweel angle
                 a)    Hubungkan dweel tester. Dweel angle : 520.
                        Hasil : …………………………
                        Kesimpulan : ………………
                  b)  Kecilkan celah platina jika kurang dari spesifikasi.
                  c)  Lebarkan celah platina jika lebih besar dari spesifikasi.
           9)    Lakukan penyetelan saat pengapian
  1.  Memeriksa dan menyetel saat pengapian
          1)   Panaskan mesin
          2)   Hubungkan timing light ke kabel busi silinder No.1
          3)   Hubungakan tachometer ke distributor.
          4)  Lepaskan selang vacuun advancer di bagian sub.diaphragm dan sumbat selang vacuum yang
               dilepas.
         5)   Set putaran mesin pada putaran 1000 rpm serta stabil. Jika putaran melebihi 1000 rpm dan
               tidak stabil, setel putaran mesin hingga putaran idle.
         6)   Dengan timing light, periksa apakah tanda saat pengapian pada flywheel cocok dengan tanda
               penunjuk pada plat belakang.
         7)  Jika saat pengapian tidak tepat, stel dengan cara merubah posisi distributor.
               Momen pengencangan baut pengikat distributor : 1,5 – 2,2 kgf.m.




Author Box

Assalamu’alaikum wr. Wb. Salam sejahtera untuk anda semua. Selamat bergabung dengan blog Otomediashare, blog yang menghimpun dan membagi berita, informasi terkini, dan pengetahuan seputar dunia otomotif. Mari maju bersama Otomediashare. Wassalam. , Follow us on: Facebook & Twitter

  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...

0 komentar:

Posting Komentar